Advertorial

Ubah Limbah Ternak Jadi Biogas, PT Global Dairi Alami Berdayakan Desa Manyeti Subang

Kompas.com - 05/11/2020, 16:23 WIB

KOMPAS.com – PT Global Dairi Alami berkomitmen menjadi industri pengolahan susu segar ramah lingkungan.

Hal itu diwujudkan dengan menggerakkan sektor ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan limbah peternakan sapi di Desa Manyeti, Subang, Jawa Barat.

Bekerja sama dengan pemerintah desa, kegiatan tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda beberapa waktu lalu.

Adapun bentuk pemanfaatan limbah yang dimaksud adalah pengolahan limbah ternak menjadi biogas.

Kegiatannya sudah dilaksanakan sejak 1 November 2020 dan dikembangkan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan warga desa.

 “PT Global Dairi Alami mempunyai teknologi biogas pertama di Indonesia yang mengolah kotoran sapi menjadi sumber energi di pabrik,” kata CEO PT Global Dairi Alami Ihsan Mulia Putri, dalam keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Dengan teknologi tersebut, lanjut Ihsan, kotoran sapi yang dihasilkan peternakan tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

Sebagai informasi, PT Global Dairi Alami mulai beroperasi pada pertengahan 2019 dengan mendatangkan 1.600 ekor sapi Australia yang ditempatkan di peternakan Subang.

Pertengahan 2020, pabrik PT Global Dairi Alami beroperasi menghasilkan susu segar MilkLife kualitas wahid yang didistribusikan ke seluruh wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Kehadiran PT Global Dairi Alami di Subang membantu pemerintah Indonesia untuk menghasilkan susu segar berkualitas sehingga konsumsi dan pengadaan susu segar dalam negeri dapat meningkat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com