Advertorial

PSBB, Perhatikan Hal Berikut agar Anjing Peliharaan Tidak Stres di Rumah

Kompas.com - 14/10/2020, 15:34 WIB

KOMPAS.com – Mempunyai anjing sebagai hewan peliharaan memang menyenangkan, terlebih di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti sekarang. Anjing peliharaan dapat menjadi teman sekaligus pengusir rasa bosan selama menjalani hari-hari di rumah saja.

Namun, perlu diketahui juga bahwa anjing merupakan hewan yang sangat aktif sehingga mudah stres jika terlalu lama berada di dalam rumah. 

Dilansir dari laman pdsa.org.uk (12/10/2020), terdapat beberapa indikator yang menandakan bahwa anjing peliharaan Anda sedang stres, seperti ekor yang menunduk, badan terdiam seperti patung, mata selalu siaga, telinga tertarik ke belakang, hingga bersembunyi.

Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anjing kesayangan agar mereka tetap gembira dan tidak mudah stres saat di rumah saja. 

  1. Lakukan interaksi yang intens

Seperti halnya manusia, anjing juga senang jika diperhatikan. Banyak cara untuk menjaga interaksi dengan anjing kesayangan. Kegiatan yang paling lumrah dilakukan adalah dengan mengajaknya bermain. 

Coba ajak anjing Anda bermain lempar bola atau memberikan tulang-tulangan. Dengan begitu, si doggy bisa melepaskan energinya dan lebih mudah beristirahat saat berada di dalam rumah.

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk berinteraksi dengan si doggy seperti memandikan dan menyisir bulunya. Saat memandikan dan menyisir bulunya, Anda juga memberikan sentuhan dengan mengelus tubuhnya. Hal ini membuat anjing merasa disayang.

Oleh sebab itu, siapkan perlengkapan untuk perawatan anjing peliharaan di rumah. Lengkapi berbagai kebutuhan, seperti sisir, sampo, sabun, dan gunting kuku agar bisa memandikan anjing peliharaan di rumah.

Jangan lupa siapkan hair dryer untuk mengeringkan si doggy. Sebab, kulit anjing sangat rentan terkena jamur bila tidak kering sempurna usai mandi.

Dengan alat-alat tadi, Anda bisa menjalin kedekatan dengan anjing kesayangan. Anda pun tak perlu sering-sering ke pet shop untuk grooming hewan peliharaan.

  1. Berbagi makanan

Berbagi makanan juga bisa membuat anjing kesayangan Anda tidak stres. Meski sepele, memberi secuil makanan yang tengah Anda santap membuat anjing peliharaan merasa bahwa keberadaan mereka dihargai. 

Namun, Anda juga harus berhati-hati karena ada beberapa makanan manusia yang berbahaya untuk dikonsumsi anjing. Upayakan tidak memberi anjing makanan yang mengandung cokelat atau garam. Dua kandungan tersebut tidak baik bagi kesehatannya. 

Cokelat mengandung kafein dan theobromin yang dapat memicu mual, muntah, hingga dehidrasi pada anjing. Sementara, kandungan ion natrium pada garam membuat suhu tubuh anjing meningkat, cepat haus, sering buang air kecil, dan dehidrasi. Bulu-bulunya pun jadi mudah rontok.

Untuk menyiasati biar Anda tidak salah memberi makanan, siapkan saja dog treats. Berikan kepada anjing kesayangan saat Anda sedang ngemil. Pemberian ini juga diartikan anjing sebagai bentuk penghargaan dan kasih sayang.

Saat ini banyak jenis dog treats tersedia di pasaran, mulai dari meat jerky hingga biskuit khusus anjing. 

  1.  Usahakan untuk keluar rumah sebentar

Berada di dalam rumah untuk waktu yang panjang sangatlah membosankan, begitu juga yang dirasakan oleh si doggy. Mengajak berjalan-jalan keliling perumahan bisa menjadi kegiatan yang menjauhkan anjing kesayangan dari stres. 

Sebagai catatan, karena masih pandemi, Anda wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik saat mengajak anjing kesayangan jalan-jalan sebentar.

Dilansir dari animalfoundation.com (25/9/2018), Anda bisa meluangkan waktu 30 menit untuk mengajak anjing kesayangan berjalan-jalan setiap hari. Durasi ini terbilang ideal, sekalipun kebutuhan tiap anjing berbeda-beda, tergantung usia, ras, dan ukurannya.

