Advertorial

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pertamina Optimalkan Pasokan LPG di Serang dan Cilegon

Kompas.com - 23/12/2020, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Pertamina memastikan ketersediaan LPG jelang Natal dan Tahun Baru dengan memberikan penambahan fakultatif stok LPG di wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kabupaten Cilegon.

Rinciannya, untuk LPG subsidi, penambahan hingga 14 persen atau setara 251.480 tabung dan 2 persen untuk LPG nonsubsidi.

Unit Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina akan memberikan extra dropping pada Desember 2020 secara keseluruhan untuk antisipasi kenaikan konsumsi LPG baik Bright Gas, Elpiji 12 kilogram, maupun LPG subsidi 3 kilogram.

“Selain itu, kami sekaligus mengaktifkan 122 pangkalan siaga yang siap memberikan pelayanan di hari libur. Khusus untuk LPG 3 kilogram, rata-rata harian konsumsi untuk Serang dan Cilegon adalah 69.800 tabung per hari,” ujar Eko dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Pertamina juga terus melakukan pemantauan kebutuhan LPG 3 kilogram di sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik dan beberapa lokasi tujuan wisata yang sering dimanfaatkan oleh usaha mikro untuk mengolah produknya.

Sesuai peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kilogram, LPG bersubsidi diperuntukkan hanya bagi rumah tangga prasejahtera dan usaha mikro.

"Usaha mikro adalah usaha dengan aset minimum sekitar Rp 50 juta dan omzet maksimum Rp 300 juta per tahun," jelas Eko.

Pertamina menyediakan tabung Bright Gas yang saat ini tersedia dalam kemasan 5.5 kilogram dan 12 kilogram untuk masyarakat yang mampu. (DOK. PERTAMINA) Pertamina menyediakan tabung Bright Gas yang saat ini tersedia dalam kemasan 5.5 kilogram dan 12 kilogram untuk masyarakat yang mampu.

Bagi masyarakat dari kalangan mampu serta usaha kecil dan menengah ke atas, lanjutnya, Pertamina menyediakan tabung Bright Gas yang saat ini tersedia dalam kemasan 5.5 kilogram dan 12 kilogram.

Perlu diketahui, Bright Gas dilengkapi segel hologram yang berfungsi untuk menjamin isi tabung dan konsumen bisa mengetahui rusak tidaknya tabung Elpiji. Selain itu, terdapat safety valve yang berfungsi untuk mengeluarkan tekanan gas secara perlahan bila tekanan dalam tabung terlalu tinggi.

“Bright Gas juga dilengkapi dengan QR Code yang dapat dipindai oleh aplikasi di smartphone untuk mendapatkan informasi lokasi pengisian,” ujar Eko.

Eko menambahkan, dukungan penuh dari masyarakat untuk mengawasi peruntukkan LPG 3 kilogram untuk rakyat miskin dan usaha mikro sangat diperlukan. Oleh karena itu, bila terdapat informasi pelanggaran terkait pangkalan dan agen, masyarakat bisa menghubungi layanan contact center Pertamina di nomor 135 atau melalui email di pcc@pertamina.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com