Advertorial

Tips Padu Padan Busana Pria agar Tetap Keren Selama WFH

Kompas.com - 25/09/2020, 11:44 WIB

KOMPAS.com – Sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah memberikan tantangan tersendiri bagi pekerja. Mulai dari gangguan, susah membagi waktu bekerja dan aktivitas rumah, tempat kerja, bahkan hingga setelan baju.

Khusus permasalahan setelan baju, beberapa orang mungkin mengabaikannya. Lantaran WFH, mereka lebih memilih mengenakan baju harian yang kerap digunakan saat di rumah.

Baju rumah memang terasa lebih nyaman digunakan, terutama jika harus menatap layar laptop dalam waktu lama.

Namun, saat tiba-tiba harus menghadiri rapat secara virtual dan diwajibkan mengaktifkan fitur video, kebiasaan ini dapat menjadi bumerang.

Akibatnya, pekerja dengan kebiasaan tersebut akan kerepotan untuk mencari outfit yang pas agar tetap terlihat rapi karena tergesa-gesa.

Permasalahan outfit untuk WFH sebenarnya dapat dipecahkan dengan memadupadankan pakaian kasual ala rumahan tapi masih memberi kesan formal. Dengan begini, pekerja akan tetap nyaman bekerja di rumah dan tak perlu khawatir bila ada rapat mendadak.

Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut tips yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

  1. Atur waktu

Merencanakan busana yang pas akan sia-sia jika Anda tak pandai mengatur waktu. Untuk itu, buatlah perencanaan waktu terlebih dahulu agar Anda tidak terburu-buru memilih pakaian kerja yang pas.

Selain itu, lewat perencanaan waktu yang baik, Anda dapat memberi sinyal pada otak untuk melakukan transisi dari jam istirahat di rumah menjadi jam kerja. Dengan begitu pemilihan busana akan diiringi dengan mood yang baik, stabil, dan tidak tergesa-gesa. Anda jadi lebih maksimal dalam memilih outfit.

  1. Perhatikan bahan pakaian

Sebelum memilih busana, ada baiknya Anda melakukan estimasi durasi meeting dan suhu udara di dalam rumah, terutama jika Anda tidak memiliki pendingin ruangan. Hal ini untuk menentukan jenis bahan pakaian yang pas terhadap suhu.

Beberapa bahan pakaian sulit menyerap keringat dengan baik. Bahkan, ada juga bahan pakaian yang cukup tebal sehingga tubuh menjadi cepat berkeringat.

Jika suasana rumah sedang panas dan meeting dilakukan dalam waktu lama, Anda bisa menggunakan kemeja berbahan katun dengan paduan celana pendek sepanjang lutut berbahan sama.

Pastikan lebar celana dan panjangnya cukup fit di badan agar sirkulasi udara tetap terasa dengan baik. Namun, jika udara sedang dingin, Anda dapat menggunakan kemeja katun atau sweatshirt dengan bawahan celana training atau joger agar tidak kedinginan.

  1. Kombinasi motif dan warna

Meski hanya badan yang terlihat di layar kamera, mengenakan outfit dengan kombinasi warna yang pas juga bisa membangkitkan mood positif. Anda pun tak perlu lagi mengganti baju setelah meeting selesai.

Cobalah menggunakan atasan dengan motif sederhana, seperti motif corak batik atau garis, untuk memberi kesan segar pada wajah. Lengkapi dengan menggunakan celana kain polos agar tidak terlihat ramai.

Anda bisa pula menggunakan paduan warna biru langit dengan hitam atau putih dengan cokelat. Kuncinya, jangan sampai ada satu warna yang terlihat lebih mencolok, agar penampilan Anda tidak terlihat terlalu berlebihan.

  1. Gunakan teknik layering

Barangkali Anda pernah kehabisan baju kerja karena cuaca buruk atau belum sempat mencuci baju. Dalam kondisi tersebut, Anda mungkin akan bingung memilih baju karena terbatas.

Jika mengalami hal demikian, teknik layering bisa jadi solusinya. Anda bisa menggunakan kaos yang ada di lemari, lalu gabungkan dengan jaket denim atau outer polos sebagai pelengkap.

Agar tetap terasa formal, hindari menggunakan outer dengan motif mencolok atau kaos menerawang sebagai atasan. Namun jika tak ada opsi lain, Anda bisa mengancingkan jaket hingga menutupi area dada.

  1. Beri aksesori tambahan

Tak hanya dengan padu padan busana, Anda juga bisa menambahkan aksesori tambahan untuk menunjang penampilan selama WFH. Misalnya, dengan menggunakan jam tangan atau kacamata.

Namun, jangan lupa memerhatikan warna pakaian yang dikenakan agar aksesori yang digunakan selaras dan tidak keluar dari ketentuan perusahaan. Ingat, sekalipun terhubung dari rumah, peraturan perusahaan tetap perlu diperhatikan.

Cukup mudah bukan memadupadankan outfit untuk bekerja dari rumah? Anda dapat melengkapi stok pakaian yang ada di rumah dengan berbelanja online di marketplace seperti Tokopedia.

Marketplace terbesar di Indonesia ini menawarkan ragam jenis pakaian yang bisa digunakan untuk outfit WFH. Selain itu, Tokopedia juga memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir) lewat program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

Diskon ini juga berlaku untuk berbagai kategori seperti sepatu pria, tas selempang, kacamata, dan produk fashion lainnya. Tak sampai di situ, Anda juga bisa menemukan beragam produk kebutuhan harian lain yang dibuat produsen dalam negeri. Selamat berbelanja!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com