Advertorial

Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus, Dukung WFH Jadi Lebih Lancar

Kompas.com - 06/10/2020, 07:46 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa orang beradaptasi pada situasi baru dengan menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pun menjadi pilihan yang tak terelakkan demi menjaga kesehatan diri.

Adaptasi inilah yang juga dilakukan oleh Wahyu Aditya, founder HelloMotion Academy. Hampir seluruh kegiatan bisnisnya kini dilakukan secara remote dari rumah sehingga keberadaan perangkat teknologi yang mumpuni untuk mendukung produktivitas sangat krusial.

“Sebanyak 90 persen aktivitas saya mengandalkan teknologi, sebab saya juga menjadi produser sehingga lebih banyak kerjasama dengan tim, membuat strategi bisnis, dan presentasi. Secara pribadi, saya bikin konten untuk self-reflection maupun untuk dibagikan di media social,” tutur kreator yang terkenal dengan buku cerita bergambar serial Cican ini.

Dok. Samsung Dok. Samsung

Namun, bekerja di rumah ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Beragam tantangan dihadapi oleh pekerja seperti situasi yang kurang kondusif dan tidak nyaman. Diperlukan cara yang tepat untuk menyiasati tantangan tersebut agar bekerja di rumah tetap nyaman.

Diberitakan Kompas.com, Senin (23/3/2020), ada beberapa hal yang perlu diterapkan saat WFH. Salah satunya, menciptakan suasana rumah seolah-olah berada di kantor.

Carilah beberapa tempat di area rumah yang sekiranya membuat Anda nyaman untuk bekerja, misalnya di kamar atau sudut rumah. Lengkapi ruangan tersebut dengan alat-alat kerja.

Untuk menambah kenyamanan, Anda bisa meletakkan barang yang bisa membangkitkan semangat. Misalnya saja, speaker, pot kecil berisi tanaman, camilan, buku, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan preferensi Anda agar makin betah bekerja.

Selain harus kreatif mengondisikan rumah sebagai tempat kerja yang nyaman, alat kerja yang digunakan juga perlu diperhatikan. Pemilihan alat kerja bisa dibilang gampang-gampang susah.

Selain harus kreatif mengondisikan rumah sebagai tempat kerja yang nyaman, alat kerja yang digunakan juga perlu diperhatikan. Pemilihan alat kerja bisa dibilang gampang-gampang susah.

Sebab bekerja dari rumah, biasanya seseorang dituntut mampu melakukan multi-tasking. Untuk itu, alat kerjanya juga harus punya kemampuan multi-tasking dan kinerjanya mumpuni.

Bagi Wahyu Aditya, andalannya adalah tablet terbaru Samsung Galaxy Tab S7. Tablet ini adalah bagian dari Tab S7 series yang diluncurkan pada akhir Agustus lalu.

Galaxy Tab S7 Series merupakan perangkat tablet flagship yang dirancang untuk menunjang produktivitas, termasuk mendukung efisiensi kerja di era kenormalan baru agar dapat tuntas dilakukan.

Ingin tahu seperti apa spesifikasi Galaxy Tab S7 series yang mampu bikin WFH makin lancar? Berikut penjelasannya.

Performa maksimal

Performa gadget merupakan salah satu tolok ukur penting untuk menunjang produktivitas. Oleh karena itu, Samsung membekali Galaxy Tab S7 dan S7 Plus dengan chipset yang kencang, yaitu Snapdragon 865 Plus. Otak gawai ini sudah mendukung konektivitas 5G.

Tablet Samsung terbaru ini juga dibekali kapasitas RAM dan ruang penyimpanan data yang luas. RAM Galaxy Tab S7 sebesar 6 GB dengan media penyimpanan 128 GB.

Sementara, Galaxy Tab S7 Plus memiliki RAM 8 GB dan kapasitas media penyimpanan 256 GB. Ruang penyimpanan data ini bahkan bisa diperluas hingga 1 TB dengan micro SD.

Dengan kapasitas selega itu, Anda dapat leluasa menyimpan berbagai file penting, seperti dokumen kerja, foto, dan juga video.

Untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, ada pula fungsi Samsung DeX yang dapat mengubah tampilan tablet layaknya laptop.

Tak cuma tampilan, Anda juga dapat menikmati pengalaman seperti desktop yang beraneka ragam, lengkap dengan task bar, menu kontekstual, dan berbagai jendela yang bisa diubah ukurannya.

Untuk urusan multitasking, Samsung melengkapinya dengan fitur bernama multi-active windows agar Anda bisa mengaktifkan tiga windows sekaligus di layar. Misalnya, sambil menulis di Samsung Notes, Anda menjalankan video di YouTube dan pada saat yang sama berselancar di web browser.

Cara mengaktifkan Samsung DeX sangat mudah. Gunakan S Pen untuk mengklik ikon DeX di panel cepat dan layar akan segera beralih ke mode DeX.

Kamera

Selama menjalani WFH, aktivitas meeting biasa dilakukan secara online dengan menggunakan sejumlah aplikasi video conference.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, Galaxy Tab S7 Series dilengkapi kamera mumpuni untuk menjalankan fungsi foto maupun video.

Video call dapat dilakukan dengan kamera depan 8 MP dan ditunjang empat speaker yang disempurnakan oleh AKG. Kamera dan speaker ini akan membuat pengalaman video call lebih berkualitas, baik dari segi tampilan video maupun suara.

Adapun kamera depan 8MP yang ditempatkan di tengah layar menjadikan Anda terlihat lebih jelas oleh para peserta meeting lainnya.

Selain itu, saat meeting Anda juga perlu mencatat arahan maupun informasi penting. Dengan hadirnya fitur Multi Active Window, Anda dapat membuka aplikasi online meeting sambil membuka email dan menggunakan Samsung Notes.

Di bagian punggung, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus memiliki dua sensor kamera, masing-masing 13 MP dan 5 MP ultra-wide.

S-Pen

Ciri khas Samsung yang melekat pada seri Tab maupun Note terletak pada S-Pen. Perangkat S Pen terbaru pada Tab S7 series dibekali strip besi magnetik agar bisa menempel di sisi maupun punggung tablet.

S-Pen pada Tab S7 Series memiliki latensi rendah yaitu 9 ms, sehingga menghasilkan pengalaman seperti menggunakan ballpoint yang sesungguhnya, ketika memakai untuk mencatat mencatat atau menggambar. 

Desain premium

Samsung Galaxy Tab S7 maupun Galaxy Tab S7 Plus sama-sama mengusung desain yang stylish. Tab S7 hadir dengan pilihan warna Mystic Black dan Mystic Silver. Sementara Tab S7 Plus hadir dengan pilihan warna Mystic Black, Mystic Silver, dan Mystic Bronze. 

Untuk layar, Tab S7 series mengusung dimensi yang berbeda. Galaxy Tab S7 hadir dengan layar 11 inci LTPS LCD dan S7 Plus hadir dengan layar 12,4 inci Super AMOLED. Keduanya sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz untuk tampilan layar yang lebih jernih dan smooth.

Dengan spesifikasi layar seperti ini, ditambah pula dengan sertifikasi SGS yang rendah emisi blue light, mata pengguna tetap merasa nyaman meski menggunakan tablet untuk jangka waktu lama.

Kedua tab ini cukup tipis, dengan ketebalan hanya 5,7 mm. Dengan desain ringan dan tipis, tablet terbaru Samsung ini jadi lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com