Advertorial

Lengkapi Nutrisi dengan Mineral dan Vitamin Ini untuk Bantu Jaga Kesehatan Orangtua

Kompas.com - 30/01/2021, 11:15 WIB

KOMPAS.com - Mineral dan vitamin adalah mikronutrien penting yang diperlukan oleh tubuh. Kedua nutrisi ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran dan buah-buahan.

Melansir laman Healthline, vitamin berfungsi untuk memproduksi energi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara, mineral berperan penting dalam kesehatan tulang dan keseimbangan cairan tubuh.

Defisiensi vitamin dan mineral, terutama jika dialami orang tua lanjut usia (lansia) yang daya tahan tubuhnya relatif lemah, membuat tubuh rawan terserang penyakit.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral orang tua. Bagi Anda yang sedang merawat orangtua, vitamin dan mineral berikut dapat ditambahkan dalam asupan makanan harian.

1. Vitamin D

Memasuki usia 50 tahun ke atas, kepadatan tulang mulai menurun secara drastis. Kondisi ini membuat lansia rentan terkena osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang keropos dan mudah patah.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mencukupi asupan vitamin D pada orangtua. Seperti diketahui, vitamin D berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang.

Tak hanya itu, kecukupan konsumsi vitamin D dapat membantu menjaga kepadatan massa otot dan mempertahankan imunitas tubuh, terutama bagi orang tua yang sedang dalam masa pemulihan pascasakit.

Vitamin D bisa didapatkan dengan paparan sinar matahari di antara pukul 7 hingga 8 pagi selama 10-15 menit. Lansia pun dapat mencukupi kebutuhan vitamin D melalui makanan, seperti susu dan yoghurt.

2. Vitamin B12

Kemampuan tubuh untuk memproduksi asam lambung mulai menurun seiring pertambahan usia. Padahal, salah satu fungsi asam lambung adalah menyerap vitamin B12 dari makanan.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of the American Geriatrics Society (1993), lansia yang kekurangan vitamin B12 berisiko mengalami demensia. Tak hanya itu, kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan anemia, kesemutan, gangguan saraf, dan iritasi pada lidah.

Maka dari itu, pastikan kecukupan asupan vitamin B12 pada orangtua Anda. Vitamin ini bisa didapatkan dari sejumlah panganan, seperti hati ayam, daging sapi, dada ayam, telur, susu, dan yoghurt.

3. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu mineral penting bagi lansia. Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot, dan sinyal saraf.

Menurut laporan Angka Kecukupan Gizi 2019 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), lansia berusia di atas 50 tahun dianjurkan mendapat asupan 1.200 miligram (mg) kalsium setiap hari.

Mineral ini bisa didapatkan dari sejumlah makanan, seperti keju, susu, dan yoghurt. Anda bisa memasukkan makanan tersebut dalam menu makan orangtua agar kebutuhan kalsiumnya terpenuhi.

4. Magnesium

Selain kalsium dan vitamin D, magnesium juga merupakan mineral yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Magnesium juga turut berperan dalam menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah studi dari The American Journal of Clinical Nutrition (1993) menyebutkan, mengonsumsi 400 mg magnesium per hari bermanfaat untuk toleransi glukosa bagi orang lanjut usia sehingga dapat mencegah diabetes.

Asupan magnesium bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan ikan halibut.

5. Omega-3

Omega-3 adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, asam lemak esensial ini memiliki sejumlah manfaat, seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan daya ingat, dan mendorong kepadatan mineral tulang.

Akan tetapi, omega-3 tidak dapat diproduksi tubuh dan harus didapatkan dari asupan makanan dan suplemen.

Adapun sumber alami omega-3 bisa didapatkan dari sejumlah makanan, seperti ikan salmon, ikan sarden, biji chia, kacang kenari, dan kedelai.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan asupan omega-3 untuk orangtua dari sumber lain, seperti suplemen. Salah satu susu nutrisi orang tua yang mengandung omega-3 adalah Ensure dari PT Abbott Products Indonesia.

Tak hanya omega-3, Ensure juga mengandung omega-6 yang dapat menjadi salah satu sumber energi dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Ensure mengandung triple protein yang merupakan perpaduan dari protein whey, kasein, dan soya. Jenis protein ini mudah diserap dan dicerna, serta dapat bertahan lama di dalam tubuh sehingga meningkatkan sintesis protein.

Selain itu, Ensure mengandung serat fruktooligosakarida (FOS) yang dapat menjadi prebiotik untuk mendukung kesehatan saluran cerna lansia.

Kandungan 14 vitamin dan 9 mineral, termasuk vitamin D dan kalsium, para produk susu Ensure juga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan mikronutrien orangtua. Susu ini juga rendah laktosa dan tersedia dalam pilihan rasa vanila dan cokelat yang lezat.

Apabila orangtua Anda sedang dalam pemulihan pascasakit, sajikanlah susu Goldsure by Ensure. Susu nutrisi orang tua ini mengandung metabolit aktif beta-hydroxy-beta-methylbutyrate (HMB) yang dapat menurunkan pemecahan protein. Dengan demikian, penurunan massa otot dapat dicegah.

Anda dapat memberikan Goldsure by Ensure untuk membantu memenuhi nutrisi orangtua selama masa pemulihan di bawah pengawasan dokter.

Kunjungi website www.ensure.co.id/goldsure untuk informasi selengkapnya mengenai Goldsure by Ensure.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com