Advertorial

Serba-serbi Lampu Indoor, dari Pencahayaan sampai Penentu Mood Ruangan

Kompas.com - 30/09/2020, 15:20 WIB

KOMPAS.com – Sistem pencahayaan dalam ruangan seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, penggunaan lampu dan pencahayaan yang tepat, terutama di dalam ruangan (indoor), berperan penting untuk membuat ruangan berfungsi secara optimal dan meningkatkan kenyamanan ruangan.

Meskipun pada praktiknya, menciptakan dua hal tersebut harus tetap didukung dengan perpaduan warna, hingga penempatan lampu itu sendiri.

Cahaya dapat menjadi aspek penting dalam ruangan karena memiliki beberapa fungsi, salah satunya membentuk suasana hati. Menurut sebuah penelitian, terlalu sedikit cahaya dalam ruangan bisa membuat sebagian orang dapat merasa tertekan dan menderita gangguan afektif musiman.

Selain itu, cahaya juga memungkinkan Anda untuk menciptakan suasana pada sebuah ruang dengan usaha yang relatif lebih sedikit.

Anda dapat mengubah suasana ruangan apa pun dan menciptakan kesan yang sangat spesifik menggunakan cahaya. Contohnya, untuk membuat kesan ruangan yang nyaman dapat menggunakan lampu putih hangat.

Lebih lanjut, penggunaan lampu indoor juga mampu memengaruhi secara emosi. Cahaya terang meningkatkan emosi, baik emosi negatif atau positif. Sementara itu, cahaya redup membuat emosi Anda lebih stabil.

Orang cenderung membuat keputusan yang lebih baik, lebih mudah untuk menyetujui, serta berkompromi saat bernegosiasi di dalam ruangan bercahaya redup.

Karena itulah, penggunaan cahaya secara tepat pada ruangan sangat penting. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut beberapa jenis lampu indoor yang dapat memaksimalkan pencahayaan ruangan.

  1. Lampu downlight

Lampu downlight dapat memberikan efek ruangan yang lebih lapang karena pencahayaan yang lebih terang. Untuk itu, lampu jenis ini cocok digunakan pada plafon atau langit-langit ruangan.

Kelebihan lampu downlight adalah dapat dipasang secara tersembunyi pada dinding atau plafon sehingga tidak memakan ruang. Selain itu, lampu ini juga dalam berbagai varian watt yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

  1. Lampu dinding

Lampu dinding merupakan salah satu elemen dekorasi yang dapat menghiasi dan mempercantik ruangan. Keberadaan lampu dinding pun dapat memengaruhi mood penghuninya.

Contohnya, lampu dinding dari ACE yang dibuat dari material kokoh dengan warna menarik sehingga cocok digunakan untuk rumah pribadi, apartemen, hingga hotel.

  1. Lampu emergency

Lampu emergency berfungsi sebagai penerangan cadangan yang dapat diandalkan ketika terjadi pemadaman listrik atau saat lampu padam.

Tak hanya terang, lampu emergency memiliki daya yang efisien serta dayanya dapat diisi ulang menggunakan port USB atau adaptor.

Lampu jenis ini memiliki beragam varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti lampu emergency dengan kipas, lampu emergency USB, lampu emergency portable, dan berbagai varian lainnya.

  1. Lampu meja

Tak sekadar penghias, lampu meja juga berfungsi sebagai penerang ruangan yang dapat membangkitkan mood penggunanya.

Lampu ini cocok digunakan untuk menghiasi meja sudut, nakas, atau meja konsol pada ruangan. Bohlam yang dapat digunakan pun memiliki daya bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Lampu lantai

Lampu lantai menjadi salah satu elemen dekorasi yang penting untuk menghiasi ruangan karena dapat disesuaikan dengan tema ruangan agar terlihat semakin menarik. Alhasil, lampu ini cocok untuk mengisi rumah pribadi, apartemen, atau hotel.

Selain itu, lampu lantai pun dapat digunakan sebagai pencahayaan tambahan untuk aktivitas khusus, seperti saat membaca atau sekadar bersantai.

Itu dia jenis-jenis lampu indoor yang dapat memaksimalkan fungsi pencahayaan ruangan. Semua kebutuhan, seperti lampu indoor, bohlam lampu, dan berbagai kebutuhan gaya hidup lain, bisa didapatkan melalui aplikasi ACE Online.

Selain banyak pilihan, dengan berbelanja melalui aplikasi tersebut kualitas produk dan kepuasan pelanggan pun terjamin. Belanja sekarang dan nikmati pengalaman yang menyenangkan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com