Advertorial

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora RI Umumkan Pemenang Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi

Kompas.com - 27/10/2020, 07:51 WIB

KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh pada Sabtu (24/10/2020), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar sekaligus mengumumkan pemenang acara Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi tahun 2020 melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI sekaligus Ketua Pelaksana Hari Sumpah Pemuda ke-92 Asrorun Niam Sholeh mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk penguatan dan pengembangan kepemimpinan oleh Kemenpora di kalangan anak muda, khususnya kepemimpinan berbasis keluarga. Salah satu fungsi penting dalam pengembangan kepemudaan adalah mengembangkan kepeloporan, kepemimpinan, dan kewirausahaan.

"Pada hakikatnya keluarga adalah entitas terkecil dari pembentuk suatu komunitas masyarakat. Ketika kepemimpinan di level yang terkecil memiliki kekuatan, ketahanan, dan memiliki inspirasi untuk kepentingan peer group (komunitas), diharapkan akan muncul kekuatan ketahanan di tingkat nasional," kata Niam dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Niam melanjutkan, ada peran kaum muda di dalam setiap perubahan. Dengan bakat, inovasi, dan keberanian, sudah seharusnya kaum muda menjadi tulang punggung dalam menggerakkan kesadaran di masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan wujud inisiasi pengembangan kepemimpinan rumah tangga yang menjadi amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

"Kasus stunting, misalnya. Tidak bisa hanya menampilkan perspektif kesehatan saja, tapi juga harus melakukan penguatan literasi tentang bagaimana anak muda memiliki pemahaman yang cukup tentang hukum perkawinan, psikologi, dan kesehatan. (Yang) tidak kalah penting adalah perencanaan keuangan," ucapnya.

Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi merupakan akumulasi dari semangat untuk mengembangkan potensi diri, melakukan terobosan, menjawab tantangan, serta mampu memberikan solusi dalam berbagai masalah yang ada.

Sebagai bentuk penghargaan, tiga pemenang yang telah dipilih oleh Kemenpora dan para juri berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 25 juta untuk pemenang pertama, Rp 20 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 15 juta untuk pemenang ketiga

Adapun pemenang Pemilihan Pasangan Muda Inspiratif dan Berprestasi 2020 antara lain juara pertama pasangan Sulthan Alfathir dan Anik Haryanti (Jawa Timur), juara kedua Erwin Dwi Nurpermadi dan Ana Nisrina (Jawa Tengah), serta juara ketiga Mihammad War’i dan Finayatul Maula (Nusa Tenggara Barat).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com