Advertorial

Dorong Produktivitas dan Daya Saing Nasional, Ditjen Binalattas Adakan Pelatihan SDM

Kompas.com - 28/10/2020, 08:13 WIB

KOMPAS.com – Lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) Ruang Talenta Bandung menggelar Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sertifikasi Bidang Produktivitas di Grand Pasundan Convention Hotel, Bandung, Selasa (27/10/2020).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kasubdit Pengembangan SDM dan PLP, Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Ade Syaekudin.

Pelatihan tersebut diselenggarakan sebagai dukungan lembaga diklat terhadap program pemerintah untuk menyiapkan SDM unggul. Lewat pola pelatihan SDM bagi dunia usaha/industri, instansi pemerintah, dan lembaga lainnya, diharapkan produktivitas dan daya saing nasional meningkat.

Ade mengatakan, kompetensi ini sangat dibutuhkan dalam mendiagnosis tingkat keberhasilan produktivitas suatu lembaga. 

“Sehingga mampu sejak dini mendeteksi variabel-variabel yang tidak mendukung tingkat produktivitas,” ujar Ade dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Ade berharap, kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh lembaga-lembaga diklat lainnya baik milik pemerintah maupun swasta sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Ditjen Binalattas.

Kasubdit Pengembangan SDM dan PLP saat membuka Pelatihan SDM Bidang Produktivitas. (Dok. Kemnaker) Kasubdit Pengembangan SDM dan PLP saat membuka Pelatihan SDM Bidang Produktivitas.

Hal serupa juga disampaikan oleh CEO Lembaga Diklat Ruang Talenta Karman yang hadir pada kesempatan tersebut. Ia berharap para peserta mampu mengimplementasikan materi pelatihan dalam pekerjaannya.

Lebih lanjut, materi pelatihan juga diharapkan dapat membantu peserta memahami kelemahan dan kekuatan suatu lembaga dalam menyusun rencana dan strategi guna meningkatkan produktivitas, baik dari aspek manajemen maupun daya dukung lainnya.

Dengan demikian, kekurangan dan kelemahan SDM dapat dengan mudah terdeteksi dari awal.

“Saya berharap, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan (ingat) tetap selalu menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh panitia,” ujarnya.

Karman menambahkan, melalui pelatihan tersebut, peserta diharapkan tidak hanya memiliki kompetensi di bidang produktivitas, tetapi juga mendapat pengakuan kompetensi secara nasional.

Adapun pelatihan di Bandung tersebut, diikuti oleh 32 peserta dari kalangan akademisi dan praktisi. Acara kemudian diakhiri dengan uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi yang telah mendapat lisensi dari Badan Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sebelumnya, pada Senin (31/8/2020), Ditjen Binalattas telah melakukan pilot project pelatihan SDM dan Sertifikasi Bidang Produktivitas serupa dengan mengacu pada skema pengukuran produktivitas di Hotel Horison, Bekasi-Jawa Barat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com