Advertorial

Deputi CEO PT KPI Pastikan Keandalan Kilang Pertamina RU III Plaju Jelang Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 22/12/2020, 22:44 WIB

KOMPAS.com - Deputi CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Budi Santoso Syarif bersama jajaran direksi meninjau Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (21/12/2020).

Kunjungan ini untuk memastikan keandalan kilang minyak menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Dengan begitu, kilang minyak bisa menghasilkan energi yang berkualitas untuk masyarakat.

General Manager Pertamina Refinery Unit III Moh. Hasan Efendi menyambut hangat rombongan Deputi CEO PT KPI bersama jajaran direksi.

Hasan mengatakan, pihaknya merasa terhormat menerima arahan langsung jajaran direksi PT KPI, terutama untuk menghadapi perubahan-perubahan pada 2021.

“Dengan adanya kunjungan jajaran direksi di sini, dapat menjadi masukan bagi kami dengan sudut pandang yang berbeda agar ke depannya menjadi lebih baik dan berkontribusi lebih banyak lagi, terutama dalam penyediaan energi nasional,” kata Hasan dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Pada kunjungan kali ini, Deputi CEO PT KPI didampingi oleh Direktur Operasi, Direktur Feedstock dan Optimization, serta Direktur Keuangan.

Deputi CEO PT KPI bersama jajaran mengunjungi beberapa fasilitas operasi di Kilang Pertamina RU III Plaju, di antaranya Area Avtur Reborn (CD & GP), Area Breezon-MC32 (Polypropylene), Area Gas Turbine (GT 2015 UC-UTL), Area RFCC-CDL, dan Area Green Refinery.

Di sela-sela kunjungannya, Deputi CEO PT KPI Budi Santoso Syarif mendorong para pekerja agar meningkatkan budaya kerja yang lebih positif untuk mengurangi risiko kerja dan kesalahan yang terjadi.

Setelah kunjungan lapangan, Budi bertemu dengan para pekerja muda (perwira) RU III Plaju untuk berbagi inspirasi dan semangat kepada generasi milenial sebagai penerus keberlangsungan kilang Pertamina. Salah satunya adalah memberikan pemahaman kepada para perwira muda mengenai proses bisnis kilang.

Ia juga mengungkapkan rasa bangga lantaran kilang-kilang Pertamina dapat terus beroperasi dengan normal untuk menghasilkan energi terbaik untuk negeri, meski di tengah kondisi ekonomi yang dihantam pandemi.

“Kilang kita ini milik Indonesia. Kita harus jaga kemandirian energi. Maka dari itu, kita harus tetap semangat dan bangga. Itu yang mau saya tanamkan ke teman-teman,” ujar Budi.

Ia menambahkan bahwa Kilang Pertamina RU III Plaju secara nasional sangat kompetitif dalam hal biaya operasi. Ia pun menekankan kepada pekerja muda untuk terus meningkatkan kinerja.

“Kilang RU III Plaju ini operating cost-nya kompetitif terhadap RU's lain maupun benchmarkstandard global. Selain itu, juga sangat potensial untuk dikembangkan agar gross margin bisa meningkat. Jadi tidak usah ragu, teman-teman harus percaya diri,” imbuh Budi memberikan semangat kepada pekerja muda.

Selama kunjungan lapangan dan kegiatan berbagi inspirasi, Pertamina selalu menjaga dan melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat. Perusahaan pelat merah ini memastikan setiap pekerja memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com