Advertorial

Pertamina Pastikan Pasokan BBM, LPG, dan Avtur Aman Jelang libur Panjang

Kompas.com - 27/10/2020, 20:19 WIB

KOMPAS.com – Menjelang libur panjang dalam momentum cuti bersama pada 28 Oktober-1 November 2020, PT Pertamina (Persero) telah mengantisipasi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), liquefied petroleum gas (LPG), dan Avtur.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dalam rangka mengantisipasi momen itu, Pertamina telah menyediakan pasokan bahan bakar yang cukup.  

Selain itu, Pertamina juga memastikan ketersediaan pasokan dalam kondisi aman dan proses distribusi berjalan lancar.

Misalnya, untuk BBM jenis Pertaseries, Dexseries, premium, dan solar, stok secara nasional rata-rata dapat memenuhi kebutuhan lebih dari 31 hari. Sementara itu, untuk LPG ketahanan stok nasional di atas 18 hari.  

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok Avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66  hari atau sekitar 386.000 kiloliter (KL)," ungkap Fajriyah dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama.

Fajriyah menjelaskan, stok LPG di stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE) dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Bahkan, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kilogram (kg) selama libur panjang, Pertamina sudah menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen atau sekitar 5.750 metrik ton (MT) per hari.

Pertamina, kata dia, akan terus memantau kemungkinan kenaikan permintaan LPG agar kebutuhan energi tetap terpenuhi dan masyarakat tetap nyaman menikmati liburan panjang. Pertamina juga akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan.

“Namun, kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu untuk menggunakan LPG nonsubsidi dengan varian Bright Gas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol  kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Pertamina sejak awal pandemi telah menerapkan standar protokol pencegahan Covid-19 di seluruh fasilitas BBM dan LPG, termasuk SPBU. Kami akan sangat berterima kasih apabila konsumen juga berpartisipasi dalam upaya pencegahan tersebut,” kata Fajriyah.

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi tentang produk dan layanan Pertamina, termasuk layanan pesan antar, atau ingin menyampaikan kritik dan saran dapat menghubungi Pertamina Call Centre 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com