Advertorial

Pascainsiden Kapal Tenggelam di Selat Bangka, Pertamina Pastikan Stok dan Distribusi LPG Aman

Kompas.com - 23/12/2020, 18:39 WIB

KOMPAS.com – Pascainsiden tenggelamnya Kapal Motor (KM) Surya Bahari Senin (21/12/2020), PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II memastikan ketersediaan stok dan distribusi LPG 3 kilogram (kg) di Bangka Belitung aman.

Kejadian tersebut terjadi di perairan Selat Bangka, Tanjung Langkat, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Saat itu, KM Surya Bahari yang membawa 9.520 tabung (17 LO) LPG 3 kg diterpa badai dengan ketinggian gelombang 4-5 meter.

Unit Manager Communication, Relation, and Corporate Social Responsibility (CSR) MOR II Umar Ibnu Hasan mengatakan, insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Lima orang awak kapal yang berada di kapal saat itu dapat diselamatkan. Pertamina juga sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk menangani kasus itu.

"Saat ini, Pertamina sudah berkoordinasi dengan stakeholder untuk mencari kapal dengan tonase lebih besar untuk mengangkut LPG 3 kg yang tersedia di Bangka,” kata Umar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

Terkait stok LPG 3 kg saat ini, Umar mengatakan stok dalam kondisi aman. Di Belitung, stok LPG PSO 3 kg mencapai 1.120 tabung dan 12.930 tabung di Belitung Timur. Sementara itu, untuk stok LPG non-PSO 12 kg berjumlah 2.703 tabung.

Pertamina memperkirakan, stok LPG PSO Belitung itu dapat bertahan selama satu hari dan stoknya akan segera ditambahkan pada Kamis (24/12/2020) sebagai rencana darurat. Untuk Belitung Timur, stok diperkirakan dapat bertahan hingga empat hari ke depan. Sementara itu, ketahanan stok LPG non-PSO 12 kg dapat mencapai enam hari.

"Pertamina memerlukan dukungan dari berbagai pihak dan doa dari seluruh masyarakat untuk memastikan ketersediaan dan distribusi LPG 3 kg sampai kepada masyarakat yang berhak menerima, yaitu rumah tangga prasejahtera dan usaha mikro,” ucap Umar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan layanan Pertamina, silakan menghubungi Kontak Pertamina 135.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com