Advertorial

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Ganti Laptop yang Sudah Lelet

Kompas.com - 04/01/2021, 16:17 WIB

KOMPAS.com – Sudah hampir sepuluh bulan Covid-19 mewabah di Indonesia. Sejak itu pula, sebagian besar sistem bekerja dilakukan di rumah untuk memutus mata rantai penularan virus SARS-CoV-2.

Saat melakukan pekerjaan dari rumah, komputer maupun laptop menjadi peranti krusial untuk menunjang produktivitas. Sebab, lewat perangkat itulah, pekerjaan diselesaikan. Rapat pun dilakukan secara virtual melalui perangkat laptop atau komputer.

Principal Analyst di J. Gold Associates, Jack Gold, menjelaskan bahwa performa laptop sangat menentukan produktivitas pekerja di perusahaan. Bila performa laptop lambat, otomatis produktivitas ikut turun.

“Siapa yang ingin menunggu hingga tiga jam hanya untuk membuka Microsoft Excel?” katanya seperti dikutip dari PCMag.com, Kamis (18/4/2019).

Pernyataan Jack tersebut juga dikuatkan oleh hasil riset lembaganya pada 2018. Meski riset ini ditujukan untuk melihat kerugian bagi perusahaan kecil menengah akibat penggunaan laptop lawas, setidaknya hasil riset bisa digunakan sebagai gambaran bagi pekerja.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa produktivitas karyawan menurun seiring usia laptop semakin menua. Produktivitas pekerja yang memiliki laptop berusia kurang dari setahun hanya berkurang sebesar 3,75 persen.

Untuk usia laptop 1-2 tahun sebesar 5,82 persen, usia 2-3 tahun mencapai 12,89 persen, 3-4 tahun 19,28 persen, 4-5 tahun 30,13 persen, dan lebih dari 5 tahun 43,70 persen.

Selain itu, laptop lama juga cenderung tidak aman dari serangan malware dan hacker. Risiko kerugian yang ditimbulkan pun cukup besar.

Dari riset yang sama, pekerja dengan laptop berusia 2-3 tahun akan menyebabkan perusahaan merugi sebesar 12.747 dollar AS per tahun atau setara Rp 181,2 juta dengan kurs Rp 14.271 per dollar AS akibat kejahatan internet.

Kerugian ini meningkat seiring usia laptop semakin tua. Untuk laptop berusia 5 tahun lebih, kerugian yang ditimbulkan bisa mencapai 35.745 dollar AS atau setara Rp 508,2 juta.

“Memiliki laptop berusia tua akan menimbulkan dampak negatif seperti menurunkan produktivitas,” bunyi kesimpulan riset yang dilakukan J. Gold Associates terhadap 3.297 responden di 16 negara tersebut.

Oleh karena itu, pembaruan laptop disarankan demi menunjang produktivitas saat bekerja dari rumah. Selain kecepatan kinerja, laptop keluaran terbaru juga memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan laptop lama.

Menggunakan laptop baru, kata Jack, juga mampu memacu semangat saat bekerja. Pasalnya, pekerja tidak harus menunggu lama saat laptop melakukan start-up maupun menjalankan program.

Tahun Baru, laptop baru

Tahun Baru 2021 bisa menjadi momentum baik untuk mengganti laptop lama dengan laptop baru. Pasalnya, awal tahun biasanya digunakan sebagai titik mula untuk memperbaiki diri dari tahun sebelumnya atau meraih pencapaian tertentu di tahun berikutnya, termasuk dalam hal produktivitas pekerjaan.

Dengan menggunakan laptop baru, seperti kata Jack tadi, produktivitas dan semangat kerja bisa meningkat. Apalagi, pada momen Tahun Baru, biasanya perusahaan teknologi memberikan promo menarik kepada pelanggan. Salah satunya adalah MSI.

