Advertorial

Ulang Tahun ke-20, Biznet Terus Berinovasi untuk Dukung Aktivitas Digital Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 30/09/2020, 21:34 WIB

KOMPAS.com – Sebagai negara dengan area geografis luas dan terdiri dari kepulauan, Indonesia membutuhkan teknologi yang mumpuni agar setiap daerah bisa terhubung. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Internet. 

Sayangnya, berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh Hootsuite, pada Januari 2020, kecepatan Internet di Indonesia masih tertinggal jauh di bawah rata-rata kecepatan Internet dunia, yakni hanya 20,1 Mega bit per second (Mbps) dibandingkan koneksi global sebesar 73,6 Mbps.  

Melihat kondisi tersebut, Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia yang berkomitmen untuk mendukung perkembangan teknologi dan gaya hidup digital seluruh masyarakat Indonesia. Di momen ulang tahun ke-20, Biznet akan menggenjot infrastruktur digital sehingga lebih banyak lagi daerah yang bisa menggunakan Internet.

Sebagai informasi, selama 20 tahun beroperasi, layanan Biznet telah mencakup lebih dari 110 kota di Indonesia. Pencapaian ini berhasil diraih berkat pembangunan kabel fiber optik sepanjang 45.000 kilometer (km) yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Batam, Kalimantan, hingga Sulawesi, dan didukung oleh 2.700 karyawan yang tersebar di kantor pusat dan cabang. 

President Director Biznet Adi Kusma mengatakan, seluruh pencapaian Biznet selama 20 tahun tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan layanan teknologi Internet terbaik yang disokong oleh infrastruktur digital terintegrasi modern.  

Pencapaian tersebut, kata Adi, tidak mungkin terwujud tanpa kerja keras dari seluruh karyawan dan dukungan para pelanggan setia Biznet.  

“Mewakili keluarga besar Biznet, saya mengucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas semua dukungan dan kesetiaan yang diberikan kepada kami selama 20 tahun kami berkarya,” ujar Adi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/9/2020).  

Perluas layanan dan jaringan Internet 

Demi meningkatkan layanan, pada September 2020, Biznet telah melebarkan jangkauan jaringan Internetnya hingga ke Kota Medan, Sumatra Utara. Tahun ini, Biznet sedang membangun jaringan di beberapa kota, seperti Jabodetabek, Surabaya, sampai ke kota kecil lainnya di Pulau Jawa dan Bali.  

Selain itu, Kantor Pusat Bali yang berada di Karang Mas Estate, Jimbaran, Bali, pun telah beroperasi untuk fokus pada kegiatan penjualan dan perusahaan di wilayah Indonesia bagian Timur.  

“Kami berharap Biznet bisa terus hadir dengan inovasi teknologi yang semakin canggih, modern, dan mampu mendukung aktivitas digital masyarakat Indonesia. Inovasi merupakan DNA kami yang semoga saja dapat menginspirasi kita semua untuk terus berkarya di era digital. Kami selalu berkomitmen untuk membangun jaringan di lebih banyak kota di Indonesia, baik kota kecil, menengah, dan besar,” ujar Adi. 

Adapun Biznet memiliki beragam produk layanan Internet. Untuk segmen retail, Biznet hadir dengan layanan Biznet Home yang bisa digunakan di perumahan dan apartemen. Layanan ini dirancang untuk mendukung ragam kegiatan digital, seperti work from home dan belajar dari rumah, yang sangat membutuhkan konektivitas Internet cepat.  

Untuk segmen bisnis dan korporasi, Biznet mempunyai layanan Biznet Dedicated Internet dan Biznet Metronet yang khusus dirancang untuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perusahaan rintisan atau startup. 

Biznet juga mempunyai layanan untuk manajemen data, yakni Biznet Data Center dan Biznet Gio Cloud. Dua layanan ini menjawab kebutuhan segmen penyimpanan data berbasis cloud sehingga memudahkan akses operasional bisnis dan perkantoran. 

Selain layanan-layanan tersebut, Biznet juga menghadirkan produk IPTV atau layanan televisi berbasis Internet. Layanan ini sesuai dengan karakter masyarakat digital saat ini. Dengan layanan ini, masyarakat bisa menonton TV tanpa perlu menggunakan sinyal satelit maupun frekuensi radio. 

Turut produksi masker 

Komitmen Biznet dalam berkontribusi kepada Indonesia tidak hanya dengan menyediakan jaringan Internet mumpuni. Baru-baru ini, Biznet mendirikan anak perusahaan baru, PT Prima Medix Nusantara (PrimaMedix) yang fokus pada produk kesehatan, khususnya masker, untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. 

. .

PrimaMedix memproduksi masker bedah atau Surgical Mask 3-Ply dan masker N95. Masker ini dibuat menggunakan teknologi modern serta memenuhi persyaratan kesehatan dan industri. Masker keluaran PrimaMedix dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp 198.000 per box untuk masker bedah dan Rp 297.000 per box untuk masker N95. 

Anak perusahaan Biznet ini mampu memproduksi masker hingga 4 juta per bulan. Angka produksi ini dapat mencukupi kebutuhan masker masyarakat Indonesia selama masa pagebluk. 

Keberadaan masker tersebut menjadi jawaban kebutuhan masyarakat akan masker berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Hal ini juga sebagai bukti dukungan Biznet terhadap #GerakanPakaiMasker yang digaungkan oleh pemerintah. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk masker PrimaMedix, Anda bisa mengunjungi www.primamedix.net. 

Biznet. Transforming Digital Era.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com