Advertorial

Persiapan Alih Kelola Blok Rokan, PDC Pastikan Keselamatan Kerja

Kompas.com - 22/12/2020, 18:22 WIB

KOMPAS.com – Jajaran manajemen PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan kunjungan management walk through (MWT) di beberapa titik kegiatan operasi project Rokan, Rabu (16/12/2020).

Kunjungan ini untuk memastikan operasional project pergantian pipa di Blok Rokan berjalan dengan maksimal dan mengedepankan aspek keselamatan serta keselamatan kerja.

Direktur Operasi PT PDC Jusup Budiarto mengatakan, aspek keselamatan kerja sudah menjadi komitmen manajemen anak perusahaan Pertamina di bidang pengeboran tersebut. Tujuannya, agar setiap proyek yang dilaksanakan dapat meminimalisasi insiden. Pasalnya, target pekerjaan yang tercapai akan menjadi sia-sia jika terdapat kecelakaan kerja.

Ia pun mengingatkan semua personel PT PDC agar tidak lengah sedikitpun terhadap aspek keselamatan kerja. Ia juga meminta untuk mematuhi aturan yang ada, standar operasional prosedur (SOP), dan ketentuan lainnya yang berlaku.

“Juga aktif melakukan intervensi jika ditemukan adanya unsafe condition ataupun unsafe action, serta peduli terhadap sesama rekan kerja, terlebih jika ada potensi bahaya yang mengancam,” imbuhnya, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com Selasa (22/12/2020).

Ketiga prinsip yang diminta untuk diimplementasikan tersebut dikenal sebagai HSE Golden Rules. Prinsip-prinsip ini wajib melekat pada segenap perwira PDC dalam melaksanakan pekerjaan di mana pun berada sehingga menjadi budaya kerja sehari-hari.

Adapun kegiatan MWT ini rutin dilakukan sebagai salah satu upaya monitoring progres project dan memberi dorongan semangat bagi para pekerja (front liner) dalam menyelesaikan tugasnya.

Pada kesempatan MWT kali ini, Jusup Budiarto yang juga mewakili Manajemen Konsorsium PDC – PGASOL didampingi oleh Corporate Secretary PDC Budhi Kristianto, perwakilan Manajemen PT Pertagas, team PGASOL, project manager, serta deputi guna mengupayakan dan memastikan tahapan project berjalan dengan baik.

Meski project berjalan di tengah merebaknya pandemi Covid-19 ini, PDC dituntut untuk tetap profesional dalam menangani proyek strategis nasional ini.

Di sisi lain, pekerjaan penggantian pipa minyak yang cukup panjang ini memiliki tingkat kesulitan dan risiko yang tinggi. Dengan demikian, aspek keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama. 

Karenanya, sinergi dua kekuatan PDC bersama anak perusahaan PGN, PGSOL (PGN Solution), diyakini akan dapat mengerjakan dan menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu.

Dua perusahaan afiliasi Pertamina ini telah berkomitmen bersama menyelesaikannya target penyelesaian proyek dengan baik, lancar, sesuai tata waktu, dan standar keamanan.

Pekerjaan penggantian pipa project Rokan yang terbentang melintas di empat kabupaten diharapkan dapat digunakan untuk menyalurkan minyak di blok Rokan.

Pembangunan pipa ini merupakan proyek strategis untuk mendukung ketahanan energi nasional. Ketahanan produksi minyak di Blok Rokan juga diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan performa lifting minyak nasional sebagai energi primer dalam upaya memajukan perekonomian nasional.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com