Advertorial

Ini Gaya Hidup Sehat yang Bisa Bantu Pertahankan Kesehatan Kulit

Kompas.com - 23/10/2020, 22:32 WIB

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan kulit harus dilakukan, tidak hanya oleh wanita tetapi juga pria. Sebab, kulit merupakan organ terluar yang berfungsi melindungi seluruh bagian tubuh manusia.

Selain sebagai indra peraba, kulit memiliki fungsi lainnya seperti menjadi pertahanan dari kuman dan mikroorganisme yang mengancam kesehatan, penyimpan lemak, hingga menstabilkan suhu tubuh.

Saat kondisi panas, kulit memproduksi keringat dengan memperlebar pembuluh darah. Sementara pada kondisi dingin, kulit akan mengerutkan pembuluh darah untuk menghalangi panas keluar dari dalam tubuh agar suhunya tetap normal. Sensasi merinding saat udara dingin menyerang disebabkan oleh hal tersebut.

Bila kesehatannya diabaikan kulit akan mengalami beragam permasalahan, mulai dari kering, pecah-pecah, kusam, berjerawat, keriput, fungsi proteksinya menurun, hingga rentan terkena penyakit kulit. Efeknya, selain terasa tidak nyaman, penampilan juga terganggu.

Nah, menjaga kulit tetap sehat ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan perawatan dasar dan menerapkan gaya hidup sehat untuk mempertahankan kesehatan kulit.

Berikut Kompas.com rangkumkan cara-cara merawat kulit yang mudah diterapkan sehari-hari.

Tidak merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang bisa mempercepat proses penuaan kulit. Garis-garis halus atau keriput pada kulit lebih cepat timbul sehingga membuatnya tampak kusam.

Mengisap rokok juga membuat pembuluh darah halus di kulit bagian luar mengalami penyempitan. Kondisi ini menyebabkan aliran darah berkurang sehingga kulit terlihat pucat.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit sehingga kulit kehilangan kekenyalannya. Risiko kanker kulit sel skuamosa juga akan meningkat akibat kebiasaan merokok.

Pola makan sehat

Pola makan sehat bisa dilakukan dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan, dan minum air putih yang cukup untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi.

Konsumsi pula makanan yang kaya kandungan omega-3 dan kurangi konsumsi lemak maupun makanan olahan.

Untuk menutrisi kulit, kamu juga perlu mengonsumsi sejumlah vitamin yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B3.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah melindunginya dari sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan menyebabkan keriput, bercak-bercak, bahkan kanker kulit.

Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruang. Pilih tabir surya dengan sun protection factor (SPF) di atas 15 dan ulangi pemakaian setiap dua jam sekali.

Oleskan pada wajah dan seluruh area kulit yang tidak tertutup pakaian atau terpapar sinar matahari langsung.

Selain itu, berteduh dan hindari sinar matahari antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Pada periode tersebut, sinar ultraviolet sangatlah kuat.

Kenakan pula pakaian yang menutupi bagian lengan dan kaki bila beraktivitas di bawah terik sinar matahari, misalnya baju lengan panjang, celana panjang, dan topi bertepi lebar.

Gunakan sabun mandi berformula lembut

Agar kulit terlindungi dan kesehatannya selalu terjaga, gunakan sabun mandi (body wash) yang efektif membersihkan kulit tetapi tidak menghilangkan kelembapan alaminya.

Salah satu produk pembersih kulit yang memiliki fungsi tersebut adalah Cetaphil Ultra Gentle Body Wash. Produk ini memiliki formula hypoallergenic yang aman bagi kulit normal hingga sensitif.

Dengan kandungan ekstrak lidah buaya, vitamin B5, dan kombinasi unik pelembap, Cetaphil Ultra Gentle Body Wash bisa membuat kulit terasa bersih, lembut, dan segar.

Agar kulit sehat optimal, kamu dapat memadukan penggunaannya dengan produk kesehatan kulit lainnya dari Cetaphil Indonesia, seperti Cetaphil Moisturizing Lotion, Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50 atau Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang teruji secara dermatologi dan cocok untuk setiap jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Untuk mendapatkan produk kesehatan kulit tersebut, kamu tak usah khawatir harga Cetaphil menguras dompet karena Cetaphil Indonesia tengah menggelar promo di Tokopedia.

Dengan promo tersebut, kamu bisa belanja hemat menikmati diskon sampai 70 persen dan cashback hingga 20 persen.

Setelah berbelanja produk-produk kesehatan kulit Cetaphil, ini saatnya kamu merawat diri agar kesehatan kulitmu selalu terjaga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com