Advertorial

Mengintip Kemewahan dan Performa SUV Premium All New Hyundai Palisade

Kompas.com - 29/01/2021, 13:48 WIB

KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi membuka pemesanan produk terbarunya, yakni All New Palisade pada Januari 2021.

Khusus pasar Indonesia, sport utility vehicle (SUV) premium yang diperkenalkan pada Rabu (16/12/2020) secara virtual tersebut akan dipasarkan dalam tiga varian.

Ketiganya adalah Palisade Prime dan Palisade Signature dalam bentuk front-wheel drive (dua roda) dengan harga masing-masing Rp 777 juta dan Rp 888 juta, serta Palisade Signature all-wheel drive (AWD) yang dibanderol Rp 1,078 miliar.

Managing Director HMID Makmur menjelaskan, All New Palisade dari Hyundai diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia.

“Sejak diperkenalkan pada pameran virtual beberapa waktu lalu, sudah ada 36 pemesan,” kata Makmur seperti diberitakan Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Makmur menambahkan, respons positif tersebut tidak terlepas dari beragam keunggulan yang ada di All New Palisade, mulai dari desain, fitur, hingga kenyamanan dan ketangguhan.

Ingin tahu lebih dekat daya tarik SUV premium nan gagah dari Hyundai tersebut? Berikut ulasannya.

Performa

All New Palisade hadir dengan mesin turbo diesel e-VGT berkubikasi 2.220 cc CRDi dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 200 Pferdestarke (PS) atau 197,3 tenaga kuda. Torsi yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 440 Nm.

Untuk memudahkan pergantian gigi, Palisade dilengkapi dengan transmisi otomatis dalam delapan percepatan yang dapat diatur melalui tombol tipe shift-by-wire (SBW).

Mobil SUV tersebut dibekali fitur Drive Mode atau mode berkendara yang terdiri dari comfortecosport, dan smart.

Menariknya, fitur drive mode tersebut sudah dilengkapi algoritma pembelajaran otomatis. Jadi, interval perpindahan gigi pada masing-masing drive mode bisa secara otomatis disesuaikan berdasarkan pola berkendara pengemudi.

Sebagai SUV Premium, All New Palisade juga dibekali Multi-Terrain Mode “pintar”, yakni snow, mud, dan sand. Saat menelusuri jalanan berlumpur, pengemudi bisa mengaktifkan mode mud. Mode ini akan mengontrol torsi ke roda secara otomatis saat salah satu roda mengalami selip.

Untuk jalanan berpasir, mode sand wajib diaktifkan pengemudi. Dengan mode ini, pengontrol pintar secara otomatis menyesuaikan rasio distribusi daya antara as roda depan dan belakang.

Pengontrol pintar juga akan mengalokasi torsi dan daya pengereman yang tepat ke masing-masing roda secara otomatis. Dengan demikian, keselamatan saat berkendara di jalanan berpasir bisa terjaga.

Eksterior dan interior

Palisade dapat disebut sebagai mobil termewah dan termahal dari Hyundai untuk saat ini. Ini terlihat dari desain eksterior dan interior kendaraan tersebut.

Kesan mewah dari sisi eksterior dapat dilihat dari keberadaan dual sunroof pada atap depan dan belakang kendaraan.

Kemudian, LED headlights composite berbentuk tipis dan panjang yang terpisah dengan kap mobil. Lampu bagian belakangnya pun didesain unik dalam bentuk vertikal.

Kemewahan Hyundai Palisade juga terpancar dari dua dimensi pelek berukuran 18 inci untuk varian Prime dan ukuran 20 inci untuk varian Signature.

Untuk interior, Hyundai Palisade memiliki dasbor beraksen woodgrain. Seluruh lapisan jok SUV tujuh penumpang ini dilapisi dengan kulit premium Nappa.

Adapun pada seat baris kedua, Palisade dilengkapi dengan jok captain yang membuat kabin luas dan nyaman hingga di baris ketiga.

Fitur

All New Palisade dibekali beragam fitur keselamatan dan kenyamanan yang canggih. Kecakapan fitur tersebut bahkan diganjar predikat 5-Star Overall Safety Rating dari National Traffic Safety Administration (NHTSA) dan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 202 Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut diraih berkat fitur blind-spot collision warning (BCW), rear cross-traffic collision warning (RCCW), dan smart driving technology terbaru yang ada di SUV premium Hyundai itu. Dengan fitur-fitur ini, pengemudi akan nyaman dan aman berkendara.

Selain itu, ada pula fitur safe exit assist (SEA) yang dapat mendeteksi kendaraan dari belakang dan secara otomatis dapat mengunci pintu untuk mencegah keluarnya penumpang.

Tak ketinggalan, fitur rear occupant alert (ROA) yang berfungsi memberi peringatan kepada pengemudi pada saat keluar dari mobil untuk memberitahukan bahwa masih ada penumpang di belakang.

Sebagai tambahan, SUV ini juga dilengkapi dengan tujuh port USB, wireless charger, dan touch display audio berukuran 8 inci, serta tombol quiet mode untuk mematikan speaker bagian belakang.

Nah, dengan sederet kelebihan di atas, All New Hyundai Palisade cocok jadi pilihan Anda yang mendambakan kendaraan SUV Premium. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengklik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com