Advertorial

Hobi Wisata Petualangan? Australia Punya 5 Destinasi Epik yang Patut Kamu Coba

Kompas.com - 26/01/2021, 13:36 WIB

KOMPAS.com – Selain terkenal dengan wisata pantai dan bentang alam yang menakjubkan, Australia juga memiliki segudang aktivitas wisata lain yang tidak kalah seru. Misalnya, wisata petualangan yang mampu memacu adrenalin.

Australia menawarkan berbagai kegiatan wisata bagi para penyuka petualangan, mulai dari melihat hewan liar dari dekat, menguji nyali di ketinggian, atau menikmati pemandangan dari sudut pandang yang berbeda.

Berikut Kompas.com telah merangkum lima ide wisata petualangan di Australia yang bisa dikunjungi saat pandemi usai nanti.

Mendaki Sydney Harbour Bridge

 Tur mendaki Sydney Harbor Bridge yang diselenggarakan BridgeClimb (Dok. BridgeClimb Sydney) Tur mendaki Sydney Harbor Bridge yang diselenggarakan BridgeClimb

Tak jauh dari Sydney Opera House yang ikonis, terdapat satu lagi ikon Kota Sydney di Australia yang tak kalah menarik, yaitu Sydney Harbor Bridge.

Uniknya, selain menggunakan kendaraan bermotor, jembatan ini juga bisa dilintasi dengan berjalan kaki, tepatnya dengan mendaki lengkungan jembatan. Dari puncak jembatan, kamu bisa melihat pemandangan Kota Sydney dan Sydney Harbor yang merupakan pelabuhan terbesar di dunia.

Untuk mendaki Sydney Harbor Bridge, kamu harus mengikuti tur yang diselenggarakan BridgeClimb. Mereka menyediakan pemandu, pakaian khusus, dan harness yang harus dikenakan setiap peserta untuk menjaga keamanan selama memanjat Sydney Harbor Bridge.

BridgeClimb juga menawarkan berbagai tipe tur yang bisa dipilih peserta, yakni Ultimate, Summit, dan Summit Express. Untuk tipe Ultimate, kamu akan dibawa mendaki Sydney Harbor Bridge bolak-balik dari satu sisi ke sisi lain dengan durasi 3,5 jam.

Jika memilih tipe tur Summit, kamu akan mendaki hingga ke puncak lengkungan jembatan kemudian kembali lagi ke titik awal pendakian dengan durasi sekitar 3 jam. Sementara itu, tipe Summit Express juga akan membawa kamu hingga puncak jembatan, tetapi melalui rute yang lebih pendek dengan durasi 2,5 jam.

Berenang bersama hiu paus di Ningaloo Reef, Western Australia

 Di Ningaloo Reef, Coral Coast, Western Australia wisatawan bisa melihat hiu paus dari jarak yang cukup dekat (Dok. Tourism Australia) Di Ningaloo Reef, Coral Coast, Western Australia wisatawan bisa melihat hiu paus dari jarak yang cukup dekat

Ningaloo Reef, Coral Coast, Western Australia, merupakan rumah bagi lebih dari 500 spesies ikan tropis, salah satunya hiu paus. Di sini, kamu bisa berenang bersama hiu berukuran sepanjang 14 meter dengan berat 16,5 ton itu. 

Meskipun ukurannya sangat besar, hiu paus merupakan hewan yang cukup ramah dengan manusia. Bahkan, kamu juga bisa berenang dari jarak yang cukup dekat untuk melihatnya langsung.

Untuk merasakan pengalaman seru tersebut, kamu bisa mengunjungi Ningaloo Reef pada April hingga Juli. Periode tersebut merupakan waktu terbaik untuk melihat kawanan paus yang berenang di permukaan laut di Ningaloo Reef.

Selain snorkeling atau berenang, wisatawan juga bisa mengikuti tur dengan perahu untuk bertemu dengan hiu paus.

Melihat Australia dari ketinggian 279 meter di Gold Coast

 Pemandangan dari The SkyPoint Observation Deck, Q1 Resort Building, Gold Coast (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19) (Dok. Tourism Australia) Pemandangan dari The SkyPoint Observation Deck, Q1 Resort Building, Gold Coast (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Gold Coast merupakan salah satu kota di Australia yang terkenal dengan gedung-gedung pencakar langit. Di salah satu gedung itu, tepatnya Q1 Resort Building, kamu bisa melihat suasana Australia dari perspektif baru sekaligus memacu adrenalin.

Pasalnya, di gedung itu wisatawan bisa melihat panorama Australia pada pagi, sore, atau malam hari dari ketinggian 279 meter di atas permukaan laut.

Selain dari dalam gedung, kamu juga bisa melihat pemandangan dari luar gedung di The SkyPoint Observation Deck yang terletak di lantai 77 untuk pengalaman yang lebih memacu adrenalin.

Tak berhenti di situ, dari observation deck, kamu bisa memanjat ke puncak menara untuk melihat pemandangan Australia yang lebih memukau. 

Meluncur dari ketinggian 15.000 kaki di atas Great Barrier Reef, Queensland

 Skydiving di Whitsundays, Great Barrier Reef, Queensland, Australia (Dok. travelforever.com.au) Skydiving di Whitsundays, Great Barrier Reef, Queensland, Australia

Great Barrier Reef di Queensland terkenal dengan pemandangan bawah laut yang indah. Selain menyelam atau menyusuri garis pantainya, wisatawan juga bisa melihat keindahan Great Barrier dari ketinggian.

Caranya, dengan mencoba skydiving dari ketinggian 15.000 kaki di Whitsundays. Saat melakukan skydiving, kamu akan merasakan sensasi terjun bebas dengan kecepatan lebih dari 220 kilometer (km) per jam selama 60 detik.

Setelah itu, kamu akan dibawa melayang dengan parasut selama lima hingga tujuh menit sambil menikmati birunya perairan dan garis pantai Great Barrier Reef yang indah.

Mengendarai mobil salju di Falls Creek, Victoria

 Tur dengan mobil salju di Falls Creek, Victoria (Dok. Fallscreek.com.au) Tur dengan mobil salju di Falls Creek, Victoria

Saat musim dingin, kamu juga bisa menikmati petualangan seru di Falls Creek, Victoria. Di sini, kamu bisa mengendarai mobil salju dan menjelajahi bentang alam Australia yang menakjubkan.

Tur dengan mobil salju itu akan membawa kamu menelusuri daerah pedalaman di Falls Creek sambil menikmati suasana dan pemandangan pegunungan bersalju. Rute tur dimulai dari Gunung McKay menuju The Summit, Frying Pan Spur, Ruined Castle, Road 24, hingga ke Howman Gap.

Bagi yang sudah berpengalaman, kamu bisa mengendarai mobil salju sendiri atau bisa juga duduk santai sebagai penumpang. Tur dengan mobil salju ini juga bisa diikuti oleh anak-anak sehingga cocok sebagai pilihan wisata untuk keluarga.

Nah, itulah ide wisata petualangan yang memacu adrenalin di Australia. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Untuk referensi aktivitas serta destinasi wisata unik di Australia lainnya, bisa klik tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com