Advertorial

Kaleidoskop #YearOnTikTok Ungkap Tren Sepanjang 2020, Apa Saja?

Kompas.com - 22/12/2020, 09:14 WIB

KOMPAS.com – TikTok menjadi salah satu media sosial yang digandrungi saat ini. Terlebih di masa pandemi, saat banyak orang membutuhkan hiburan dan media penyalur ekspresi demi mengusir rasa bosan atau kesepian yang timbul akibat pemberlakuan aturan karantina.

Hal itu mendorong media sosial berformat video tersebut melakukan beragam diversifikasi konten. Khusus di akhir tahun ini, TikTok meluncurkan program #YearOnTikTok.

#YearOnTikTok adalah in-app feature yang berisikan kaleidoskop konten menarik dan inspiratif yang hadir di sepanjang 2020, termasuk Top 100 TikTok Indonesia dan sesi livestream.

Fitur yang dipersonalisasi mengikuti minat setiap pengguna itu dapat diakses mulai Selasa (22/12/2020) dengan mengetuk ikon For You Feed atau banner pada Discover Page.

Selain itu, para pengguna TikTok juga akan melihat vibes teratas sepanjang 2020 yang terkumpul dari beberapa kategori konten, mulai dari bintang, makanan, hingga olahraga.

Untuk menikmati fitur #YearOnTikTok, pengguna terlebih dahulu memperbarui aplikasi mobile TikTok ke versi 18.1.1.

Livestream TikTok edisi spesial

Sebagai bagian dari acara #YearOnTikTok, TikTok lewat akun TikTokLiveID menyiapkan sejumlah tayangan livestream yang diluncurkan secara berseri pada 21 hingga 23 Desember 2020.

Pertama, The Family Bond yang ditayangkan pada Senin (21/12/2020). Siaran langsung ini menampilkan kisah nyata dua anak kembar yang terpisah selama 25 tahun dan dipertemukan melalui TikTok.

Kedua, Mother's Love yang disiarkan pada Selasa (22/12/2020). Livestream ini mengisahkan cara TikTok mempererat hubungan antara ibu bernama Ratna Lim dan sang anak, Patricia.

Ketiga, Comfort Food for Family. Siaran langsung ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan livestream di atas. Pada sesi ini, TikTok menggandeng juru masak tersohor asal Jakarta, Chef Nando. Ia akan membagikan resep yang dapat dinikmati seluruh keluarga saat libur akhir tahun nanti.

Keempat, Holiday's Miracle yang ditayangkan pada Rabu (23/12/2020). Lewat livestream ini, TikTok mengabulkan keinginan kreator konten bernama Sania Leonardo untuk berduet bersama penyanyi idolanya, Marion Jola

#YearOnTikTok Top 100 TikTok Indonesia (Dok. TikTok) #YearOnTikTok Top 100 TikTok Indonesia

Top 100 TikTok Indonesia

Tak hanya menampilkan kaleidoskop dan rekomendasi vibes, lewat program #YearOnTikTok, pengguna juga bisa mengetahui deretan kreator dan konten yang menjadi tren di Indonesia selama 2020.

Adapun Top 100 video TikTok Indonesia terdiri dari rising creators, top creators, top creative effects, most viewed videos, top hashtag challenges, top educators, top celebrities, top duet, top music tracks, dan breakthrough accounts, termasuk pelaku bisnis, pemerintah, dan brands.

Menariknya, pengguna yang membagikan video #YearOnTikTok di dalam maupun di luar platform TikTok akan mendapat lambang 2021 pada foto profilnya. 

#YearOnTikTok Top 100 TikTok Indonesia (Dok. TikTok) #YearOnTikTok Top 100 TikTok Indonesia

The power of TikTok

Tak hanya pengguna secara personal, manfaat positif TikTok turut dirasakan pihak lain, seperti brand, komunitas, bahkan lembaga pemerintah.

Chief Client Officer Kantar Indonesia Nadya Ardianti mengatakan, kekuatan TikTok membantu brand untuk mencapai audiens yang beragam sehingga terjadi transaksi pembelian di samping meningkatkan brand awareness.

TikTok, lanjut Nadya, berbeda dengan platform lain. Media sosial ini menghibur dan siapa pun bisa menjadi kreator. Pengguna bisa mengekspresikan diri secara autentik, tapi tetap relevan dengan pengguna lain.

“Elemen-elemen ini yang menjadikan TikTok unik sehingga daya tarik dan engagement-nya besar," kata Nadya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (19/12/2020).

Di bidang musik, pendiri komunitas musik Indomusikgram Christian Bong mengungkapkan manfaat serupa. Menurutnya, TikTok telah menjadi panggung bagi sejumlah musisi, baik profesional maupun pemula. Beragam musik pun jadi viral berkat platform ini.

Melihat tren itu, Christian memprediksi, hal itu akan semakin berkembang pada 2021, bahkan tak menutup kemungkinan musisi Indonesia berkesempatan masuk ke industri musik global lewat TikTok.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya untuk menyimak #YearOnTikTok! Sebab, siapa tahun kamu bisa dapat referensi konten untuk 2021 nanti.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com