Advertorial

Tips Membangun Rumah Bergaya Vila agar Tetap Betah Beraktivitas dari Rumah

Kompas.com - 28/10/2020, 11:45 WIB

KOMPAS.com – Rumah yang mampu menghilangkan segala penat dan lelah setelah beraktivitas seharian adalah impian semua orang. Terlebih, keadaan lalu lintas kota yang padat kerap menambah stres saat perjalanan pulang ke rumah.

Sayangnya, selama ini rumah impian semacam itu masih jauh dari bayangan. Banyak orang berpikir, rumah hanya cukup sebagai tempat istirahat. Untuk menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran, pilihannya dengan berlibur.

Kalau begitu caranya, mengapa tidak mengubah rumah sendiri agar bisa menjadi tempat yang nyaman sekaligus menyegarkan pikiran? Pada dasarnya, rumah juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk refreshing atau recharge energi.

Anda dapat mempertimbangkan untuk membangun rumah dengan arsitektur bergaya vila.

Sejak dulu, filosofi arsitektur bergaya vila tropis yang memiliki prinsip bukaan lebar, minim sekat ruang, serta penataan backyard sebagai ruangan bersantai mampu memberi kenyamanan dan suasana tenang bagi penghuni rumah.

Prinsip dan filosofi desain vila tropis ini sebelumnya memang lazim digunakan untuk hunian yang berada di kawasan pariwisata. Namun, kini desain vila tropis mulai akrab diterapkan ke dalam prinsip dan filosofi desain rumah di perkotaan.

Hasilnya, Anda dapat merasakan suasana yang nyaman di hunian sendiri layaknya sedang berlibur dan menginap di vila yang berada di Bali atau Lombok.

Ilustrasi hunian dengan desain vila karya Emporio Architect. (DOK. EMPORIO ARCHITECT) Ilustrasi hunian dengan desain vila karya Emporio Architect.

Untuk mewujudkannya, berikut beberapa tips membawa prinsip vila tropis ke dalam rumah.

Pertama, sebaiknya minimalisasi penggunaan sekat dalam rumah agar terasa lapang.

Kedua, letakkan pintu utama berhadapan dengan taman. Hal ini bisa membuat suasana rumah terasa sejuk saat pintu dibuka. Selain itu, bila ada acara keluarga besar, Anda bisa memanfaatkan taman sebagai tempat berkumpul.

Ketiga, perhatikan tiga unsur penting yang harus ada di taman belakang untuk merangkai harmoni rumah Anda. Pastikan taman memiliki unsur air (kolam renang, fish pond, reflecting pool).

Ada pula unsur area outdoor dalam bentuk pool deck (area taman dekat kolam yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas seperti berkumpul, arisan, atau mini piknik) dan unsur tanaman hijau tropis yang dapat membawa suasana kesegaran.

Keempat, maksimalkan bukaan dan berikan elemen kaca dengan ketinggian 2,4 - 2,8 meter serta pintu kaca sliding atau folding. Rumah dengan banyak bukaan akan memberikan cukup cahaya dan memaksimalkan pemandangan di area taman belakang.

Kelima, Anda juga bisa memberikan elemen void (plafon ganda) di dalam rumah jika memungkinkan. Ini akan membuat ruang di dalam rumah menjadi tampak luas dan lebar.

Keenam, upayakan semua ruangan, terutama master bedroom, memiliki view ke taman belakang dengan bukaan lebar sehingga suasana berlibur semakin terasa walaupun lokasi rumah berada tepat di tengah kota.

Bila rencana sudah mantap dan Anda ingin segera mewujudkan impian memiliki rumah bergaya vila, langkah selanjutnya adalah menentukan firma arsitektur yang andal, seperti Emporio Architect.

Figure 1Proyek konstruksi rumah 2 lantai Emporio Architect. (DOK. EMPORIO ARCHITECT) Figure 1Proyek konstruksi rumah 2 lantai Emporio Architect.

Dengan pengalaman mumpuni selama 15 tahun dan sudah memiliki klien-klien dari luar negeri, seperti India, Malaysia, Qatar, Nepal, Arab Saudi, Brunei, Tanzania, serta negara-negara lainnya, Emporio Architect menjadi pionir dalam membuat desain arsitektur bernuansa vila.

Selain itu, firma arsitektur yang telah menghasilkan lebih dari 800 desain ini juga mampu memberikan pelayanan berkualitas secara online.

Emporio Architect pun dapat memahami penerapan desain yang tepat untuk membawa suasana vila ke dalam rumah hunian Anda dengan mengusung empat karakter style desain yang elegan, yaitu style Etnik, Klasik, Modern, dan Mediteran.

Jika Anda berada di Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Pulau Bali, Anda dapat mengunjungi kantor Emporio Architect atau mengakses laman resmi di www.emporioarchitect.com.

Jalan untuk membangun mimpi Anda memiliki rumah dengan suasana vila pun sekarang bukan lagi angan-angan belaka. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan suasana liburan permanen di dalam hunian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com