Advertorial

Bangkitkan Semangat WFH, Yuk Lakukan 5 Tips Ini Selama di Rumah Saja

Kompas.com - 18/09/2020, 15:59 WIB

KOMPAS.com – Sebagian orang masih harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19. Aktivitas ini mau tak mau harus dilakoni karena kasus penularan virus klaster perkantoran kian tinggi.

Meskipun terdengar mudah, kerja dari rumah punya banyak tantangan. Di antaranya, kebisingan, posisi kerja tidak nyaman, dan kesulitan fokus.

Akibatnya, semangat bekerja pun sulit bangkit. Kalau sudah begitu, pekerjaan bisa jadi tak selesai dengan baik dan tepat waktu.

Tak heran, karena rumah sejatinya merupakan tempat anggota keluarga menikmati kebersamaan. Rumah pun dirancang sedemikian rupa untuk kenyamanan istirahat penghuninya, bukan untuk bekerja.

Meski demikian, Anda tetap harus berdamai dengan kondisi saat ini. Pekerjaan juga tetap harus diselesaikan di rumah.

Lalu, bagaimana caranya membangkitkan semangat saat WFH? Berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bangun pagi layaknya berangkat ke kantor

Meskipun seharian berada di rumah, cobalah untuk bangun pagi selayaknya rutinitas yang biasa kamu lakukan saat harus ke kantor.

Agar mendapatkan udara segar, keluarlah sebentar. Tak perlu jauh, cukup di sekitar rumah seperti pekarangan.

Udara pagi bagus untuk pernapasan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap menjalani hari.

Lagi pula, bermalas-malasan dan bangun siang hanya akan menurunkan semangat kamu. 

Supaya enggak ngantuk dan lemas saat bangun pagi, sebaiknya kamu tidak tidur larut malam. Kemudian, agar lebih semangat, lakukan ragam aktivitas menyenangkan sebelum mulai bekerja. 

Buka hari dengan segelas air putih dan olahraga ringan

Buka harimu dengan segelas air putih agar tubuh lebih segar setelah beristirahat semalaman. Ketika sudah mendapatkan suplai cairan, tubuh akan siap melakukan aktivitas.

Sebelum itu, cobalah rutin melakukan olahraga ringan dan meditasi. Selain dapat meregangkan otot-otot yang kaku setelah tidur, olahraga ringan di masa pandemi akan membantu menguatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus.

Sementara itu, meditasi bermanfaat dalam mengembalikan fokus dan semangat saat menyambut hari yang sibuk di rumah.

Sarapan enak dan sehat

Sarapan penting untuk meningkatkan semangat dan energi dalam menjalani aktivitas seharian. Melewatkan waktu sarapan hanya akan membuat badan kamu lemas dan daya tahan tubuh pun menjadi lemah.

Selain makanan bergizi untuk menyuplai energi, kamu butuh makanan enak agar perasaanmu bahagia saat memakannya. Oleh karena itu, siapkan sarapan sehat dan enak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan membangkitkan semangat bekerja.

Beberapa sarapan sehat yang disarankan, yakni telur, pisang, yogurt, dan oatmeal. Bagi kamu pecinta dan penikmat kopi atau teh, boleh juga tambahkan minuman hangat ini dalam menu sarapan untuk meningkatkan mood kamu.

Bangkitkan mood dengan musik favorit

Putarlah musik favorit sembari kamu menjalani WFH. Pilih musik dengan beat yang ceria sehingga kamu ikut bergembira mendengarkannya.

Sebaiknya hindari musik yang membuat perasaan dan pikiran kamu sedih pada pagi hari. Sebab, apa yang kamu dengar dan alami kala pagi dapat memengaruhi mood dan semangat kamu seharian.

Penampilan baru

Perasaan bosan dapat memengaruhi mood kamu dalam bekerja. Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa bosan muncul. Di antaranya adalah mengenakan pakaian dan aksesori yang sama setiap hari.

Agar semangat kamu bangkit lagi, sesekali gunakan aksesori dan pakaian kerja baru atau berbeda saat WFH. Dengan penampilan baru, kamu pun akan lebih percaya diri dan siap dalam setiap meeting virtual.

Kamu tak harus merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli pakaian baru karena Tokopedia sedang mengadakan promo kejar diskon dan bebas ongkos kirim (ongkir).

Dalam promo Kejar Diskon, ada ragam pakaian dan aksesori keren yang bisa kamu buru di berbagai official store dan power merchant.

Selain pakaian, kamu juga bisa mendapatkan ragam kebutuhan lainnya untuk menunjang kegiatan di rumah dalam promo Flash Sale setiap Senin hingga Jumat.

Kabar baiknya, Tokopedia juga memberikan promo Bebas Ongkir hingga Rp 40.000 setiap berbelanja produk apapun di official store dan power merchant.

Jadi, yuk cek #BanggaBuatanIndonesia di Tokopedia. Langsung kejar diskonnya dan nikmati promo gratis ongkir hanya di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com