Advertorial

5 Fitur Unggulan Huawei MatePad, Bikin Belajar Online Makin Produktif

Kompas.com - 01/10/2020, 14:38 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, belajar online masih menjadi model pembelajaran yang diterapkan sekolah dan kampus di Indonesia.

Berbagai kegiatan yang lazimnya dilakukan secara langsung di ruang kelas, seperti proses belajar mengajar, presentasi, mengerjakan dan mengumpulkan tugas, seluruhnya dilakukan secara virtual.

Karenanya, gadget dengan teknologi unggulan yang mampu mendukung berbagai aktivitas belajar online semakin dibutuhkan.

Melihat hal tersebut, Huawei meluncurkan produk tablet MatePad untuk mendukung proses pembelajaran online agar penggunanya bisa belajar dengan lebih mudah dan produktif.

Huawei MatePad merupakan tablet canggih dengan layar FullView sebesar 10,4 inci dengan rasio screen-to-body mencapai 84 persen. Sementara itu, dapur pacunya didukung prosesor Kirin 810 yang dapat memberikan performa tinggi.

Tak ketinggalan, Huawei juga menyematkan beberapa teknologi dan fitur unggulan lain pada MatePad untuk memfasilitasi kegiatan belajar jarak jauh. Berikut ulasannya.

  1. Multi-screen collaboration

MatePad hadir dengan fitur multi-screen collaboration yang memiliki kemampuan multitasking cerdas. Teknologi ini, membuat tablet dan smartphone Huawei saling terhubung satu sama lain sehingga semua fitur pada kedua perangkat bisa digunakan secara bersamaan pada satu layar.

Cara kerja fitur tersebut cukup sederhana, pengguna cukup menghubungkan kedua gadget menggunakan bluetooth, NFC, atau memindai kode QR. Setelah terhubung, pengguna dapat dengan mudah dan cepat mentransfer dokumen, gambar, rekaman suara, serta video antar dua perangkat.

Menariknya lagi, fitur kolaborasi multi-screen juga memberikan akses kepada smartphone untuk menggunakan keyboard, layar, mikrofon, kamera, dan speaker tablet sehingga aktivitas lebih efisien. Contohnya, pengguna bisa mengangkat panggilan yang masuk ke smartphone lewat tablet.

  1. App multiplier

Selain mendukung kolaborasi antara handphone dan tablet, MatePad juga memiliki fitur app multiplier yang bisa membagi layar untuk menampilkan dua aplikasi sekaligus sehingga mempermudah proses multitasking.

Fitur itu pun dapat membantu pengguna dalam proses belajar online. Misalnya, di saat bersamaan, pengguna dapat mengakses aplikasi konferensi video di sisi kiri layar sambil mencatat di aplikasi notes di sisi kanan layar.

  1. Eye comfort dan e-book mode

Tak hanya kenyamanan dalam melakukan berbagai aktivitas, Huawei juga memastikan mata pengguna tetap aman saat menatap layar gadget. Untuk itu, pada tablet MatePad, Huawei menyematkan mode eye comfort yang membantu pengguna melindungi penglihatannya.

Mode itu dapat dengan otomatis mendeteksi jarak pandang pengguna tablet. Peringatan akan muncul ketika jarak layar dengan mata pengguna terlalu dekat. Tablet juga akan memberikan peringatan setiap kali pengguna menggunakan gadget dalam posisi berbaring dan saat menggunakan pengaturan layar terlalu cerah atau gelap.

Layar MatePad pun mendukung mode e-book yang membuat layar cukup nyaman untuk dibaca. Mode e-book ini bekerja meniru kemampuan layar jenis e Ink dengan menyesuaikan tingkat kontras dan kecerahan layar.

Alhasil, pengalaman membaca pada MatePad bisa tetap menyenangkan dan mata mendapat perlindungan maksimal.

