Advertorial

Terapkan 3 Tips Ini agar Anak Dapat Belajar dari Rumah Lebih Mudah dan Hemat

Kompas.com - 27/10/2020, 21:50 WIB

KOMPAS.com –Selama masa pandemi Covid-19, belajar dari rumah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap anak sekolah. Dalam kegiatan ini, orangtua memiliki peran penting dalam membimbing dan mengajarkan anak agar bisa belajar dengan nyaman di rumah.

Selain itu, orangtua juga punya peran dalam mendukung aktivitas belajar anak supaya mereka bisa belajar dengan lebih efektif dan mudah.

Sayangnya, ada beberapa tantangan yang mesti dihadapi orangtua. Utamanya karena aktivitas belajar dari rumah adalah hal baru bagi anak. Mereka butuh banyak penyesuaian.

Belum lagi bagi orangtua, selain menemani, biasanya hal yang jadi kendala adalah kebutuhan internet yang bisa menguras isi dompet. Oleh karena itu, orangtua mesti pintar-pintar menyiasatinya. Simak hal berikut agar kegiatan menemani anak belajar di rumah jadi lebih mudah dan tetap hemat.

1. Bangun suasana nyaman dan positif

Suasana yang nyaman merupakan kunci utama agar anak bisa belajar dengan tenang di rumah. Dalam hal ini, orangtua harus memastikan kondisi ruangan belajar anak memadai.

Misalnya, dalam hal penerangan. Jangan sampai penerangan di ruangan redup atau bahkan gelap. Sebab, hal ini bisa menghambat proses belajar anak. Selain itu, penerangan yang redup juga bisa membahayakan penglihatan anak saat membaca tulisan.

Orangtua juga perlu menanamkan energi positif kepada anak. Caranya, bisa dengan kehadiran penuh orangtua untuk mendampingi proses belajar anak. Jadi, anak akan merasa diperhatikan dan bisa menambah semangat belajar.

2. Disiplin waktu

Saat mendampingi anak belajar di rumah, orangtua harus menentukan waktu yang tepat agar anak tetap disiplin. Jangan terapkan target waktu belajar yang terlalu lama karena bisa membuat anak tertekan dan depresi.

Sebaiknya, waktu belajar dapat disesuaikan dengan tugas pada hari itu. Orangtua juga perlu menetapkan waktu istirahat dan waktu kembali belajar agar anak tidak kelelahan dan bosan.

3. Gunakan provider internet yang andal

Selama belajar dari rumah, internet dan gadget menjadi barang penting yang harus dimiliki. Pasalnya, kegiatan ini memerlukan komunikasi jarak jauh dengan guru.

Oleh karena itu, sebaiknya orangtua menentukan provider internet dengan jaringan terbaik sesuai dengan lokasi rumah. Soalnya, jaringan internet yang disediakan provider punya kekuatan berbeda-beda di tiap lokasi.

Sediakan paket internet memadai agar proses pembelajaran anak tidak terhambat oleh keterbatasan kuota. Sebab, sistem pembelajaran jarak jauh biasanya memakan cukup banyak data internet akibat penggunaan platform video conference.

Saat ini, sudah banyak provider yang juga menyediakan paket belajar dari rumah dengan kuota besar dan tidak menguras isi dompet, salah satunya provider Tri (3).

Orangtua dan siswa kini bisa membeli promo paket Tri kuota 30 GB dengan harga Rp 1. Selain itu, Anda juga bisa mengakses seluruh promo provider ini dengan terlebih dahulu beli kuota Tri dan beli paket Tri di Tokopedia.

Promo yang ditawarkan ini bisa membantu anak belajar lebih mudah dan hemat. Proses belajar mengajar di rumah pun bisa lebih efektif.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com