Advertorial

Keppres Panitia FIFA U-20 Sudah Terbit, Ini Langkah Cepat Menpora

Kompas.com - 22/09/2020, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo secara resmi membentuk Panitia Nasional Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Hal ini dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2020.

Keppres tersebut kemudian didukung dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020. Isinya, menjelaskan tugas Panitia Nasional INAFOC, yaitu menyiapkan dan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2021 di enam provinsi.

Merespons Keppres dan Inpres tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sekaligus Ketua Pelaksana INAFOC Zainudin Amali segera meninjau venue atau arena yang sudah ditentukan dalam ajang kompetisi sepak bola antarnegara khusus usia muda ini.

"Saya bersama Wakil Ketua INAFOC Iwan Budianto dan rombongan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meninjau langsung progres renovasi Stadion Gelora Bung Tomo,” kata Zainudin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Sebagai informasi, Stadion Gelora Bung Tomo yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, merupakan salah satu venue perhelatan akbar Piala Dunia U-20 2021 yang telah disetujui oleh FIFA.

Selain stadion tersebut, FIFA juga telah memberi lampu hijau untuk lima stadion lainnya, yakni Stadion Utama GBK (Jakarta), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Zainudin mengatakan, progres renovasi di stadion tersebut berjalan lancar. Kunjungannya ke Surabaya sekaligus berkonsolidasi untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah setempat sebagai tuan rumah.

“Bu Risma turun langsung untuk mengawasi proses pembangunan," jelasnya.

Tak hanya Stadion Gelora Bung Tomo, stadion lain di Jawa Timur juga dijadikan sebagai fasilitas pendukung perhelatan olahraga tersebut, terutama untuk latihan tim-tim yang bertanding. Stadion ini antara lain Gedung Olahraga (GOR) Pancasila dan lapangan sepak bola THOR, Stadion Gelora 10 November, serta Stadion Gelora Bangkalan.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora juga memastikan bahwa PSSI terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar persiapan berjalan lancar. Saat ini, Zainudin juga tengah merampungkan susunan panitia INAFOC yang nantinya akan berkantor di GBK Arena.

“Dengan keluarnya Keppres No. 19 dan Inpres No. 8, dasar kami bekerja sudah ada, INAFOC segera berkantor di GBK Arena untuk memudahkan koordinasi. Silakan nanti merapat dan dapat mengetahui setiap perkembangan," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com