Advertorial

Selain Sarana Hiburan, Ini Manfaat Lain dari Main Game Online

Kompas.com - 28/01/2021, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Bermain game online merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang untuk menghibur diri di tengah kesibukan sehari-hari.

Namun, ada beberapa stigma negatif yang ada di tengah masyarakat, seperti menghabiskan waktu, menghabiskan uang, membuat orang kecanduan, dan tidak baik untuk mata.

Padahal, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari bermain game online. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan kinerja dan kemampuan otak

Game online biasanya memiliki tantangan yang berbeda setiap tingkatannya. Anda harus memiliki strategi untuk menyelesaikan tugas demi tugas yang berbeda. Hal ini membuat otak bekerja lebih ekstra, khususnya dalam memahami hal-hal baru.

Dengan bekerja lebih ekstra, kinerja dan kemampuan otak akan meningkat. Anda pun dapat menyelesaikan berbagai masalah yang lebih kompleks, baik di dunia maya maupun nyata.

  1. Meningkatkan kemampuan kerja sama tim

Seperti diketahui, berbagai game online populer, seperti Mobile Legend, Playerunknown Battleground (PUBG), dan Free Fire, membutuhkan kerja sama tim untuk memenangkan pertandingan.

Bermain game online tersebut secara tidak langsung dapat melatih kemampuan teamwork seseorang. Bahkan, kemampuan kepemimpinan dasar pun dapat dilatih melalui game online.

3. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Seseorang yang suka main game online dinilai memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih luas. Sebab, ketika mengalami kekalahan, pemain game akan mencari cara dan menyusun strategi baru untuk memenangkan permainan.

Selain itu, pemain game online dikenal dengan kreativitasnya. Sebab, tidak jarang mereka memerlukan strategi unik yang belum pernah dilakukan untuk dapat meraih kemenangan.

4. Melatih kesabaran

Nyatanya, melatih kesabaran juga menjadi bagian dari manfaat main game online. Pasalnya, saat main game online, Anda akan diuji oleh musuh dan level permainan yang kerap menyulitkan.

Oleh karena itu, bila sudah lelah bermain game, sebaiknya beristirahat dan jangan dipaksakan untuk bermain. Jika dipaksakan, Anda akan menjadi lebih sensitif dan mudah marah. Bermain game online pun jadi tidak menyenangkan.

5. Bisa menghasilkan uang

Terakhir, game online juga bisa menghasilkan uang, lho. Anda berkesempatan untuk mendapatkan uang dengan mengikuti kompetisi game online yang diadakan. Biasanya, suatu kompetisi game akan memberikan sejumlah uang tunai dengan nominal yang menggiurkan untuk para pemenangnya.

Selain itu, jika sudah merasa sangat mahir dalam bermain game online, Anda bisa mengunggah rekaman video permainan Anda ke YouTube. Cara ini memang cukup merepotkan karena Anda perlu waktu untuk editing video.

Meski begitu, konten bermain game online di YouTube tengah populer dan digandrungi banyak orang sehingga dapat menjadi kesempatan Anda untuk meraup keuntungan.

Kini, bermain game online tidak terbatas di komputer atau laptop saja. Bermodalkan handphone (HP) kelas menengah dengan RAM 2 GB, Anda sudah bisa bermain game online kapan pun dan dimana pun selama ada koneksi internet.

Selain itu, sekarang sudah ada aplikasi kredit HP tanpa DP berbunga rendah seperti Kredivo yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan HP gaming incarannya. Kredivo menghadirkan bunga 2,6 persen per bulan yang dapat dicicil dengan tenor 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi kredit HP tanpa DP sebagai metode pembayaran di e-commerce favorit, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli, Elevenia, dan JD.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com