Advertorial

Untuk Indonesia, Pertamina Bikin Gerakan Donor Plasma From Survivor to Savior

Kompas.com - 30/01/2021, 17:51 WIB

KOMPAS.com – Untuk mendukung pemerintah menangani dampak Covid-19, PT Pertamina (Persero) mendorong sekaligus memfasilitasi pekerja Pertamina serta keluarga ikut serta dalam aksi donor plasma konvalesen.

Adapun gerakan tersebut mengusung tema From Survivor to Savior – Dari Penyintas menjadi Penyelamat, Dari Pertamina untuk Indonesia.

Aksi donor plasma konvalesen dari pekerja Pertamina penyintas Covid-19 terlaksana serentak di sejumlah kota, seperti Jakarta, Medan, Plaju, Cilacap, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, dan Makassar, pada Jumat (29/1/2021).

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, tercatat lebih dari 100 orang pekerja Pertamina, baik di kantor pusat, unit operasi, dan anak perusahaan yang telah mendonor serta terdaftar sebagai calon pendonor plasma konvalesen.

“Jumlah tersebut diharapkan akan meningkat dengan kampanye edukasi yang masif sehingga gerakan ini akan terus berkelanjutan. Tidak hanya untuk pekerja Pertamina, tetapi juga menyebar kepada masyarakat luas,” ujar Agus dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/1/2021). 

Adapun pekerja Pertamina yang telah mendonorkan plasma, Ade Barkah, mengaku antusias telah berpartisipasi dalam aksi donor tersebut.

Setelah selesai mendonorkan plasma darahnya di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Ade mengajak pekerja, keluarga, dan masyarakat untuk mendukung gerakan donor plasma konvalesen.

“Kepada masyarakat di seluruh Indonesia yang sudah sembuh dari Covid 19, ayo donorkan plasma darah untuk mendukung pasien lain yang sedang dalam proses penyembuhan,” terang Ade.

Selain donor plasma konvalesen, Pertamina juga mengambil bagian dalam mempersiapkan fasilitas kesehatan.

Hal itu dilakukan melalui alih fungsi beberapa aset Pertamina menjadi safe house dan rumah sakit darurat khusus Covid-19 dengan kapasitas hampir 500 tempat tidur.

"Pertamina juga memberikan dukungan dengan (memberikan) beragam bantuan untuk tenaga medis dan masyarakat dengan kontribusi lebih dari Rp 1 triliun,” terang Agus.

Di kesempatan yang sama, Pertamina menyerahkan pula bantuan dua unit alat apheresis fasilitas kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Alat ini digunakan untuk kegiatan donor plasma konvalesen .

Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengapresiasi manajemen dan pekerja Pertamina yang telah melaksanakan donor dan memberikan bantuan alat pengambilan plasma konvalesen.

“Pertamina dengan PMI, khususnya PMI DKI Jakarta telah menjalin kerja sama yang cukup erat. Di masa pandemi tetap rutin melaksanakan program donor darah dan saat ini dilengkapi dengan donor Plasma Konvalesen,” kata Rustam.

Rustam berharap kerja sama dengan Pertamina dapat terus berlanjut agar masyarakat yang membutuhkan semakin terbantu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com