Advertorial

Luncurkan Laptop dan Tablet, Bentuk Komitmen Huawei untuk Perkuat Ekosistem Produk

Kompas.com - 24/09/2020, 22:13 WIB

KOMPAS.com - Belum lama ini, Huawei meluncurkan seri laptop terbarunya, MateBook X Pro dan MateBook D14, serta tablet MatePad Pro. Peluncuran ketiga perangkat tersebut merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan ekosistem “1+8+N” yang digaungkan Huawei. 

Ekosistem tersebut membuat seluruh perangkat Huawei dapat terkoneksi satu sama lain untuk mendukung produktivitas para penggunanya. 

Salah satu bentuk aplikasi dari ekosistem “1+8+N” pada ketiga produk terbaru Huawei itu adalah kehadiran sistem Multi-Screen Collaboration. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan dokumen antarperangkat. 

Melalui sistem Multi-Screen Collaboration, pengguna dapat menghubungkan layar smartphone dengan laptop atau tablet dengan beberapa sentuhan jari saja. Kelebihan lainnya, sistem ini dapat berfungsi tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. 

Setelah terhubung, smartphone dapat dikendalikan melalui laptop atau tablet dan konten yang tersimpan di dalamnya dapat dinikmati di layar yang lebih besar. Pengguna bisa menggunakan mouse MateBook X Pro atau MateBook D14 untuk berinteraksi dengan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Huawei. 

Sistem Multi-Screen Collaboration memiliki fitur cross-device yang memudahkan penggunanya untuk memindahkan berbagai file ke laptop atau tablet, termasuk teks, foto, musik, dokumen dan lain sebagainya. 

Dengan fitur tersebut, pengguna tidak perlu lagi repot menghubungkan dua perangkat menggunakan kabel data untuk memindahkan file sehingga berbagai aktivitas dapat dengan mudah dilakukan. Misal saja, pengguna dapat memasukkan teks di aplikasi Notepad smartphone ke dalam PowerPoint saat sedang presentasi pekerjaan. 

Tak hanya terkoneksi dengan mouse, sistem Multi-Screen Collaboration juga bisa menghubungkan keyboard laptop atau tablet dengan smartphone. Pengguna pun bisa mengirim pesan dengan lebih nyaman tanpa harus menyentuh smartphone

Selain sistem Multi-Screen Collaboration, ketiga gadget terbaru Huawei tersebut juga punya keunggulan masing-masing. Berikut ulasannya. 

Performa maksimal MateBook X Pro 

HUAWEI MateBook X Pro dirancang dengan konsep unibody bermaterial logam dengan sentuhan akhir sandblasted premium yang membuatnya nyaman digenggam. Dengan ketebalan hanya 14,6 milimeter dan berat 1,33 kilogram, laptop ini pun mudah untuk dibawa ke mana pun. 

HUAWEI MateBook X Pro (Dok. Huawei) HUAWEI MateBook X Pro (Dok. Huawei)

Laptop tersebut didukung layar Ultra FullView dengan panel LTPS 13,9 inci yang mendukung resolusi 3K (3000 x 2000 piksel). Resolusi ini menghasilkan warna yang begitu kaya sehingga pengguna dapat menikmati berbagai konten visual secara lebih maksimal. 

Dari segi dapur pacu, HUAWEI MateBook X Pro dibekali prosesor Intel Core TM i7-10510U dan i5-10210U generasi ke-10. Laptop ini pun dilengkapi prosesor grafis NVIDIA GeForce MX250 2GB GDDR5. 

Spesifikasi tersebut dapat mendukung berbagai aktivitas pekerja kreatif, mulai dari editing foto dan video, bermain game, dan aktivitas multimedia lain dengan lancar. Terlebih, laptop ini dilengkapi pendingin cerdas yang dapat beralih di antara mode aktif dan pasif sehingga kinerja pendinginan dapat efisien dan senyap. 

MateBook D14 berdesain ultra-tipis 

Sementara itu, laptop MateBook D14 hadir dalam rancangan ultra-tipis dengan ketebalan hanya 4,8 milimeter. Sasis ringan dan rancangan melengkung menghasilkan tampilan yang lebih ramping pada laptop ini. 

HUAWEI MateBook D14 (Dok. Huawei) HUAWEI MateBook D14 (Dok. Huawei)

Secara keseluruhan, laptop tersebut memiliki dimensi 322.5 mm x 214.8 mm x 15.9 mm. Hal ini menjadikan produk ini sebagai laptop 14 inci terkecil dan teringan di kelasnya. 

Meski tipis dan ringan, dapur pacu MateBook D14 tidak kalah canggih. Laptop ini didukung dapur pacu AMD Ryzen 7 3700U Mobile Processor dan kartu grafis RX Vega 10 Graphics. 

Dengan dapur pacu tersebut, melakukan berbagai aktivitas multimedia, seperti editing foto dan video, rendering model 3D, hingga bermain game pun dapat berjalan lancar. 

Isi daya MatePad Pro tanpa kabel 

HUAWEI MatePad Pro dirilis beberapa bulan setelah peluncuran versi biasa (non-Pro). Bedanya, versi Pro ini telah dilengkapi dengan teknologi 5G yang 10 kali lebih cepat dari 4G. Hal ini membuat tablet ini cocok digunakan untuk aplikasi-aplikasi berbasis cloud

HUAWEI MatePad Pro (Dok. Huawei) HUAWEI MatePad Pro (Dok. Huawei)

Dari segi layar, tablet ini hadir dengan layar AMOLED 10,8 inci dan in-plane switching (IPS) yang mampu menampilkan resolusi 2K QHD (2560 × 1600 piksel) dengan kerapatan piksel 280 ppi. Dengan demikian, pengguna bisa menikmati berbagai konten visual secara maksimal. 

Secara performa, HUAWEI MatePad Pro tampil solid dengan dukungan chipset Kirin 990 7 nanometer (nm). 

Selain itu, tablet terbaru Huawei ini memiliki daya tahan baterai yang lama dengan kapasitas 7.250 mAh. Terlebih, pengisian daya pun dapat dilakukan secara nirkabel dengan kekuatan hingga 15 watt. 

Menariknya lagi, HUAWEI MatePad Pro memiliki fitur App Multiplier yang dapat membagi layar untuk dua aplikasi sekaligus. Fitur ini akan sangat membantu pengguna yang terbiasa dengan aktivitas multitasking.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com