Advertorial

Mudah, Cepat, dan Aman, Peruri Sign Dukung Efisiensi Perusahaan di Era Digital

Kompas.com - 15/12/2020, 21:38 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi dan informasi saat ini begitu pesat sehingga memudahkan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya digitalisasi, aktivitas seperti belanja, memesan kendaraan, akomodasi, serta pengiriman dokumen, baik dokumen perjanjian, keuangan, maupun dokumen penting lainnya, bisa dilakukan secara daring (online).

Khusus untuk pengiriman dokumen secara daring, sistem tanda tangan digital dibutuhkan untuk memastikan legalitas dokumen tersebut. Selain itu, tanda tangan digital juga dapat menghindari manipulasi yang bisa dilakukan oleh pihak ketiga.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) telah menyediakan layanan Peruri Sign atau tanda tangan digital.

Seperti diketahui, Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penjamin dokumen milik negara, seperti uang, paspor, meterai, pita cukai, dan sertifikat.

Adapun Peruri Sign dapat digunakan secara mudah serta dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja sehingga membantu proses pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kemudahan Peruri Sign tersebut didukung web-portal yang bisa langsung digunakan (ready to use) dengan proses cepat hanya dalam hitungan menit.

Selain itu, Peruri juga menyediakan application programming interface (API) yang dapat diintegrasikan dengan platform yang dimiliki oleh klien sehingga tidak akan mengubah user experience yang diterima.

Sebagai perusahaan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Peruri menjamin tanda tangan digital Peruri Sign tidak bisa disangkal oleh penggunanya.

Dalam proses penandatanganan, Peruri Sign menggunakan one-time password (OTP) yang langsung terhubung melalui SMS atau e-mail. Teknologi ini menjamin penanda tangan dokumen merupakan orang yang benar.

Saat pengguna melakukan registrasi dalam sistem Peruri Sign, proses verifikasi dilakukan melalui metode Electronic Know Your Customer (e-KYC) level-4. Metode ini merupakan level tertinggi dalam proses verifikasi data.

E-KYC level 4 menggunakan teknologi biometrik dengan data pembanding identitas resmi yang langsung terhubung ke data kependudukan resmi milik pemerintah.

Dengan begitu, layanan Peruri Sign aman digunakan dan tidak bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang. Layanan ini juga bisa digunakan dengan cepat dan mudah.

Untuk mengakses dan menggunakan layanan Peruri Sign, Anda dapat mengunjungi web https://sign.peruri.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com