Advertorial

Pandemi Tak Jadi Halangan, Bank BJB Raih Penghargaan Top 20 Financial Institution 2020

Kompas.com - 11/12/2020, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) untuk tetap mengukir prestasi.

Sepanjang tiga kuartal 2020, bank bjb berhasil mempertahankan kinerja positif dengan mencatatkan pertumbuhan bisnis berkualitas dan berkelanjutan. Catatan itu juga diimbangi dengan langkah inovasi tiada henti dan kontribusi berkesinambungan bagi pembangunan nasional.

Atas kinerja positif tersebut, bank bjb berhasil masuk ke dalam jajaran perusahaan keuangan elit dengan meraih penghargaan Top Financial Institution 2020 dari majalah The Finance. Penghargaan ini diserahkan secara virtual pada Kamis (10/12/2020).

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti nyata kinerja gemilang bank bjb dalam mengarungi bisnis di masa pandemi Covid-19 yang penuh gejolak.

"Keberhasilan bank bjb dalam menjaga tren pertumbuhan positif merupakan capaian kinerja yang luar biasa, terlebih capaian diukir di tengah masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan,” kata Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (10/12/2020).

Prestasi ini, lanjut Yuddy, diperoleh berkat kerja keras dan soliditas seluruh insan perseroan serta perumusan strategi yang tepat. Langkah inovasi yang diambil bank bjb pun mendukung upaya adaptasi bisnis.

Sebagai informasi, Penghargaan Top 20 Financial Institution 2020 merupakan wadah apresiasi yang diberikan oleh The Finance kepada perusahaan dan para pelaku di industri keuangan yang berhasil menjaga kinerjanya selama tiga periode terakhir.

Penilaian diberikan untuk mengukur kemampuan institusi dalam mempertahankan stabilitas dan catatan pertumbuhan di tengah kondisi menantang. Seluruh pelaku industri keuangan nasional dikurasi untuk mendapatkan predikat terbaik, termasuk perusahaan-perusahaan perbankan, asuransi jiwa, asuransi umum, dan multifinance.

Sebagai peraih penghargaan, bank bjb terbilang pantas memperoleh predikat perusahaan keuangan top. Sepanjang tiga kuartal, bank bjb selalu berhasil mencatatkan pertumbuhan.

Hingga triwulan III 2020, bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp 1,2 triliun atau tumbuh sebesar 5,9 persen year-on-year (yoy). Total nilai aset bank bjb pun tumbuh 19,4 persen yoy, diikuti pertumbuhan kredit sebesar 8,7 persen yoy dengan nilai total Rp 94,6 triliun.

Seiring pertumbuhan tersebut, bank bjb juga getol menerbitkan berbagai inovasi, khususnya di sektor infrastruktur digital untuk menopang laju usaha perusahaan.

Teranyar, bank bjb telah melakukan pembaruan aplikasi bjb DIGI sehingga menjadi lebih ramah dan mudah saat digunakan.

Selain itu, bank bjb juga menjadi salah satu perbankan yang telah mengadopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang kini tengah direncanakan untuk diterapkan secara menyeluruh oleh Bank Indonesia. Bahkan, perusahaan telah menerbitkan uang elektronik bjb DigiCash sebagai salah satu strategi untuk menghadapi tantangan bisnis ke depan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com