Advertorial

Pembelajaran Jarak Jauh Masih Lanjut, Ini yang Mesti Dilakukan Orangtua

Kompas.com - 23/11/2020, 18:57 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat hampir semua agenda tatap muka ditiadakan. Salah satunya kegiatan belajar mengajar, baik itu di sekolah maupun universitas. Sebagai gantinya, aktivitas tersebut dilakukan secara daring dari rumah masing-masing.

Di Indonesia, kegiatan belajar mengajar daring atau yang disebut pembelajaran jarak jauh (PJJ) resmi diberlakukan sejak Maret 2020. Meski sudah berlangsung hampir delapan bulan, sebagian besar murid termasuk para orangtua masih menemui kendala saat melakoni kebiasaan baru ini.

Terlepas dari kendala yang dihadapi, orangtua seyogianya mendukung anak agar terus nyaman menjalani kegiatan belajar di rumah yang terasa mulai menjenuhkan. Apalagi, hingga saat ini “hilal” dibukanya kembali sekolah belum kunjung terlihat.  

Berikut tips yang bisa orangtua terapkan dalam mendukung efektivitas kegiatan PJJ di rumah yang dihimpun dari berbagai sumber.

Siapkan peralatan

Ketika sekolah masih dilakukan secara luring, anak bisa meminjam peralatan belajar yang tertinggal kepada teman sekelasnya. Sayangnya, hal ini tak akan mungkin dilakukan selama PJJ.

Oleh sebab itu, orangtua wajib menyediakan segala perlengkapan yang menunjang kegiatan belajar anak, mulai dari gadget, kuota internet, hingga pulsa.

Untuk kebutuhan pulsa, orangtua bisa beli pulsa di Tokopedia. Ada beragam jenis pulsa yang dijual dengan harga terbaik  di e-commerce tersebut, antara lain pulsa Simpati dan pulsa IM3.

Siapkan tempat kondusif

Menyiapkan tempat atau area di rumah khusus untuk kegiatan belajar anak sangatlah penting. Sebab, situasi yang kondusif akan membuat kegiatan belajar jadi efektif karena mereka terhindar dari berbagai distraksi. Misalnya, lalu lalang anggota keluarga.

Selain itu, pastikan anak seorang diri di ruang belajarnya saat sekolah online berlangsung. Tujuannya, agar mereka bisa lebih fokus menyimak materi pembelajaran yang diberikan guru.

Dampingi anak

Agar anak bersemangat, luangkan waktu barang sebentar untuk mendampingi mereka sesaat sebelum sesi sekolah online dimulai.

Dukungan bisa orangtua lakukan dengan memberikan kata motivasi sembari membantu anak menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk PJJ.  Misalnya, laptop atau ponsel, serta alat tulis.

Begitu pula saat anak mendapat pekerjaan rumah (PR) selepas sesi sekolah online. Orangtua perlu mendampingi paling tidak 10 menit di awal atau membimbing sampai anak menyelesaikan tugasnya.

Atur jadwal fleksibel dan konsisten

Penyusunan aktivitas harian dalam bentuk jadwal membantu anak menjadi lebih terarah. Namun, perlu diingat, jadwal tersebut mesti disesuaikan dengan usia anak.

Adapun isi jadwal harian bisa terdiri dari jam tidur, bermain, PJJ, waktu belajar di luar jam sekolah termasuk membaca dan istirahat. Agar anak terbiasa dengan jadwal tersebut, seluruh kegiatan mesti dilakukan sesuai waktu yang ditentukan secara konsisten.   

Bangun komunikasi  

Orangtua mesti berperan aktif mendorong anak agar anak mau berbagi atau bercerita. Sebab, inilah satu-satunya cara untuk mengetahui perasaan dan apa yang sedang dipikirkan oleh mereka. 

Jika anak tiba-tiba dirundung takut, cemas, atau khawatir karena tak mampu menyelesaikan tugas sekolah, beritahu mereka bahwa hal tersebut adalah wajar. Orangtua juga perlu menunjukkan perhatian penuh saat anak berada dalam kondisi itu.

Cek aplikasi

Zoom, Google Meet, atau WhatsApp merupakan contoh platform yang jamak digunakan selama PJJ berlangsung. Agar tidak bermasalah saat digunakan, cek masing-masing aplikasi itu dan pastikan sudah dalam versi terbaru.

Jika menggunakan laptop, orangtua juga wajib memastikan microphone dan kameranya masih berfungsi dengan baik.

Biarkan anak berkomunikasi

Situasi pandemi membuat anak tak memungkinkan untuk bertemu fisik dengan teman-temanya. Padahal, interaksi sosial adalah hal yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang.  

Karena itu, dengan kontrol penuh, orangtua disarankan memberikan izin pada anak untuk menggunakan gawai agar mereka tetap terhubung dengan sesama teman.

Nah, itulah kiat menjadikan PJJ alias kegiatan sekolah online anak berjalan efektif di rumah. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com