Advertorial

Aksi Nyata Lacak.io Dukung UMKM Indonesia dalam Hal Logistik

Kompas.com - 04/12/2020, 22:18 WIB

KOMPAS.com – Logistik memainkan peran yang cukup vital pada hampir semua sektor bisnis, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).  

Berbagai keperluan produksi yang berdampak pada keberlangsungan usaha, seperti pengadaan dan pengiriman bisa berjalan lancar serta cepat berkat logistik. Bahkan, efek secara tidak langsung dari kelancaran pengiriman logistik adalah tetap berputarnya roda perekonomian.

Kendati demikian, pengelolaan logistik secara mandiri tidak bisa dibilang mudah. Harus ada sistem manajemen armada (fleet management) yang mampu mengontrol semua aspek, mulai dari armada hingga pengemudi. Dengan begitu, layanan dapat bekerja efisien dan efektif. 

Fleet management sendiri memiliki beragam manfaat yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut antara lain dapat memantau armada secara real time, memonitor efisiensi bahan bakar, melakukan perawatan kendaraan dengan maksimal, meningkatkan keamanan pengemudi, memantau kebiasaan pengemudi, melacak akselerasi dan pengereman mendadak, serta mendapatkan estimasi waktu tiba.

Di Indonesia, Lacak.io menjadi salah satu penyedia sistem tersebut. Sebagai informasi, Lacak.io merupakan perusahaan penyedia global positioning system (GPS) tracker digital yang bisa memantau kendaraan melalui teknologi tersebut.

Melalui fleet management, Lacak.io dapat membantu perusahaan dan perorangan dalam mengontrol segala jenis armada logistik atau kendaraan yang dimiliki, mulai dari motor, mobil, segala jenis truk, hingga kapal laut.

Dengan begitu, perusahaan mampu meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan mengembangkan bisnis lebih luas.

Chief Executive Officer (CEO) Lacak.io Fariz Iskandar mengatakan, small-medium enterprises juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan usahanya. Khususnya, bagi UMKM yang belum memaksimalkan digitalisasi pada urusan pengiriman logistik.

“Pada dasarnya proses digitalisasi untuk transportasi sudah menjadi salah satu hal penting di dunia bisnis. Tak hanya skala besar, tapi juga skala menengah ke bawah,” kata Fariz dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Terlebih, tambah Fariz, saat ini UMKM tengah bangkit dari mati suri akibat pandemi Covid-19. Sebagai bentuk dukungan, Lacak.io melakukan gerakan berupa pengadaan 300 perangkat GPS tracker digital untuk digunakan oleh para pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek yang dapat diklaim melalui halaman website resmi Lacak.io.

“Ke depan, Lacak.io juga akan terus berkomitmen untuk menggaungkan visi dan misi pengoptimalan digitalisasi pada armada logistik, terutama bagi para pelaku UMKM yang semakin berkembang di Indonesia,” jelas Fariz.

Dengan begitu, UMKM dapat bersaing menghadapi tantangan di masa pandemi sehingga bisa berkembang dari sisi bisnis dan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. 

Selain untuk UMKM, Lacak.io sebelumnya juga sudah digunakan di beberapa perusahaan besar. Sebut saja DHL, Jasa Marga, Direktorat Jenderal Pajak, Gajah Unggul Internasional, K-Line Mobaru Diamond Indonesia, Megah Lancar Bersama (Malaba), serta beberapa perusahaan lain yang bergerak di bidang pertambangan, asuransi, dan medis.

Dari segi kualitas, Lacak.io telah mendapatkan sertifikat dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat melakukan uji coba terhadap GPS tracker digital.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com