Advertorial

Penuhi Nutrisi Ini untuk Percepat Masa Pemulihan Orang Tua

Kompas.com - 05/11/2020, 14:10 WIB

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan mengalami banyak perubahan. Selain penurunan kemampuan fisik, orang yang berusia lanjut (lansia) cenderung memerlukan waktu lebih lama untuk pemulihan pascasakit.

Selain itu, sebagian lansia juga berisiko mengalami malnutrisi. Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit PELNI dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, KAI mengatakan, malnutrisi pada lansia umumnya disebabkan penurunan kemampuan mengunyah dan pengecapan makanan.

“Faktor psikologis, seperti kehilangan orang yang dicintai, juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun,” imbuhnya seperti diwartakan Kompas.id (11/5/2019).

Risiko tersebut dapat meningkat pada lansia yang sedang dalam masa pemulihan pascasakit. Sebab, salah satu efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi adalah penurunan nafsu makan.

Oleh karena itu, nutrisi untuk orang tua harus tepat dan seimbang untuk mempercepat masa pemulihan. Anda pun perlu mencari cara menambah nafsu makan orang tua agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Jika Anda termasuk orang yang sedang dalam masa pemulihan atau tengah merawat orang tua yang sakit, berikut deretan nutrisi penting yang mesti dipenuhi.

1. Protein

Salah satu fungsi protein adalah menyembuhkan dan memperbaiki sel, jaringan, serta organ tubuh yang rusak. Sebab, sel, jaringan, dan organ tubuh terbuat dari asam amino yang dapat ditemukan dalam sumber protein.

Namun, massa otot akan menurun selama periode sakit. Akibatnya, pemecahan protein menjadi lebih tinggi sehingga masa pemulihan menjadi lebih lama.

Maka dari itu, pemenuhan protein harian sangat esensial untuk mempercepat masa pemulihan selepas orang tua sakit.

Upayakan untuk memilih sumber protein hewani dan nabati yang baik dan rendah lemak jenuh, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, kedelai, dan tahu.

Selain itu, konsumsi juga protein yang mengandung metabolit beta-hidroxy-beta-methylbutyrate (HMB). Metabolit aktif ini mampu menurunkan pemecahan protein sehingga dapat mencegah hilangnya massa otot. HMB dapat ditemukan di berbagai panganan, seperti alpukat, asparagus, kembang kol, dan ikan lele.

2. Sayuran dan Buah

Sayur dan buah adalah pilihan esensial untuk makanan orang tua sakit. Sebab, panganan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai antioksidan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, sayur dan buah mengandung serat yang dapat mengembalikan fungsi pencernaan dalam masa pemulihan.

Pilihlah sayur dan buah yang mengandung banyak antioksidan, seperti anggur, kiwi, jeruk, brokoli, bayam, dan wortel.

3. Air

Kecukupan cairan tubuh juga perlu diperhatikan saat merawat orang tua yang sakit. Sebab, air dapat membantu mengeluarkan racun yang ada dalam sistem tubuh.

Selain itu, kekurangan cairan tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, lemas, pusing, mual, dan lain sebagainya. Hal ini tentu dapat mengganggu masa pemulihan orang tua.

Oleh karena itu, pastikan kebutuhan hidrasi orang tua yang sedang dalam masa pemulihan tercukupi dengan menyediakan air mineral di dekat mereka.

Salah satu nutrisi untuk orang tua bisa Anda peroleh dari PT Abbott Products Indonesia sebagai pemenuhan nutrisi selama masa pemulihan di bawah pengawasan dokter. Pastikan baca label sebelum membeli Goldsure by Ensure.

Kunjungi website www.ensure.co.id/goldsure untuk informasi lebih lanjut mengenai produk terbaru dari Ensure.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com