Advertorial

Tips Jitu biar Belanja Bulanan Enggak Tekor Mulu

Kompas.com - 14/10/2020, 09:55 WIB

KOMPAS.com - Sadar atau tidak, saat belanja bulanan ada beberapa barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan tetapi justru dibeli. Alasannya sederhana karena sedang ada promo beli satu gratis satu atau sedang turun harga.

Sebenarnya tidak salah kok membeli barang saat ada promo, tetapi jika barang tersebut ujung-ujungnya tidak bermanfaat tentu akan menjadi sia-sia. Selain bisa membuat kamu tekor, beli barang yang tidak berguna juga bisa membuat tempat penyimpanan jadi penuh.

Maka dari itu, kamu sebaiknya tidak lapar mata saat belanja. Nah, supaya aman terkendali saat belanja bulanan, ada lima tips jitu yang bisa kamu ikuti.

  1. Buat daftar belanja
    Buatlah daftar barang apa saja yang ingin kamu beli, seperti detergen, sabun cuci, sabun cuci, sampo, pasta gigi, sembako, dan kebutuhan lainnya. Tulis juga jumlah yang harus kamu beli sebelum berbelanja.

    Hal tersebut bisa mencegah kamu untuk melirik barang lain yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Namun, kamu juga perlu berjanji pada diri sendiri tidak membeli barang di luar daftar belanja tersebut.

  1. Pastikan perut kenyang
    Sebelum berbelanja, pastikan kamu tidak dalam keadaan lapar. Sebab, rasa lapar akan menimbulkan sifat impulsif yang akan memicu kamu berbelanja barang-barang yang tidak dibutuhkan.

    Selain itu, konsentrasi kamu bisa terpecah jika lapar. Bisa saja kamu salah mengambil varian produk dari yang biasanya dibeli.

  1. Bandingkan harga
    Sebelum membeli, kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama dari merek yang berbeda. Biasanya, sebuah produk keluaran merek tertentu memberikan harga yang lebih hemat.

    Nah, jika produk yang dibandingkan memiliki kegunaan dan kualitas sama, lebih baik kamu memilih barang dengan harga paling murah. Selisih Rp 1.000–Rp 3.000 akan memengaruhi jumlah total pengeluaranmu, lho.

  2. Cek promo
    Saat belanja bulanan, ada kalanya toko tersebut memberikan promo beli satu gratis satu atau potongan harga pada beberapa produknya. Coba tengok promo tersebut. Siapa tahu beberapa barang dalam daftar belanja kamu ada di dalam promo tersebut.

    Misalnya saja Promo WIB yang diadakan oleh Tokopedia. Kamu bisa menikmati promo tersebut untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Sebab, banyak produk yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih hemat.

  3. Pilih waktu yang tepat
    Terakhir, kamu juga harus berbelanja pada waktu yang tepat. Tanggal setelah gajian biasanya menjadi waktu yang tepat untuk belanja bulanan.

    Pasalnya, usai gajian kamu bisa lebih leluasa mengatur keuangan, termasuk belanja bulanan. Selain itu, promo-promo biasanya ditebar di waktu tanggal gajian.

    Sebagai contoh Tokopedia. Platform e-commerce terbesar di Indonesia ini memiliki program Waktu Indonesia Belanja tiap akhir bulan.

Melalui program tersebut, Tokopedia memberikan cashback spesial dan gratis ongkos kirim untuk kamu yang belanja di akhir bulan.

Sekarang, tunggu apalagi? Dengan lima tips jitu di atas, kamu bisa belanja bulanan tanpa takut tekor. Ditambah Promo Waktu Indonesia Belanja di Tokopedia yang hadir tiap bulan, kamu bisa makin hemat berbelanja.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com