Advertorial

Jamin Pasokan LPG Aman Jelang Libur Tahun Baru, Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan

Kompas.com - 31/12/2020, 13:32 WIB

KOMPAS.com –Pertamina memastikan pasokan LPG aman bagi masyarakat di Sulawesi menjelang libur Tahun Baru 2021.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Pertamina telah menyiagakan lebih dari 4.500 lembaga penyalur resmi LPG, mulai dari stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE), agen, hingga pangkalan.

Lembaga penyalur resmi tersebut disiagakan selama periode satuan tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru), yakni sejak 7 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021, tanpa mengenal libur.

Unit Manager Communication, Relation, and CSR Pertamina MOR VII Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, langkah tersebut merupakan bentuk nyata Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menjalankan amanat UU No 30 Tahun 2007.

Dalam UU tersebut, salah satu tugas Pertamina adalah memberikan ketersediaan energi untuk masyarakat, termasuk saat momen libur hari raya.

Dalam catatan Pertamina, konsumsi LPG pada periode 7-28 Desember 2020 meningkat 5,6 persen dari konsumsi normal yang sebesar 1.751. Permintaan ini diprediksi akan naik menjelang libur panjang Tahun Baru.

Laode mengatakan, Pertamina sudah menyiagakan 280 agen PSO, 65 agen non-PSO, dan 4.162 pangkalan PSO Siaga di wilayah Sulawesi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan LPG.

“Hal tersebut merupakan bentuk pelayanan yang kami siapkan all out untuk masyarakat,” jelas Laode dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/12/2020).

Selain itu, kata dia, strategi seperti penambahan fakultatif LPG dari awal masa Satgas telah dilakukan. Pihaknya telah menambah 4 persen dari konsumsi normal selama empat hari kerja masing-masing pada 9, 24, 25, dan 31 Desember 2020 dengan total lebih dari 2 juta tabung.

Pertamina juga telah mengantisipasi lonjakan konsumsi LPG di tempat wisata selama libur akhir tahun.

“Khusus untuk distribusi LPG, Pertamina telah menyiagakan juga 42 SPBBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji) dan menyiagakan 16 titik SPBBE Kantong. Jadi, kami pastikan pasokan LPG aman selama libur Tahun Baru,” terangnya.

Adapun rincian jumlah agen dan pangkalan siaga per provinsi yang disiagakan Pertamina Regional Sulawesi sebagai berikut. Untuk Provinsi Gorontalo, 15 agen PSO Siaga, 3 agen non-PSO Siaga, dan 376 pangkalan PSO Siaga.

Provinsi Sulawesi Utara, 45 agen PSO Siaga, 7 agen non-PSO Siaga, dan 1.132 pangkalan PSO Siaga. Provinsi Sulawesi Tengah, 33 agen PSO Siaga, 10 agen non-PSO Siaga, dan 534 pangkalan PSO Siaga.

Provinsi Sulawesi Barat, 12 agen PSO Siaga, 4 agen non-PSO Siaga, dan 116 pangkalan PSO Siaga. Provinsi Sulawesi Tenggara , 39 agen PSO Siaga, 7 agen non-PSO Siaga, dan 712 pangkalan PSO Siaga.

Terakhir, Provinsi Sulawesi Selatan, 136 agen PSO Siaga, 34 agen non-PSO Siaga, dan 1.292 pangkalan PSO Siaga .

Bright Gas Jadi Primadona

Selama masa Satgas Nataru 2020-2021, Pertamina mencatat, ada kenaikan konsumsi LPG non-subsidi, termasuk Bright Gas.

Bahkan, berdasarkan data realisasi, konsumsi LPG nonsubsidi mengalami peningkatan paling tinggi, yakni mencapai 206 metrik ton pada Selasa, (22/12/2020) atau naik 32 persen dari rata-rata konsumsi harian normal sebesar 156 metrik ton.

“Bright Gas menjadi produk primadona di kalangan ibu-ibu. Kami mengapresiasi perubahan perilaku ini. Masyarakat sudah mulai memilih LPG sesuai dengan status sosialnya sehingga mendorong penggunaan LPG tepat sasaran,” jelas Laode.

Lebih lanjut Laode menerangkan, perubahan tersebut disebabkan oleh kemudahan dan kenyamanan pada produk Bright Gas.

Misalnya saja teknologi double spindle valve system (DSVS) yang membuat Bright Gas lebih aman. Tabung gas ini dibekali teknologi katup ganda untuk mencegah kebocoran.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan layanan pesan antar Bright Gas melalui Call Center 135 untuk memudahkan pembelian.

Laode menambahkan, warna pink pada tabung Bright Gas juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Dengan warna tersebut, tabung gas dapat mempercantik dapur rumah.

Untuk mendorong penggunaan Bright Gas bagi masyarakat menengah ke atas, Pertamina menyediakan program promo gratis tukar tabung dan diskon isi ulang hingga 31 Desember 2020.

Promo ini bisa dinikmati masyarakat yang memesan Bright Gas melalui Pertamina Call Center 135 atau WhatsApp via 0811-1350-135.

“Terdapat promo menarik bagi masyarakat, khususnya yang memesan melalui Call Center. Masyarakat dapat mengecek syarat dan ketentuannya di website www.brightgas.co.id,” tambahnya.

Loade pun mengimbau kepada masyarakat, terutama pemudik atau masyarakat yang hendak berwisata, untuk tetap memastikan aspek keamanan sebelum meninggalkan rumah. Pastikan regulator pada tabung gas sudah dilepas dan disimpan di tempat yang aman.

Apabila mengalami kesulitan atau membutuhkan informasi terkait ketersediaan LPG dan BBM, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan 24 jam melalui Pertamina Call Center 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com