Advertorial

Rekomendasi 5 Tablet Murah Terbaik untuk Temani Anak Belajar Online

Kompas.com - 30/09/2020, 13:28 WIB

KOMPAS.com – Sudah tujuh bulan lamanya, terhitung Maret-September 2020, Indonesia bertarung melawan penyebaran Covid-19. Selama itu pula sekolah-sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Tahun ajaran baru 2020 pun terasa berbeda karena kegiatan belajar-mengajar tidak diselenggarakan di dalam sekolah, melainkan di rumah masing-masing siswa secara daring.

Skema belajar-mengajar seperti ini dinilai bijaksana karena dapat mencegah penyebaran virus corona di sekolah. Namun, Anda sebagai orangtua juga harus siap menambah bujet ekstra untuk membeli gadget yang mendukung proses belajar di rumah.

Anda bisa saja memilih handphone (HP) sebagai perangkat penunjang belajar daring. Memanfaatkan kredit HP tanpa uang muka, Anda dapat membelikan anak HP yang cukup mumpuni.

Setidaknya HP mampu mengoperasikan aplikasi video conference yang digunakan sebagai “ruang kelas” anak selama belajar di rumah.

Kredit dengan metode pembayaran berkala atau cicilan membuat orangtua tak perlu merogoh kocek terlalu besar dalam satu waktu. Mengatur keuangan terasa lebih lega karena masih ada sisa uang bulanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lain.

Kredit HP tanpa uang muka dapat dilakukan melalui fintech seperti Kredivo.Fintech ini menyediakan kredit online tanpa uang muka di lebih dari 1.000 merchant online dan offline di Indonesia.

Kredivo memberi limit kredit hingga Rp 30 juta dan bunga yang diberikan juga sangat ringan, hanya 2,6 persen per bulan. Tenornya pun fleksibel. Tersedia pilihan tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Namun, saat belajar menggunakan HP, anak-anak pun kerap mengalami keterbatasan karena layarnya yang kecil dan fungsinya yang kurang mendukung.

HP memang tidak didesain sebagai sarana belajar. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya melirik perangkat lain yang lebih sesuai. Misalnya saja, tablet.

Jangan takut harganya selangit. Berikut rekomendasi 5 tablet murah yang dapat ditemukan di e-commerce. Bayarnya juga bisa menggunakan kredit HP tanpa uang muka dari Kredivo.

1. Huawei MatePad T8

Huawei MatePad T8. (DOK Mr.Phone) Huawei MatePad T8.

Huawei MatePad T8 hadir dengan desain yang cukup simpel. Fitur-fitur canggihnya ideal untuk mendampingi anak saat belajar online. Begitu pula dengan performanya. Tablet ini ditenagai chipset MediaTek MT8768 serta RAM 2 GB dan memori 32 GB.

Huawei MatePad T8 dilengkapi layar 8 inci dengan resolusi HD+ (800x1280 piksel). Bezel-nya tipis, hanya 4,9 mm. Tablet ini pun ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja. Beratnya hanya 310 gram.

Meski terjangkau, tampilannya mewah karena bodinya dibuat menggunakan material logam dengan sentuhan akhir metalik. Tablet ini hadir dalam warna Deepsea Blue.

Tablet seharga Rp1.649.000 ini tidak didukung layanan Google. Namun, Anda masih bisa memanfaatkan beragam layanan lain yang merupakan bawaan dari produk-produk Huawei.

2. Huawei MediaPad T5

Huawei MatePad T5 (DOK. First Post) Huawei MatePad T5

Ada satu lagi tablet dari Huawei, yaitu Huawei MediaPad T5. Walaupun tablet ini dikeluarkan pada 2018, performanya masih relevan untuk mendukung belajar online saat ini.

Tablet ini ditenagai chipset Kirin 659, RAM 3 GB dan layar 10,1 inci beresolusi 1920x1200 piksel. Selain itu, dilengkapi kamera belakang 5 MP dan kamera selfie 2 MP.

Tidak seperti Huawei MatePad T8, tablet ini sudah didukung oleh layanan Google, sehingga pengoperasiannya lebih mudah dimengerti. Bisa dibilang, tablet ini satu tingkat lebih canggih daripada Huawei MatePad T8.

Anda bisa mendapatkan tablet ini dengan harga mulai dari Rp2.599.000. Anda juga dapat memanfaatkan kredit HP tanpa uang muka melalui Kredivo di 350 lebih e-commerce di Indonesia.

3. Lenovo Tab 3 Essential

Lenovo Tab 3 Essential. (DOK. Lenovo) Lenovo Tab 3 Essential.

Untuk urusan gadget yang memiliki performa baik dengan harga terjangkau, Lenovo Tab 3 Essential juga patut diperhitungkan. Tablet berlayar 7 inci ini sudah menggunakan OS Android 6.0 (Marshmallow) dan dipersenjatai dengan chipset Mediatek MT8161.

Untuk menyempurnakan dapur pacunya, chipset tersebut dikombinasikan dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 serta GPU Mali-T720MP2.

Tablet berdaya 3450 mAh ini juga dibekali dengan RAM mulai dari 1GB hingga 2GB dan memori 8/16GB. Spesifikasi tersebut membuatnya ideal untuk menyokong kegiatan belajar online ketika di rumah saja.

Walaupun tablet ini bukan keluaran baru, tapi Anda bisa menemukan banyak unit ini dengan keadaan baru dengan harga mulai dari Rp1,2 juta hingga Rp1,7 juta di e-commerce ternama.

4. Samsung Galaxy Tab A

Samsung Galaxy Tab A(Dok. NotebookCheck) Samsung Galaxy Tab A

Ketika mendengar merek Samsung, Anda pasti langsung terbayang gadget canggih, terkini, dan berkualitas. Ini karena merek asal Korea Selatan ini sudah menjadi top of mind untuk urusan gadget.

Meski demikian, gadget keluaran Samsung tidak selalu memiliki harga tinggi. Ada juga gadget yang harganya terjangkau seperti tablet Samsung Galaxy Tab A. Tablet murah ini cocok digunakan untuk kegiatan belajar dari rumah.

Tablet ini memiliki layar 8 inci beresolusi 800x1280 piksel. Performanya ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 429 dan RAM 2 GB. Kapasitas baterainya pun cukup besar, yaitu 5.100 mAh sehingga kegiatan belajar tak akan terinterupsi oleh habisnya daya baterai.

Anda bisa mendapatkan Samsung Galaxy Tab A dengan harga Rp1.900.000. Pembayaran dengan cara kredit HP tanpa uang muka melalui Kredivo pun tersedia di 350 lebih e-commerce yang sudah terdaftar menjadi rekanan Kredivo.

5. Advan iTab

Advan iTab 7. (DOK. Grid.id) Advan iTab 7.

Merek gadget asli Indonesia ini juga patut diperhitungkan jika Anda perlu tablet berkualitas namun ramah di kantong. Salah satu produk tablet yang cocok Anda pilih untuk menunjang belajar online anak adalah Advan iTab.

Tablet berlayar 7 inci beresolusi HD ini dipersenjatai dengan chipset MediaTek MT8735B. Dipadu dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz serta tipe grafis Mali-400 MP2, performanya kian mantap untuk menemani anak belajar online di rumah.

Sebagai pelengkap, Advan juga menyisipkan RAM 2GB, memori 16GB, serta baterai berdaya 3500 mAh.

Anda bisa mendapatkan tablet ini dengan harga mulai dari Rp1,1 juta hingga Rp1,7 juta. Kredivo menyediakan kredit HP tanpa uang muka untuk pembayarannya di 1000 lebih merchant online dan offline di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com