Advertorial

Generali Indonesia Luncurkan Platform Sosial dengan Fitur Wakaf Asuransi

Kompas.com - 22/01/2021, 15:07 WIB

KOMPAS.com – Berdasarkan data Badan Wakaf Indonesia (2018), potensi aset wakaf di Indonesia mencapai Rp 2.000 triliun per tahun. Sementara, potensi wakaf uang sendiri sebesar Rp 180 triliun setiap tahunnya.

Sebagai salah satu instrumen ekonomi, wakaf berpotensi memberikan dampak terhadap kehidupan sosial, pemerataan pembangunan, pembangunan sumber daya manusia, dan pertumbuhan ekonomi.

Melihat fakta tersebut, Generali Indonesia terus bergerak aktif memberikan sarana inovatif yang manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang.

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Generali Indonesia menghadirkan inovasi digital social platform berbasis syariah Akuberbagi.com. Platform ini merupakan inovasi digital end-to-end pertama di industri asuransi yang dapat memudahkan masyarakat untuk berdonasi atau wakaf sekaligus mendapatkan proteksi asuransi.

CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, Akuberbagi.com dapat menjadi cara baru bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi lebih kepada sesama. Mengusung konsep “Warisan Kebaikan”, masyarakat dapat menyiapkan perlindungan sekaligus berbagi kebaikan melalui platform tersebut.

“Tak hanya untuk keluarga (nasabah), mereka yang membutuhkan uluran tangan pun dapat merasakan manfaat dari platform Akuberbagi.com,” kata Edy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Platform ini, lanjut Edy, menjadi “pipa saluran” digital masyarakat untuk saling berbagi dengan mudah, murah, dan cepat.

“Kehadiran Akuberbagi.com merupakan langkah kami untuk untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia sekaligus mewujudkan visi Generali, yakni enable people to shape a safer future by caring for their lives and dreams,” ujar Edy.

Edy menambahkan, kesadaran sosial masyarakat untuk berdonasi semakin tinggi di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Terbukti, inisiatif individu dalam membantu sesama semakin banyak. Angka donasi digital pun terus meningkat.

“Selain itu, kondisi pandemi membuat risiko sakit dan meninggal dunia semakin tinggi sehingga minat terhadap asuransi meningkat. Risiko penularan (Covid-19) yang tinggi dan kebijakan physical distancing membuat membuat kanal distribusi digital menjadi pilihan masyarakat,” imbuh Edy.

Melalui platform yang mengusung filosofi “ringan bagiku, meringankan bagi orang lain”, nasabah dapat berbagi kepada sesama melalui konsep wakaf yang sangat terjangkau, yakni dengan nominal Rp 60.000 per bulan atau Rp 2.000 per hari.

Seperti diketahui, konsep wakaf didefinisikan sebagai memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda atau aset untuk dimanfaatkan selamanya atau dalam jangka waktu tertentu untuk keperluan ibadah atau kesejahteraan umum.

Biasanya, bentuk wakaf yang dikenal masyarakat secara umum berupa lahan atau bentuk aset lainnya. Namun, dengan platform Akuberbagi.com, nasabah dapat berwakaf tanpa harus menunggu lama untuk memiliki aset tertentu.

Nasabah pun bisa terlindungi seumur hidup dengan melakukan pembayaran kontribusi selama lima tahun. Metode pembayarannya pun mudah dan aman, baik melalui e-wallet, seperti GoPay, OVO, Dana, maupun autodebit kartu kredit.

Periode pembayaran kontribusi wakaf Akuberbagi.com sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan keinginan nasabah, mulai dari bulanan, kuartal, semester, hingga tahunan. Peserta pun bisa menyesuaikan nilai perlindungan, nilai wakaf yang akan disalurkan, dan kepada siapa wakaf tersebut akan disalurkan.

Terkait tujuan wakaf, Akuberbagi.com telah bekerja sama dengan 14 lembaga nonprofit yang memiliki reputasi baik dan berasal dari berbagai sektor.

“Kami ingin memastikan niat kebaikan masyarakat bisa tersalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, kemudahan akses Akuberbagi.com juga diharapkan dapat menjangkau semakin banyak keluarga. Dengan demikian, mereka dapat terus terlindungi,” imbuh Edy.

Adapun lembaga yang bermitra dengan Akuberbagi.com di antaranya Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Yayasan Kanker Anak Indonesia, iWakaf, Daarut Tauhid, Yayasan HOPE Worldwide Indonesia, SOS Children Village, Habitat for Humanity Indonesia, Askar Kauny, Yakesma, Baitulmaal Muamalat, Wakaf Salman, Gerakan Wakaf Indonesia, dan Yayasan Mustabsheera Bias.

Akuberbagi.com dapat diakses dengan mudah. Cukup menggunakan smartphone, nasabah tetap bisa memiliki proteksi di tengah pandemi kapan pun dan di mana pun dengan cepat.

Klik di sini untuk informasi selengkapnya mengenai Akuberbagi.com dari Generali Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com