HUAWEI MatePad dibekali teknologi FollowCam yang membantu kamera mengenali obyek untuk kemudian melakukan beberapa penyesuaian (Dok. Huawei) HUAWEI MatePad dibekali teknologi FollowCam yang membantu kamera mengenali obyek untuk kemudian melakukan beberapa penyesuaian

  1. FollowCam

Kamera atau webcam pada gadget menjadi salah satu fitur utama yang diperlukan dalam proses belajar online. Karena itu, Huawei meningkatkan kemampuan fitur kamera pada MatePad untuk membuat aktivitas video konferensi atau live streaming menjadi lebih ideal.

Huawei MatePad dibekali teknologi FollowCam dengan beberapa fitur yang membuat kamera bisa mengenali obyek atau pengguna dalam frame untuk kemudian melakukan beberapa penyesuaian.

Fitur pertama adalah Smart View yang memungkinkan kamera melacak, memotong, dan mengubah ukuran gambar yang ditampilkan sesuai dengan jumlah obyek di layar. Fitur ini dapat mengenali hingga 10 obyek sekaligus.

Fitur kedua adalah Spotlight Mode. Ketika diaktifkan, fitur ini akan mengikuti gerakan obyek dan menjadikannya sebagai sorotan utama pada layar. Untuk mengaktifkannya, cukup mengangkat tangan ke arah kamera.

Terakhir, fitur Camera Gestures yang memungkinkan kamera Huawei MatePad bisa digeser (pan) ke posisi yang diinginkan. Caranya, buat gerakan mengambil dengan tangan untuk menggeser angle kamera ke kiri, kanan, atas, atau bawah. Kamera akan kembali ke posisi semula ketika pengguna membuka tangan. 

  1. Quad-microphone

Huawei MatePad memiliki mikrofon berteknologi quad-microphone yang sangat sensitif serta dapat merekam dan mengenali suara dari jarak lima meter.

Bahkan, mikrofonnya juga bisa mengenali suara gumaman yang cukup pelan. Huawei MatePad juga dilengkapi dengan fitur Noise Reduction yang akan mengurangi gangguan suara di sekitar pengguna. Tablet ini cocok buat pengguna yang kerap melakukan panggilan konferensi di tempat umum.

Guna mendukung seluruh fitur unggulan tersebut, Huawei melengkapi MatePad dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yakni 64 GB untuk seri pertama dan 128 GB pada seri kedua. Tablet ini juga mendukung memori tambahan hingga 512 GB.

Dari sisi baterai, Huawei MatePad memiliki kapasitas baterai sebesar 7.250 mAh yang didukung dengan teknologi optimasi software untuk menghasilkan daya baterai yang lebih tahan lama.

Dengan begitu, Huawei MatePad menjadi gadget yang ideal sebagai teman belajar online dan berbagai aktivitas lain, termasuk entertainment.

HUAWEI AppGallery dan Petal Search

Sebuah perangkat tentunya kurang lengkap tanpa aplikasi-aplikasi penunjang kegiatan. Melalui HUAWEI AppGallery – toko pencarian aplikasi miliki Huawei , Anda bisa mendapatkan berbagai aplikasi favorit, mulai dari pengembang aplikasi lokal sampai internasional.

Tidak perlu khawatir jika aplikasi yang dicari belum tersedia di HUAWEI AppGallery, Anda bisa mendapatkannya melalui fitur Petal Search. Caranya mencarinya pun mudah, seperti mencari aplikasi di toko pencarian aplikasi lain.

Anda hanya perlu menuliskan nama aplikasi yang diinginkan, lalu klik untuk mengunduhnya. Aplikasi yang Anda inginkan akan tersedia dalam perangkat HUAWEI MatePad secara otomatis.

Sebagai informasi, Huawei MatePad tersedia dalam warna Midnight Grey dan bisa didapatkan melalui Huawei High-End Experience Shop serta berbagai platform e-commerce dengan harga mulai dari Rp 4,3 juta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com