Advertorial

Jangan Salah Pilih, Ini Spesifikasi Smartphone yang Cocok Bantu Anak Belajar dari Rumah

Kompas.com - 08/01/2021, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Memasuki semester baru, mayoritas siswa sekolah masih harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pasalnya, pandemi Covid-19 masih belum mereda.

Situasi ini membuat koneksi internet dan gadget seperti smartphone masih menjadi kebutuhan penting untuk memfasilitasi anak dalam mengikuti sekolah online dari rumah.

Untungnya, saat ini banyak smartphone kelas entry level yang memiliki spesifikasi andal dengan harga relatif terjangkau banyak ditemukan di pasaran. Dengan begitu, orangtua tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendukung aktivitas PJJ.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih smartphone untuk mendukung kelancaran belajar anak. Pastikan smartphone yang dipilih memiliki spesifikasi dan fitur berikut ini.

1. Kamera berkualitas

Seperti diketahui, proses belajar mengajar online biasanya menggunakan metode konferensi video. Maka dari itu, diperlukan smartphone yang memiliki kamera depan berkualitas mumpuni agar tampilan anak saat mengikuti pembelajaran menjadi lebih jelas.

Tak hanya kamera depan, kualitas kamera belakang smartphone juga perlu diperhatikan. Sebab, beberapa sekolah kerap mengharuskan anak untuk memotret atau merekam tugas yang sedang dikerjakan olehnya. Dengan demikian, anak dapat mengirim foto atau video tugas yang lebih jernih dan berkualitas kepada guru.

2. Kapasitas RAM mumpuni

Ukuran random access memory (RAM) sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah smartphone. Apabila kapasitas RAM kecil, proses kinerja smartphone relatif lambat. Sebaliknya, smartphone dengan kapasitas RAM besar memiliki proses kinerja yang lebih cepat.

Oleh karena itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas RAM yang cukup, setidaknya 3 GB. Dengan demikian, anak dapat mengakses berbagai aplikasi penunjang pembelajaran dengan lebih lancar.

3. Memori internal besar

Selain foto dan video, biasanya anak juga mendapat materi-materi pembelajaran digital seperti e-book untuk menunjang sekolah online.

Untuk itu, pastikan untuk memilih smartphone dengan kapasitas memori internal yang cukup. Dengan begitu, anak dapat menyimpan lebih berbagai materi pembelajaran tanpa khawatir memori internal penuh. Anak pun dapat belajar di rumah lebih nyaman.

4. Baterai tahan lama

Pembelajaran online kerap membuat anak menghabiskan waktu berjam-jam di hadapan smartphone. Selain harus mengikuti beberapa kelas dalam sehari, pada saat bersamaan, anak juga harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Oleh karena itu, pastikan memilih smartphone yang memiliki baterai dengan daya tahan lama, setidaknya di atas 3.000 mAh. Dengan demikian, anak dapat menjalani aktivitas pembelajaran online seharian tanpa khawatir terinterupsi oleh habisnya baterai.

5. Harga terjangkau

Pada akhirnya, pertimbangan harga menjadi salah satu penentu utama dalam pemilihan smartphone untuk menunjang pembelajaran online anak di rumah.

Saat ini ada banyak pilihan smartphone dengan harga Rp 1 jutaan yang memenuhi berbagai spesifikasi di atas. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A11.

Galaxy A11 memiliki kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0) yang dapat mendukung kegiatan konferensi video anak di rumah. Smartphone ini pun dilengkapi tiga buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera ultra wide 5 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Kelebihan lain yang dimiliki smartphone ini adalah layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi HD Plus sehingga pandangan mata lebih lega dan mudah dilihat.

Dari segi performa, Galaxy A11 memiliki kapasitas RAM 3 GB dan didukung dengan chipset Snapdragon 450 Octa-Core berkecepatan hingga 1,8 Ghz. Dengan spesifikasi ini, anak dapat mengakses berbagai aplikasi penunjang pembelajaran online dengan lebih lancar.

Smartphone yang dirilis pertengahan 2020 ini juga memiliki kapasitas memori internal yang cukup besar, yakni 32 GB. Bila kurang, pengguna bisa menambah ruang penyimpanan dengan kartu microSD hingga 512 GB. Anak pun dapat menyimpan berbagai data, seperti foto, video, dan e-book pembelajaran lebih banyak.

Galaxy A11 juga sudah dilengkapi baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 15 watt. Dengan demikian, anak dapat mengikuti konferensi video dan menyelesaikan berbagai tugas lewat smartphone tanpa khawatir kehabisan baterai.

Tak hanya spesifikasi yang mumpuni, smartphone ini pun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp 1.899.000.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, tak heran apabila Galaxy A11 masuk ke dalam nominasi “Smartphone dengan Harga Terjangkau untuk Sekolah Dari Rumah (SFH)” di ajang PoP-ID.

Ingat, jangan sampai salah pilih smartphone untuk menunjang aktivitas PJJ anak di rumah. Di bawah Rp 2 jutaan, harga Galaxy A11 menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang aktivitas sekolah dari rumah. Untuk penawaran terbaik, kunjungi toko resmi Samsung Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com