Advertorial

Competitive Into the Future, Tema Dies Natalis Itenas Bandung ke-48

Kompas.com - 15/12/2020, 21:49 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung merayakan hari jadi ke-48 di Gedung Serba Guna (GSG) Balai Dayang Sumbi Itenas, Senin (14/12/2020).

Acara seremonial dies natalis tersebut diadakan secara virtual dengan dihadiri keluarga besar Itenas Bandung.

Adapun Tema Dies Natalis Itenas Bandung kali ini adalah “Competitive into The Future”. Tema tersebut dipilih karena mencerminkan semangat Itenas agar dapat bersinergi dengan semua pihak dalam menyikapi dinamika perubahan dan persaingan yang semakin ketat.

Rektor Itenas Profesor Meilinda Nurbanasari Phd mengatakan, melalui acara dies natalis, diharapkan seluruh keluarga besar Itenas dapat meneladani semangat para pendiri universitas asal Bandung tersebut.

Keluarga besar Itenas, lanjutnya, harus ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kreatif.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para dosen, para tenaga kependidikan dan nontenaga kependidikan, serta para mahasiswa dan alumni atas waktu, tenaga, dan pikiran yang telah diberikan untuk memeriahkan kegiatan Dies Natalis Itenas ke 48 di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” ujar Prof Meilinda melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Rektor Itenas Profesor Meilinda Nurbanasari Phd (Dok. Itenas) Rektor Itenas Profesor Meilinda Nurbanasari Phd (Dok. Itenas)

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi (YPDS) Dr Iwan Inrawan Wiratmadja berharap agar Itenas selalu berjaya di masa depan.

“Dirgahayu Itenas, semoga Itenas mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang dihadapi serta semakin maju dan Berjaya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga prosesi syukuran pemotongan dan penyerahan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua YPDS kepada Rektor Itenas.

Adapun peringatan Dies Natalis Itenas ini diisi empat rangkaian acara. Pertama, konferensi internasional bertajuk Second International Conference on Green Technology and Design (ICGTD 2020).

Acara tersebut mengangkat topik “A smart deliberation of green technology and design towards new normal mitigation”.

Kedua, ajang penganugerahan LPPM awards 2020 dan beberapa penghargaan lainnya yang diberikan kepada dosen tetap, dosen semester, serta tenaga kependidikan dan non-kependidikan.

Ketiga, orasi ilmiah yang dilakukan oleh dosen tetap Program Studi Teknik Lingkungan Dr Eng Didin Agustian Permadi. Dalam orasi tersebut, Didin memaparkan strategi penanggulangan perubahan iklim melalui artikel “Langkah Prioritas untuk Memperlambat Pemanasan Global dengan Segera: The Low Hanging-Fruits?”.

Materi tersebut merupakan kontribusi dari keluarga besar Itenas agar lebih aktif dalam menjaga lingkungan hidup.

Keempat, pembuatan Video Mapping Itenas 2020. Video ini merupakan hasil kolaborasi dengan alumni program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas dan diprakarsai oleh dosen tetap Prodi DKV Dr Phil Eka Noviana.

Video mapping tersebut menampilkan pertunjukkan atraktif hasil kolaborasi bidang teknik dan desain dengan mengandalkan teknik pencahayaan dan proyeksi pada obyek.

Melalui teknik tersebut, secara visual obyek akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan fantastis.

Selain rangkaian acara seremonial, terdapat juga testimoni dari keluarga, mitra, maupun sivitas akademika Itenas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com