Advertorial

Sebentar Lagi Musim Hujan, Begini Cara Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

Kompas.com - 28/09/2020, 13:16 WIB

KOMPAS.com – Musim hujan di Indonesia sebentar lagi datang. Beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, sudah mulai diguyur hujan dalam beberapa waktu belakangan.

Saat musim hujan tiba, biasanya tubuh lebih rentan terhadap penyakit, seperti flu, batuk, dan demam berdarah dengue. Hal ini akibat perubahan suhu dan mudahnya penyebaran virus di musim hujan.

Ditambah lagi, saat musim yang datang pada Oktober-April ini, biasanya aktivitas fisik cenderung minim sehingga daya tahan tubuh turut menurun.

Musim hujan tahun ini patut menjadi perhatian lebih serius. Pasalnya, musim tersebut tiba di saat pandemi Covid-19 masih melanda di Indonesia.

Selain penyakit musiman tadi, Covid-19 juga masih menjadi ancaman serius. Terlebih, pertumbuhan kasus positif per hari di Indonesia masih tergolong tinggi.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (26/9/2020), penambahan kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir sebanyak 4.494 orang. Dengan tambahan ini, total secara kumulatif kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 271.339 orang.

Dengan situasi seperti itu, menjaga daya tahan tubuh menjadi sebuah keharusan. Bila imunitas kuat, setidaknya tubuh dapat terhindar dari risiko penyakit musiman maupun Covid-19.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan menjelang musim hujan di masa pandemi? Berikut ulasannya.

  1. Menjaga pola makan sehat

Salah satu faktor penting dalam menjaga sistem imun adalah asupan nutrisi. Anda bisa memulai dengan menjaga pola makan sehat agar asupan gizi terpenuhi. Mulai perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Anda bisa mengolahnya menjadi salad maupun jus.

Kurangi makanan yang mengandung lemak, gula, dan garam. Batasi konsumsi bahan makanan tersebut sesuai diet harian yang telah ditentukan.

Jangan lupa pula untuk tetap menjaga hidrasi tubuh. Konsumsi air putih 6-8 gelas per hari agar daya tahan tubuh tetap optimal.

  1. Beristirahat sebentar saat siang hari

Bila Anda bekerja dari rumah atau work from home (WFH), usahakan beristirahat sebentar saat siang hari. Aktivitas ini bisa mengurangi kejenuhan akibat WFH.

Saat kejenuhan berkurang, kesehatan mental Anda akan lebih terjaga. Guna lebih memaksimalkan manfaatnya, isi waktu istirahat tersebut dengan beberapa kegiatan positif, seperti, menyiram tanaman, membersihkan kamar mandi, maupun aktivitas lainnya.

Kegiatan tadi akan membuat tubuh Anda tetap bergerak sehingga tubuh akan lebih fit. Dikutip dari laman Pusat Pencegahan dan Penyakit AS (CDC), aktif bergerak dapat menstimulasi sistem imun dan mencegah beragam penyakit, seperti jantung, darah tinggi, dan lain sebagainya.

  1. Tidur yang cukup

Di masa pandemi, tidur mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang. Berapa orang mungkin susah mengatur pola tidur lantaran cemas akibat pemberitaan Covid-19. Beberapa lainnya kurang tidur karena jam kerja sistem WFH tidak teratur sehingga mengacaukan pola tidur yang sudah terbentuk.

Akibatnya, kualitas tidur jadi berkurang dan bisa menyebabkan stres. Oleh karena itu, usahakan memberikan porsi tidur yang cukup. Atur jadwal harian selama WFH agar pola tidur kembali normal seperti sebelum bekerja dari rumah.

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal Sleep Health: The Journal of the National Sleep Foundation, durasi tidur yang disarankan bagi orang dewasa umur 18-64 tahun adalah 7-9 jam per hari.

Dengan durasi tidur seperti itu, tubuh dan pikiran dapat tetap segar dalam menjalani aktivitas di dalam rumah. 

  1. Rutin berolahraga

Berada di rumah selama pandemi bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Pasalnya, olahraga meski ringan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi stres.

Mengutip dari Healthline.com Kamis (26/3/2020), aktivitas fisik saat berolahraga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengalirkan oksigen ke aliran darah, sehingga berdampak langsung kepada otak Anda.

Selain itu, saat berolahraga, otak meningkatkan produksi endorfin yang merupakan zat untuk mengatur perasaan senang seseorang.

Anda bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan berolahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga, push up, plank, back up, dan lainnya.

Anda bisa pula mencari kelas olahraga online di media sosial maupun YouTube. Kelas online tersebut juga umumnya bisa diakses secara gratis. 

Jika memilih untuk berolahraga sendiri, pastikan Anda mengetahui teknik dasar olahraga yang akan Anda jalankan. Hal ini untuk menghindari cedera yang bisa terjadi karena salah teknik.

  1. Jaga kebersihan 

Saat menjalani aktivitas sehari-hari di rumah, pastikan Anda selalu jaga kebersihan diri dan rumah.

Untuk kebersihan diri, Anda bisa rutin mandi usai keluar rumah atau beraktivitas seharian. Kemudian, rutinlah mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk membunuh kuman dan virus yang menempel. 

Selain itu, sediakan pula hand sanitizer agar tangan Anda bisa bersih dari virus setiap saat. Karena hand sanitizer mengandung alkohol, kulit tangan akan terasa kering bila kerap digunakan. Anda bisa memilih hand sanitizer yang tidak menyebabkan kulit kering.

Selanjutnya, cuci pakaian secara rutin agar virus maupun bakteri yang menempel di pakaian bisa dibersihkan.

Untuk kebersihan rumah, Anda bisa sering-sering menyapu dan mengepel lantai rumah. Bersihkan debu-debu yang ada di meja atau perabotan agar tidak menyebabkan bersin maupun alergi.

Gunakan produk disinfektan saat membersihkan rumah agar menciptakan rasa aman dan nyaman saat beraktivitas di rumah. Anda bisa menemukan barang-barang untuk menjaga kebersihan, seperti disinfektan, hand sanitizer, hingga sabun tangan maupun mandi, di Tokopedia. 

Di marketplace terbesar di Indonesia ini, Anda bisa menikmati promo gratis ongkos kirim (ongkir) melalui progam Bangga Buatan Indonesia Tokopedia. Pada program tersebut, selain menyediakan promo gratis ongkir, Anda bisa menemukan berbagai produk buatan dalam negeri dengan harga murah.

Anda bisa membeli produk kebutuhan sehari-hari, softlens, kacamata, sepatu, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo rasakan pengalaman berbelanja online yang hemat dengan promo Tokopedia!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com