Selama 30 menit, si doggy akan merasa refresh dengan mengeksplorasi tempat-tempat di sekitar rumah. Anjing pun terhindar dari stres, depresi, dan obesitas. Anda juga bisa mendapatkan manfaat positif dari kegiatan ini seperti yang dirasakan anjing kesayangan.

Namun, ada kendala umum yang biasa dihadapi oleh pemilik anjing saat mengajaknya berjalan-jalan. Salah satunya adalah kesulitan mengajak si doggy berjalan dengan tenang dan tidak berlari ke sana kemari. Banyak pemilik anjing mengatasinya dengan menarik paksa tali kekang (leash) yang dipasangkan ke tubuh si doggy. Padahal, hal tersebut salah.

Jika Anda seringkali mengalami situasi tersebut, coba lihat trik dari Cesar Millan, pelatih anjing ternama asal Amerika Serikat yang dijuluki “The Dog Whisperer”. Tunjukkan siapa yang memimpin dengan berjalan di depannya. Jika ia sudah melewati Anda, diam sesaat agar si doggy mengerti harus mengikuti siapa bila sedang beraktivitas di luar. Ulangi berkali-kali secara konsisten.

Berikan treats yang spesial bila si doggy sudah mengikuti instruksi dan berjalan dengan tenang. Dengan demikian, ia mengerti bahwa apa yang dilakukannya benar.

Hal tersebut dapat membuat berjalan bersama si doggy menjadi menyenangkan. Anjing peliharaan bebas stres, tubuh Anda pun ikut bergerak.

  1. Berikan mainan yang cocok

Sering membeli mainan untuk anjing kesayangan tapi mereka tidak antusias? Mungkin hal ini terjadi karena si doggy kurang tertarik dengan mainan yang Anda belikan. Maka dari itu, sebelum Anda membeli mainan untuk anjing kesayangan, cari tahu dahulu ketertarikan mereka. 

Ada anjing yang suka dengan mainan bola, ada yang tertarik dengan mainan tulang, dan ada juga yang gemar bermain tali. Dengan memberikan mainan yang disukai, si doggy menjadi antusias dan terhindar dari stres. 

Selain memilih mainan sesuai kesukaannya, Anda perlu memperhatikan jenis mainan yang aman buat anjing. Jika anjing milik Anda masih bayi (puppy), berikan mainan yang berbahan silikon agar dapat digigit.

Pada usia puppy, gigi anjing baru bertumbuh sehingga gusinya terasa gatal. Itulah sebabnya anjing di usia ini biasanya senang menggigit benda-benda di sekitar. Jika punya mainan berbahan silikon, barang-barang di rumah tidak akan jadi sasaran gigitannya.

Nah, memberikan mainan sejak kecil akan membantunya dalam masa pertumbuhan. Pun dapat melatih kebiasaan beraktivitas secara mandiri.

  1. Ajari trik-trik baru

Memiliki anjing yang pintar adalah impian setiap pencinta anjing. Tidak perlu menjadikan anjing peliharaan sepintar Buddy dalam film Air Bud, tapi setidaknya latihlah agar hewan kesayangan bisa melakukan hal-hal sederhana yang diperintahkan.

Sudah jadi rahasia umum bahwa anjing memiliki kepintaran yang luar biasa. Mereka mudah mengerti perintah yang diberikan, asalkan mereka sudah terbiasa mendengar perintah tersebut.

Melatih trik seperti duduk, tiarap, berguling, hingga shot and dead bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Agar lebih praktis melakukan tips-tips yang disajikan di atas, Anda membutuhkan peralatan grooming, tali (leash) untuk mengajaknya berjalan-jalan, mainan, treats, hingga makanan anjing. Anda dapat membelinya secara online di situs e-commerce Tokopedia. 

Selain lebih praktis, Anda dapat membelinya dengan harga miring karena saat ini e-commerce terbesar di Indonesia tersebut sedang mengadakan promo Waktu Indonesia Belanja (WIB).

Promo WIB ini menawarkan bebas ongkos kirim (ongkir) hingga promo cashback. Selain itu, ada juga promo kejar diskonhingga 6 kali sehari. Ayo, tunggu apa lagi? Nikmati Promo Waktu Indonesia Belanja Tokopedia agar belanja keperluan untuk hewan peliharaan kesayangan menjadi lebih hemat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com