Advertorial

Dukung PSN, Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 21/12/2020, 14:38 WIB

KOMPAS.com –Dalam rangka mendukung aksesibilitas energi untuk Proyek Strategis Nasional (PSN), PT Pertamina (Persero) menyiapkan pembangunan storage bahan bakar minyak (BBM) di Kawasan Pelabuhan Patimban.

Rencana pembangunan storage tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada peresmian Kawasan Pelabuhan Patimban oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (20/12/2020).

Pembangunan storage bertujuan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan energi di kawasan pelabuhan. Hal tersebut dinilai penting oleh Menhub.

“Pelabuhan ini akan terkoneksi dengan jalan tol dan jalan kereta api. Diharapkan (keberadaan pelabuhan) dapat meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Dengan begitu, perekonomian meningkat dan memberikan manfaat yang luas pada masyarakat,” kata Budi Karya Sumadi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyampaikan bahwa pembangunan storage di Pelabuhan Patimban tersebut merupakan bagian dari upaya Pertamina mencapai ketahanan energi nasional.

Pertamina terus memastikan aksesibilitas energi dapat terlaksana dengan baik di seluruh Indonesia, mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

“Pembangunan storage BBM ini akan memberikan kemudahan dalam rangka mendukung seluruh aktivitas kendaraan, kapal, dan sarana operasi di Pelabuhan Patimban yang sudah mulai beroperasi,” ujarnya.

Menurut Nicke, storage BBM ini dapat melengkapi fasilitas yang sudah ada saat ini sehingga lebih efektif. Pihaknya menilai, storage ini adalah investasi jangka panjang.

Pembangunan storage BBM ini juga cukup strategis karena Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hadir melayani kebutuhan operasi pelabuhan.

Storage BBM ini pun akan memberikan aksesibilitas yang lebih dekat dan mudah dalam pelayanan secara langsung di Pelabuhan Patimban,” katanya.

Sebagai informasi, daerah sekitar Pelabuhan Patimban saat ini mendapatkan distribusi BBM melalui Storage di Tanjung Priok dan Balongan yang relatif lebih jauh.

"Harapan kami pergerakan aktifitas di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya ini juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Nicke.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com