 MSI adakan promo Bundle Deals pada 4 ? 31 Januari 2020 bagi konsumen. (Dok. MSI Indonesia). MSI adakan promo Bundle Deals pada 4 ? 31 Januari 2020 bagi konsumen.

MSI merupakan produsen laptop dengan teknologi terdepan. Untuk kebutuhan gaming, MSI menyediakan beragam pilihan, yakni GT, GS, GE, GL, GF, Alpha, dan Bravo Series.

Masing-masing seri GT hingga GF sudah dilengkapi prosesor Intel dan kartu grafis NVIDIA GeForce yang mumpuni. Sementara, seri Alpha dan Bravo dibekali prosesor AMD dan kartu grafis dari ATI Radeon.

Untuk kebutuhan kerja kantoran, MSI juga telah menyediakan pilihan laptop Summit Series dengan prosesor Intel generasi ke-11 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650Ti dengan desain Max-Q. Dengan prosesor ini, kinerja laptop akan cepat dan dapat mendukung produktivitas.

Laptop seri ini juga dilengkapi dengan layar sentuh untuk memudahkan melakukan pekerjaan. Selain itu, Laptop seri Summit dari MSI juga dibekali sistem TPM 2.0 untuk menjamin dokumen bisnis tetap aman terjaga.

Masih ada seri laptop MSI lainnya yang bisa digunakan untuk memenuhi kerja kantoran, yakni Prestige dan Modern Series.

Kabar baiknya, MSI mengadakan promo Bundle Deals mulai dari 4 - 31 Januari 2021. Promo ini berlaku untuk semua seri laptop keluaran MSI, baik laptop gaming, content creation, maupun business and productivity.

 Hadiah menarik yang disediakan MSI Indonesia di promo Bundle Deals, 4-31 Januari 2021. (Dok. MSI Indonesia). Hadiah menarik yang disediakan MSI Indonesia di promo Bundle Deals, 4-31 Januari 2021.

 

Pada promo Bundle Deals, konsumen berkesempatan mendapatkan hadiah menarik hingga senilai Rp 1,9 juta. Ada lima pilihan hadiah yang disediakan MSI pada promo tersebut.

Pertama, hadiah berupa Steam Wallet Code senilai 30 dollar AS dan MSI Gaming Headset H991. Dua hadiah senilai Rp 1,9 juta ini bisa didapatkan dengan membeli laptop MSI jenis GT, GS, dan GE Series.

Kedua, hadiah MSI Gaming Mouse M99 senilai Rp 950.000. Hadiah ini bisa didapat untuk pembelian laptop MSI GL dan GF Series.

Ketiga, Thunder Lootbox 7 nm berisi headset senilai Rp 700.000. Konsumen yang membeli laptop MSI Alpha dan Bravo Series bisa berkesempatan mendapatkan hadiah tersebut.

Keempat, Prestige Travel Adapter dan Hoodie. Kedua hadiah senilai Rp 750.000 ini bisa didapatkan konsumen jika membeli laptop MSI Creator dan Workstation Series.

Terakhir, MSI Multi-port Hub Prestige Type C senilai Rp 650.000. Bonus ini bisa didapatkan konsumen untuk pembelian laptop MSI Summit, Prestige, dan Modern Series.

Sebagai informasi, promosi Bundle Deals berlaku selama persediaan masih ada (persediaan terbatas). Promosi ini hanya berlaku untuk pembelian laptop MSI di toko offline MSI (official) tertentu.

Khusus untuk voucher Steam Wallet, hadiah hanya tersedia untuk 25 klaim pertama. Konsumen bisa melakukan klaim hingga 10 Februari 2021 melalui tautan berikut. Sementara, untuk hadiah lainnya sudah langsung disertakan bersama produk laptop yang dibeli.

Nah, karena persediaan kelima jenis hadiah tadi terbatas, segera beli laptop MSI baru di toko offline MSI (official) tertentu selama periode promo Bundle Deals. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com