Advertorial

Bekerja dari Rumah? Berikut Tips-tips untuk Menghindari Pegal dan Nyeri Otot yang Menghantui

Kompas.com - 14/10/2020, 07:31 WIB

KOMPAS.com- Bekerja dari rumah menjadi pilihan yang paling bijak di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Terlebih setelah penerapan masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), perkantoran malah rentan menjadi klaster penyebaran virus corona baru yang menjadi penyebab pandemi.  

Namun, meski aman, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan. Terlebih bagi karyawan yang tidak pernah menyiapkan ruang khusus untuk bekerja di rumahnya. Alhasil, mereka yang harus bekerja dari rumah menciptkan “ruang kerja” darurat.  

Meja makan, meja ruang tamu atau tempat tidur dijadikan meja kerja. Kursi yang diduduki pun seadanya. Terkadang, bekerja pun dilakukan dengan duduk lesehan di lantai.  

Pekerjaan memang dapat terselesaikan dengan baik, tetapi otot punggung, pinggang, dan leher jadi taruhan. Sebabnya adalah posisi duduk yang kurang baik atau ketinggian meja yang tidak pas dengan postur tubuh.  

Selain itu, jam kerja yang dilalui sepanjang bekerja dari rumah pun menjadi lebih panjang. Dilansir dari cbsnews.com (5/8/2020), penelitian Harvard Business School berkolaborasi dengan NYU Stern School of Business menyimpulkan bahwa kegiatan bekerja dari rumah membuat para pekerja menuangkan waktu kerja lebih panjang 48,5 menit setiap harinya jika dibandingkan dengan saat bekerja di kantor.   

Siaga di depan laptop dalam jangka waktu panjang dan waktu istirahat yang malahan berkurang, membuat rasa pegal dan letih ketika bangun pagi tidak dapat dihindari.   

Namun, rasa pegal, letih, dan cepat lelah sebenarnya dapat dihindari sehingga Anda tetap fit untuk menjalani hari-hari di masa pandemi. Berikut beberapa tipsnya.   

Pastikan posisi tubuh ergonomis saat bekerja 

Body Mechanics Coordinator dari Hospital for Special Surgery New York, Jon Cinkay mengatakan, memastikan  posisi tubuh ergonomis saat bekerja dapat dilakukan dengan cara-cara yang mudah.  

Saat Anda duduk di kursi dan menghadap laptop di meja, coba posisikan kedua tangan di atas keyboard, seakan sedang mengetik. Jika siku tertekuk dengan sudut 90 derajat maka postur duduk Anda sudah ergonomis.  

Jika belum, coba atur kursi agar ketinggiannya seimbang dengan meja atau perbaiki postur duduk Anda.   

“Sementara untuk posisi kaki, saat duduk di kursi, ukur apakah seluruh bidang telapak kaki memijak lantai dengan sempurna. Jika kaki menggantung, dijamin Anda akan cepat pegal. Letakkan tumpukkan buku atau boks untuk menopang kaki,” ujarnya seperti dikutip dari The Washington Post.  

Selagi belum punya bujet untuk membeli kursi dan meja yang layak, tips dari Cinkay dapat dicoba.  

Istirahat untuk stretching atau olahraga ringan 

Meski pekerjaan datang bertubi-tubi, Anda harus menyediakan waktu rehat untuk melakukan peregangan (stretching). Beberapa gerakan peregangan ringan dapat Anda lakukan.  

Anda dapat berdiri kemudian sambil memegang sandaran kursi tekuk tubuh hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan punggung benar-benar lurus. Gerakan ini dapat digunakan untuk meregangkan otot pinggang dan punggung.  

Bisa juga dengan gerakan leg pendulum atau meletakkan kedua tangan di pinggang dan putar pinggul (hip circle). 

Pilihan lainnya adalah menyediakan waktu rehat 30 menit saja untuk berolahraga ringan. Saat ini banyak aplikasi panduan olahraga yang dapat Anda gunakan sebagai teman berolahraga.   

Bukan hanya menghalau letih dan pegal, tetap aktif bergerak dan olahraga juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.   

Menurut Journal of Sports and Health Science (2018) berjudul The Compelling Link Between Physical Activity and the Body’s Defense System, berolahraga teratur dengan intensitas ringan hingga sedang tiap harinya selama kurang dari 60 menit, bisa berdampak pada penguatan sel imun, mengurangi risiko sakit, hingga mengurangi inflamasi.   

Minum banyak air putih  

Hal ini merupakan salah satu yang wajib dilakukan setiap hari karena merupakan kebutuhan primer tubuh. Aktivitas yang berat dan dilakukan sehari-hari juga membuat tubuh membutuhkan air untuk menjaga fokus.  

Selain itu, dilansir dari Kompas.com (15/8/2019), ada 13 manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh ketika kebutuhan air putih tercukupi. Salah satunya, membantu melumaskan sendi-sendi, sehingga bisa menghindari rasa nyeri yang diakibatkan hilangnya fungsi tulang rawan karena kekurangan cairan.  

Minumlah air putih dua sampai tiga liter per hari untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap terjaga dari rasa nyeri dan pegal pada sendi-sendi. 

 Asupan makanan sehat  

Saat menghadapi aktivitas yang sibuk, menjaga asupan makanan merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh supaya tetap segar dan fit.  

Konsumsi asupan makanan seperti sayur, susu,  daging dan kacang-kacangan yang mengandung protein, vitamin B kompleks, dan vitamin E, yang mempunyai manfaat untuk kesehatan otot, tulang, dan sendi agar tetap fit saat beraktivitas. 

Jika dirasa belum cukup, Anda dapat mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B Kompleks (B1, B6, dan B12), Asam Folat, dan Vitamin E seperti Forneuro.

Forneuro adalah multivitamin yang dapat membantu meringankan pegal, kesemutan, dan cepat lelah.  

Kombinasi vitamin B12 dengan asam folat pada Forneuro dapat mengontrol kadar homosistein, yaitu kadar asam amino dalam darah. Kadar homosistein yang terjaga dengan baik dapat mengurangi risiko tubuh kaku, kesemutan, hingga stroke dan serangan jantung.  

Vitamin B6 membantu tubuh untuk menyerap vitamin B12. Selain itun juga membantu tubuh menghasilkan serotonin yang dikenal sebagai hormon pelepas stres serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mendorong produksi antibodi.  

. .

Forneuro berbentuk kapsul lunak dan dapat diminum pagi atau siang hari dengan dosis 1 kapsul atau sesuai anjuran dokter.  

Multivitamin ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Memperoleh asupan multivitamin lebih praktis dan ekonomis.  

Kelebihan lainnya, vitamin E yang terkandung di dalamnya terbuat dari bahan-bahan alami dan bukan sintesa kimia.  

Forneuro dapat menjadi teman sehari-hari untuk menemani Anda menjalani aktivitas agar tetap fit di keadaan apapun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com