Advertorial

Tips Tingkatkan Produktivitas WFH: Berpakaian Modis Layaknya Mau Ngantor

Kompas.com - 28/09/2020, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Work from home (WFH) kini bukan lagi hal luar biasa bagi sebagian besar pekerja kantoran. 

Bekerja tanpa interaksi langsung dengan rekan kerja, hingga melakukan koordinasi melalui email dan aplikasi meeting sudah tidak lagi terasa janggal. 

Namun, beberapa kendala masih dihadapi oleh pekerja yang menjalani WFH. Salah satunya terkait produktivitas. 

Semangat mengendur karena setiap hari terasa sama. Terutama bagi kaum hawa. Tidak ada lagi rutinitas memilih pakaian kerja, menata rambut, hingga memulas make-up di pagi hari yang menandakan hari siap dimulai. 

Belum lagi ditambah nyamannya suasana rumah yang terkadang malah menimbulkan rasa ingin bermalas-malasan. 

Nah, untuk mengatasi persoalan hilangnya motivasi saat WFH ada trik yang dapat kamu coba yaitu tetap berdandan dan berpakaian modis layaknya mau ngantor

Pakar Psikologi Fashion, Dr Dion Terreloge, mengatakan bahwa pemilihan pakaian yang dikenakan memengaruhi persepsi diri. Mengenakan pakaian yang terasosiasi dengan produktivitas—dalam hal ini pekerjaan kantor—akan menciptakan motivasi saat bekerja di rumah. 

“Mengenakan pakaian yang terasosiasi dengan pekerjaan Anda dapat memicu Anda untuk lebih produktif saat bekerja di rumah,” jelasnya seperti dikutip dari Elle.

Sementara itu pelatih neuro-linguistik dan konsultan fashion Rebecca Lockwood mengatakan hal yang kurang lebih sama. Meski nyaman, mengenakan pakaian rumah atau bahkan pakaian tidur saat bekerja di rumah bukanlah pilihan bijaksana. 

Pasalnya, otak tidak akan terpicu untuk beralih dari mode tidur dan santai-santai menjadi mode bekerja. 

“Mengganti pakaian tidur dengan pakaian kerja akan memberi sinyal pada otak bahwa waktu tidur selesai dan ini saatnya beralih ke kegiatan lain, yaitu bekerja,” ujarnya dikutip dari sumber yang sama. 

Jika ingin menggunakan trik tersebut untuk kembali membangkitkan motivasi, tidak ada salahnya. Tetaplah mengenakan make-up dan berpakaian modis. 

Kamu tidak perlu mengorbankan kenyamanan karena saat ini, beberapa brand fashion lokal mengeluarkan koleksi pakaian berbahan nyaman dan fashionable

Hal ini dilakukan karena brand-brand tersebut menyesuaikan diri dengan pola hidup konsumennya yang kini lebih banyak berada di rumah. 

Berikut pilihan brand yang dapat kamu pilih. 

  1. Callie Cotton

Callie Cotton merupakan brand lokal yang namanya sudah mendunia. Sesuai namanya, koleksi pakaian yang ditawarkan oleh Callie Cotton mayoritas berbahan katun. 

Selain penggunaan bahan katun yang nyaman, daya tarik koleksi pakaian dari brand ini adalah warna-warnanya yang cerah. Selain dapat mengangkat mood, pakaian berwarna cerah dapat membuat wajahmu terlihat lebih glowing. 

Dengan demikian kamu jadi selalu Zoom ready. Kamu tidak akan ragu mengaktifkan web camera atau kamera ponsel pada setiap meeting virtual. 

Baru-baru ini, Callie Cotton mengeluarkan baju setelan dengan desain tie-dye yang sekarang sedang kembali nge-trend. Selain itu, terdapat banyak lagi variasi pilihan mulai dari yang casualsemi-casual, hingga formal.

  1. TricknTricky

TricknTricky adalah brand lokal yang dibuat oleh Hilda Turaiza, seorang jurnalis fashion yang sudah bergelut di dunia fashionselama 4 tahun terakhir. 

Koleksi TricknTricky didominasi pakaian-pakaian bermodel dress, kulot, blus, dan maxi skirt dengan potongan oversized. Selain itu, kebanyakan pakaiannya dibuat menggunakan material rayon dan katun sehingga nyaman dikenakan seharian. 

Selain itu koleksi pakaian dari brand lokal yang kini telah dikenal se-Indonesia ini dihadirkan dalam warna-warna netral dan pastel yang mudah dipadupadankan. 

Namun, belum lama ini TricknTricky baru saja mengeluarkan koleksi dengan warna-warna solid, mengikuti tren colorblock yang kini tengah ramai di dunia fashion

  1. Tenun Nan Elok

Sudah berpakaian modis, make-up sudah aman, kini saatnya melengkapi gaya untuk WFH dengan aksesori. Beri sedikit “warna” pada penampilanmu dengan aksesori dari Tenun Nan Elok. 

Tenun Nan Elok sebenarnya memproduksi tas yang memadukan motif modern dengan kain tenun Nusantara. Namun, selain tas kamu juga dapat menemukan aksesori-aksesori seperti kalung dan gelang bergaya etnik nan unik. 

Padukan aksesori tersebut dengan pakaian berwarna netral atau monokromatik untuk menambah aksen pada penampilanmu. 

Satu lagi, Tenun Nan Elok juga mengeluarkan koleksi masker bermotif tenun dan pouch untuk menyimpan hand sanitizer. Kamu dapat menggunakannya sewaktu-waktu kamu perlu keluar rumah. Misalnya saja saat ada kebutuhan belanja bulanan. 

Semua brand-brand di atas dapat kamu temukan di Tokopedia. Kabar baiknya, marketplace ini sekarang sedang mengadakan promo gratis ongkos kirim (ongkir) melalui program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

 Promo ini juga berlaku untuk berbagai kategori seperti tas wanitasepatu wanita, dan batik. Selain memenuhi kebutuhan fashion, Anda juga bisa menemukan produk kebutuhan harian lain yang dibuat oleh produsen dalam negeri. 

 Tunggu apa lagi? Kunjungi Tokopedia dan manfaatkan promo menariknya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com