Advertorial

Meskipun di Tengah Pandemi, Coway Buka Kesempatan Kerja untuk Perempuan Indonesia

Kompas.com - 31/12/2020, 07:00 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 berimbas besar pada sektor perekonomian Indonesia. Tidak hanya menyebabkan terjadinya resesi ekonomi, pandemi juga membuat jutaan orang terpaksa kehilangan pekerjaannya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jumlah pengangguran di Indonesia bertambah dari 7,1 juta menjadi 9,77 juta orang.

“Tingkat pengangguran ini, kalau kami lihat tambahan pengangguran akibat adanya Covid-19 adalah 2,67 juta orang,” kata Menkeu sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Sri Mulyani merinci, pada periode Agustus 2019 hingga Agustus 2020 terdapat tambahan angkatan kerja baru, yaitu 2,36 juta orang serta penurunan lapangan kerja yang diciptakan karena Covid-19 adalah 0,31 juta.

Menurutnya, dari 29,12 juta angkatan kerja yang terdampak Covid-19, sebanyak 2,56 juta orang merupakan pengangguran, 0,7 juta orang bukan angkatan kerja, 1,77 juta orang sementara tidak bekerja, dan 24 juta orang bekerja tetapi dengan jam yang lebih rendah.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, penambahan jumlah pengangguran itu menambah beban dalam proses pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi rumah tangga.

Para pekerja yang dirumahkan, kata Shinta, tidak lagi mendapat upah dari perusahaan sehingga tingkat konsumsinya menurun. Untuk mengembalikan daya beli dan konsumsi itu, setidaknya diperlukan lebih dari tiga juta lapangan kerja baru.

"Ini juga menjadi pendorong konsumsi domestik, terutama agar pertumbuhan ekonomi bisa kembali pulih," imbuh Shinta dalam berita yang sama.

Buka kesempatan baru

Merespons hal tersebut, Coway Indonesia membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya pekerja perempuan, yang telah dimulai sejak 2020 dan akan berlanjut di 2021.

Sebagai perusahaan produsen pemurni udara dan air terkemuka asal Korea Selatan, Coway Indonesia membuka kesempatan bagi 250 perempuan untuk berprofesi sebagai Coway Lady (Cody).

Untuk diketahui, PT Coway International Indonesia atau Coway Indonesia hadir di Indonesia sejak September 2019. Meskipun di awal kehadirannya langsung dihadapkan dengan pandemi Covid-19, Coway Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang cukup baik.

Sejak mulai beroperasi, Coway Indonesia telah berhasil menjual sekitar 7.000 unit pemurni udara dan air dalam kurun waktu satu tahun. Jika dihitung, kinerja penjualan produk Coway meningkat sekitar 900 persen dari bulan pertama beroperasi.

Pada 2021, Coway Indonesia berencana terus mendorong penjualannya sekaligus meningkatkan kualitas layanan konsumennya dengan merekrut ratusan Cody baru.

Manajer Cody Coway Indonesia Fira menjelaskan, Coway memiliki dua produk unggulan, yaitu Coway Water Purifier yang mampu menyaring partikel berukuran sangat kecil (0,0005 mikrometer) dalam air dan Coway Air Purifier yang dapat menyaring partikel ultrahalus (0,01 mikrometer) di udara.

Menurut Fira, kedua produk itu disukai konsumen bukan hanya karena kualitasnya, melainkan juga konsep layanan pelanggan yang ditawarkan Coway Indonesia.

“Coway memberikan program cicilan 5 tahun dengan bunga 0 persen dan free maintenance service 5 tahun serta gratis layanan purna jual 5 tahun dalam kondisi pemakaian normal. Pelaku utama yang dapat menjadikan layanan dan program ini istimewa adalah Coway Lady (Cody),” kata Fira dalam rilis yang diterima Kompas.com, (28/12/2020).

Cody merupakan petugas khusus yang bertugas memberikan layanan pemeliharaan untuk setiap konsumen Coway. Cody akan mengunjungi rumah pelanggan setiap dua bulan sekali lewat layanan “HEART Service”.

Setiap kali berkunjung, Cody akan memeriksa kondisi produk yang dimiliki pelanggan bisa berfungsi dengan baik. Secara berkala, Cody juga akan mengganti filter pada air purifier atau water purifier.

Fira menjelaskan, semua layanan itu bisa didapatkan seluruh pelanggan secara gratis karena sudah termasuk dalam biaya cicilan bulanan.

Konsumen pun tidak perlu khawatir saat Cody berkunjung di masa pandemi. Sebab, Cody menerapkan protokol kesehatan ketat, yakni selalu mendisinfeksi diri dan memeriksa suhu tubuh sendiri sebelum memasuki rumah pelanggan. Selain itu, Cody juga menjalani rapid test Covid-19 secara teratur dan tes PCR jika diperlukan.

“Coway tidak hanya fokus pada kualitas produk, tetapi juga kualitas layanan. Keduanya sama pentingnya. Kami, Cody, bertanggung jawab untuk memenuhi permintaan pelanggan dan memastikan pelanggan menerima semua manfaat dari produk Coway,” ucap Fira.

Lebih lanjut, kata Fira, Cody berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya. Tidak hanya itu, Cody juga berharap setiap pelanggan tetap sehat dan aman.

Agar bisa memiliki pola pikir seperti itu, Coway Indonesia memberikan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para Cody. Selain itu, Cody juga memiliki jam kerja fleksibel layaknya freelancer dan memiliki pemasukan stabil.

Para Cody pun memiliki kesempatan untuk mengembangkan kariernya ke tingkat manajer jika memiliki kinerja yang baik.

Chief of Cody Officer Coway Indonesia Evan Sangwoo Yoo mengatakan, Coway dengan tangan terbuka menyambut semua kandidat Cody yang memiliki semangat dan pola pikir positif.

“Coway akan mendukung penuh setiap Cody untuk menjadi spesialis layanan pelanggan dengan menyediakan berbagai macam pelatihan dan penghasilan yang stabil. Kami sangat menantikan untuk melihat Cody Vision Makers di Indonesia,” ujar Evan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com