Advertorial

Playstation Classic, Bentuk Nostalgia dari Sony untuk Generasi 90 - an

Kompas.com - 28/12/2020, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Di tengah huru-hara tentang Playstation 5 yang resmi dikeluarkan pada November 2020, masyarakat hanya membicarakan soal teknologi terbarunya saja.

Keren memang, tapi tak ada salahnya sejenak bernostalgia. Tahukah Anda kalau Playstation sudah mengisi hari-hari pecinta game sejak 1994 silam. Kala itu, seri pertamanya rilis

Playstation adalah terobosan besar dalam dunia game kala itu. Dengan menyuguhkan grafis yang menawan, Playstation juga menawarkan permainan yang menarik. Terlebih, controller Playstation hadir berbeda dari game console lainnya.

Game console ini hadir dengan controller jenis d-pad yang memiliki dual analog controller serta dilengkapi dengan efek getar. Dengan begini, pemain gim punya pengalaman berbeda saat memainkannya.

Tak ayal Playstation menjadi sangat booming hingga membuat para pecinta gim seperti Nintendo dan Dingdong beralih untuk memainkan game console keluaran Sony tersebut. Nah, ngobrolin masa-masa jayanya Playstation, berikut tren yang hadir kala itu.

Tren nge-rental

Pada akhir 1990-an hingga tahun 2000-an, rental Playstation menjamur di masyarakat.

Animo yang tinggi terhadap konsol gim ini menjadikan bisnis rental di masa itu menjadi sangat menjanjikan.

Adapun permainan yang wajib disediakan oleh pihak rental adalah Winning Eleven, Harvest Moon, Need for Speed, Dynasty Warrior, GTA, Final Fantasy, Crash Bandicoot, dan Medal of Honor.

Hadir bersama tren ini adalah memory card berwarna-warni dan juga menyala-nyala yang bisa dipakai untuk menyimpan riwayat permainan. Kenangan ini membuat para generasi 90-an memiliki memori yang indah dengan Playstation 1.

Wajib punya Playstation Classic

Pada Senin (3/12/2018), Sony merilis Playstation Classic sebagai bentuk perayaan 25 tahun Playstation.

Dilansir dari situs resmi Playstation, Wakil Presiden Pemasaran Playstation Eric Lempel menyebut bahwa kehadiran Playstation kala itu mampu membuat sejarah.

Playstation adalah konsol pertama dalam sejarah video g ame yang berhasil terjual sebanyak 100 juta unit di dunia dan menawarkan konsumen kesempatan untuk bermain gim dengan grafis tiga dimensi (3D).

Tampilan Playstation Classic memang sama dengan Playstation pertama. Bedanya hanya ukuran yang lebih kecil. Hal ini membuat pecinta gim kala itu merasa wajib memilikinya. Adapun beberapa permainan yang kerap dimainkan adalah Metal Gear Solid, Crash Bandicoot, Tony Hawk’s Pro Skater, Resident Evil dan masih banyak lagi.

Bagi pecinta gim yang ingin bernostalgia dan kembali ke masa-masa itu, Anda masih bisa mendapatkan Playstation 1 maupun seri klasiknya di berbagai macam e-commerce.

Dibandingkan harus membeli Playstation 5 dengan harga yang mahal, seri Playstation jadul dijamin tak akan kalah seru.

Melalui e-commerce, Anda dapat membelinya dengan berbagai metode pembayaran. Salah satunya melalui kredit online untuk menjaga kelancaran cash flow Anda.

Salah satu fintech yang menyediakan jasa kredit online dan sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tepercaya adalah Kredivo.

Anda bisa menikmati layanan kredit online di lebih dari 1.000 merchant yang sudah bekerja sama.

Selain itu, bunga yang diberikan hanya sebesar 2,6 persen per bulan dengan tenor yang fleksibel, yakni mulai dari tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com