Advertorial

Penting Diketahui, Ini Trik Menyiapkan Makanan untuk Orang Tua Sakit

Kompas.com - 27/01/2021, 21:55 WIB

KOMPAS.com - Nutrisi berperan penting untuk menunjang kesehatan fisik di setiap fase kehidupan.

Sayangnya, beberapa orang lanjut usia (lansia) mengalami penurunan nafsu makan. Penyebabnya beragam, mulai dari kondisi alamiah hingga faktor kesehatan tertentu.

Berdasarkan riset yang dimuat Jurnal Kesehatan Gigi Vol. 3 No. 2 (2015), kondisi gigi yang rusak dan lepas kerap menyulitkan lansia dalam mengunyah makanan. Hal ini mempengaruhi kemampuan lansia dalam mencerna makanan yang menyebabkan penurunan nafsu makan.

Penurunan nafsu makan membuat asupan nutrisi lansia tidak tercukupi dengan baik. Hal ini membuat lansia rentan mengalami malnutrisi.

Selain malnutrisi, lansia juga berisiko mengalami pengurangan massa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani pemulihan pascasakit. Pengurangan massa otot membuat lansia mengalami penurunan stamina sehingga kesulitan beraktivitas secara mandiri.

Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memberikan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang kepada orang tua, khususnya yang sedang dalam masa pemulihan. Berikut trik menyiapkan makanan untuk orang tua sakit yang mengalami penurunan nafsu makan.

1. Hiasi makanan

Layaknya anak-anak, lansia juga menginginkan suasana makan yang menyenangkan. Suasana ini bisa dibangun lewat sajian makanan yang cantik dan berwarna-warni.

Anda bisa menghias sayuran dengan bentuk yang menarik atau menyiapkan piring dan gelas dengan beragam warna di sekitar mereka.

Dengan begitu, mood orangtua dapat meningkat sehingga nafsu makan pun bertambah.

2. Sajikan dalam porsi kecil

Trik selanjutnya adalah menyajikan makan dalam porsi kecil. Makanan dengan porsi kecil dapat lebih mudah dicerna oleh orangtua.

Agar asupan nutrisi tetap terpenuhi, Anda bisa meningkatkan frekuensi makan orang tua. Misal, tiga kali pada jam makan utama dan dua kali di waktu selingan.

Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan makanan dengan tekstur yang lembut. Dengan demikian, orang tua lebih mudah dalam mengunyah dan menelan makanan.

3. Temani makan

Faktor psikologis berperan penting dalam meningkatkan nafsu makan orang tua. Anda bisa menemani dan mengajak orangtua berkomunikasi agar mereka merasa lebih semangat. Dengan begitu, diharapkan nafsu makannya ikut terdongkrak.

Kemudian, orang tua juga kerap membutuhkan bantuan saat makan. Misal saja, mengambil gelas untuk minum atau tisu untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Kehadiran Anda saat orangtua sedang makan, terutama di masa pemulihan, akan sangat membantu.

4. Berikan susu untuk orang tua

Pemberian susu pada orangtua dapat mendukung kebutuhan gizinya. Sebab, susu yang telah difortifikasi mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh lansia.

Salah satu susu orang tua dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang adalah Ensure dari PT Abbott Products Indonesia.

Ensure mengandung triple protein yang merupakan perpaduan dari protein whey, kasein, dan soya. Jenis protein ini mudah diserap dan dapat bertahan lama di dalam tubuh sehingga meningkatkan sintesis protein.

Ensure juga mengandung 14 vitamin dan 9 mineral, termasuk vitamin D serta kalsium. Seperti diketahui, vitamin D dan kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama bagi orang tua.

Kelebihan lainnya, Ensure mengandung omega-3 dan omega-6 berbahan nabati. Asam lemak omega-3 memiliki sejumlah manfaat, seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan daya ingat, dan mendorong kepadatan mineral tulang. Sementara, omega-6 dapat menjadi salah satu sumber energi dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Kandungan serat fruktooligosakarida (FOS) pada Ensure dapat menjadi prebiotik untuk mendukung kesehatan saluran cerna lansia.

Selain itu, Ensure juga rendah laktosa dan tersedia dalam pilihan rasa vanila dan cokelat yang enak.

Kemudian, bila orangtua Anda sedang dalam masa pemulihan pascasakit, sajikan susu Goldsure by Ensure. Susu ini mengandung mengandung metabolit aktif beta-hydroxy-beta-methylbutyrate (HMB). Jenis protein ini dapat menurunkan pemecahan protein sehingga dapat mencegah hilangnya massa otot.

Goldsure by Ensure dapat diberikan untuk membantu memenuhi nutrisi selama masa pemulihan di bawah pengawasan dokter.

Kunjungi website www.ensure.co.id/goldsure untuk informasi lebih lanjut mengenai produk terbaru dari Ensure.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com