Advertorial

Terus Tingkatkan Kualitas, UMY Masuk Top 451-500 dalam QS World University Rankings: Asia 2021

Kompas.com - 27/11/2020, 19:17 WIB

KOMPAS.com – Kiprah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di dunia pendidikan terus mengalami peningkatan.

Hal itu dibuktikan dengan keberhasilan salah satu perguruan tinggi milik Muhammadiyah ini masuk dalam jajaran 451+ besar universitas terbaik se-Asia versi QS World University Rankings: Asia 2021 dengan menempati peringkat ke 451-500.

Untuk tingkat Asia Tenggara, UMY menempati ranking 75+ dari 113 universitas. Sementara itu, untuk tingkat perguruan tinggi swasta (PTS) Indonesia, UMY meraih peringkat ke-15 dari 30 PTS yang berhasil masuk dalam daftar peringkat itu.

Kepala Bidang Pengembangan Organisasi Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UMY Evi Rahmawati SE MAcc PhD Ak CA menjelaskan, UMY meraih total skor 68 persen dalam QS World University Rankings: Asia 2021.

Skor tersebut didapat dari beberapa indikator penilaian. Adapun masing-masing indikator itu memiliki poin maksimal sebanyak 100 poin.

Dari seluruh indikator tersebut, UMY berhasil meraih poin tinggi pada beberapa aspek, yaitu Program Internasional 87,6 poin, Inbound Exchange Students 32,7 poin, Outbound Exchange Students 34,5 poin, dan Reputasi Akademik 13,6 poin.

Untuk diketahui, QS World University Rankings merupakan daftar peringkat universitas paling populer di dunia yang dikelola oleh sebuah lembaga penyedia layanan analisis internasional di sektor pendidikan Quacquarelli Symonds (QS).

Dari kawasan Asia, hanya ada 650 universitas yang memenuhi standar penilaian QS World University Rankings Asia 2021. Daftar universitas itu masih didominasi oleh perguruan tinggi asal China, Korea Selatan, Jepang, dan Hongkong.

Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM (Dok. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM (Dok. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Menanggapi hal itu, Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan buah kerja keras sivitas akademika UMY selama beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, capaian itu sekaligus menjadi ukuran keseriusan UMY untuk menjadi universitas terbaik di Indonesia, Asia, bahkan dunia dalam beberapa tahun ke depan.

“Capaian ini semakin menegaskan bahwa UMY berhasil masuk dalam jajaran Top Universities tingkat dunia. Pemeringkatan ini juga berguna untuk melihat seberapa baik kami sudah berjalan selama ini dari segi outcome tata kelola perguruan tinggi yang menerapkan performance based-information technology and management for higher education,” ungkap Gunawan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/11/202).

Lebih lanjut, pencapaian tersebut juga semakin mengukuhkan predikat UMY sebagai International Reputable University di tingkat internasional. Prestasi itu dapat menjadi modal UMY untuk melangkah ke tahap berikutnya sebagai Research Excellence University.

Untuk bisa meraih prestasi tersebut, menurut Gunawan, UMY melakukan beberapa peningkatan krusial. Misalnya, peningkatan kualitas belajar mengajar, dosen, dan penelitian, mengirim mahasiswa serta dosen untuk belajar di luar negeri dan sebaliknya.

Kemudian, mendatangkan profesor asing dan berkontribusi dalam hal daya serap lulusan UMY di pasar kerja nasional maupun internasional selama tiga tahun terakhir.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com