Advertorial

Berpartisipasi dalam Hannover Messe 2021, Indonesia Ajak Pelaku Industri untuk Sosialisasi

Kompas.com - 23/12/2020, 13:03 WIB

KOMPAS.com – Partisipasi Indonesia dalam Hannover Messe yang akan digelar pada 12 hingga 16 April 2021 di Jerman merupakan peluang bagi pelaku industri dalam negeri untuk memamerkan teknologinya di dunia internasional.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenperin) Dody Widodo mengatakan, keikutsertaan Indonesia sebagai partner country Hannover Messe 2021 harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Ajang itu, menurut Dody, menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan kekuatan teknologi industri serta mendorong keterhubungan industri nasional dengan jejaring rantai suplai global.

Selain memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi Indonesia dengan Jerman, Dody menambahkan, acara itu juga akan menjadi peluang negara untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan (sustainability development).

“Jadi, tidak hanya terbatas pada perdagangan, investasi, dan industri saja,” imbuh Dody dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Karena itu, pemerintah Indonesia tidak main-main. Sosialisasi Hannover Messe 2021 pun dilakukan guna mengundang partisipasi dari para pelaku industri dan berbagai stakeholders terkait.

Dalam sosialisasi yang telah dilakukan dua kali itu, para exhibitor diberitahu soal keuntungan dan kelebihan mengikuti pameran Hannover Messe 2021.

“Pada sosialisasi terakhir kami lebih memfokuskan kesiapan dan kelayakan calon co–exhibitor agar lebih siap untuk mengikuti proses kurasi pameran Hannover Messe 2021,” terang Dody.

Adapun fokus yang diangkat dalam rangkaian sosialisasi terakhir bertujuan menyinergikan antara co–exhibitor dan kementerian atau lembaga terkait.

Dengan begitu, kolaborasi untuk menyukseskan pameran Hannover Messe 2021 yang memiliki tema “Connect To Accelerate” bisa diwujudkan. Seyogianya, Indonesia menjadi official partner untuk gelaran 2020.

Namun, lantaran pandemi Covid-19, penyelenggaraan Hannover Messe 2020 dibatalkan. Pihak penyelenggara pun memutuskan pameran tersebut diadakan pada 2021.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com