Advertorial

Masuk Usia Senja, Ini Nutrisi Penting yang Dibutuhkan agar Tetap Sehat

Kompas.com - 30/01/2021, 22:11 WIB

KOMPAS.com - Seiring pertambahan usia, fungsi tubuh biasanya mengalami penurunan. Hal ini ditandai melemahnya sistem kekebalan tubuh. Jika tak diatasi sedini mungkin, orang tua akan lebih mudah terkena penyakit.

Karenanya, menjaga pola makan yang sehat dengan memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangatlah penting. Nutrisi membantu menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Dengan begitu, kelompok lansia bisa tetap sehat dan aktif.

Lantas, apa saja nutrisi yang harus terkandung dalam makanan orang tua lanjut usia agar tetap sehat? Berikut ulasannya.

Asam lemak tidak jenuh

Asam lemak tidak jenuh yang terdiri dari omega-3, omega-6, dan omega-9 memiliki sejumlah manfaat penting. Asam lemak ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, mental, tulang, sekaligus mengurangi risiko demensia.

Bahkan, asam lemak omega dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan memperlambat perkembangan macular degeneration (AMD), yakni kondisi menurunnya fungsi penglihatan.

Seperti diketahui, omega-3 dan omega-6 tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, Anda perlu mengonsumsi ikan salmon, minyak zaitun, alpukat, almon, kenari, dan kedelai.

Sementara, sebagian omega-9 dapat diproduksi oleh tubuh. Meski begitu, mengonsumsi makanan yang kaya omega-9 juga tidak ada salahnya. Pasalnya, asam lemak jenis ini juga punya manfaat lain, yakni mencegah inflamasi dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Zat besi

Zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin. Dalam sel darah merah, hemoglobin berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke darah.

Ketika seseorang kekurangan zat besi (anemia), tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin sehingga jumlah sel darah merah berkurang. Akibatnya, jaringan dan organ dalam tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Pada umumnya, anemia dialami oleh lansia. Hal ini ditandai adanya keluhan kelelahan, tubuh terasa lemah, kesulitan bernapas, serta pucat pada kulit.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda dapat mengonsumsi makanan, seperti daging, makanan laut, biji rami, biji labu, kacang mede, sayuran berdaun hijau, coklat, dan kakao mentah.

Serat

Seiring usia bertambah, kinerja sistem pencernaan cenderung berkurang, dinding saluran pencernaan mengeras, dan kontraksi lebih lambat. Hal ini dapat mengakibatkan sembelit.

Karena itu, makanan orang tua harus kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, untuk membantu memperlancar pencernaan.

Adapun serat terdiri dari dua jenis, yakni serat larut dan tidak larut. Keduanya diperlukan oleh tubuh agar kesehatan sistem pencernaan saat di usia lanjut tetap terjaga.

Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai "vitamin sinar matahari". Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Adapun vitamin D memiliki fungsi utama, yakni untuk mempertahankan tulang yang kuat, terutama di kalangan orang dewasa yang berusia lanjut dan orang tua.

Fungsi lain vitamin D adalah membantu saraf membawa pesan antara otak dengan setiap bagian tubuh dan merupakan bagian integral dari kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus.

Untuk mencukupi kebutuhan harian, orang dewasa hingga 70 tahun dianjurkan mengonsumsi vitamin D sekitar 600 unit internasional (IU), sedangkan lansia di atas 70 tahun mengonsumsi lebih banyak, sekitar 800 IU.

Vitamin B12
Vitamin B12 sebagian besar ditemukan dalam makanan hewani serta makanan pengganti susu, sereal, dan jus. Vitamin ini membantu kesehatan saraf dan produksi asam deoksiribonukleat (DNA).

Saat usia makin bertambah, kemampuan tubuh menyerap vitamin B12 berkurang. Tak heran, kalangan lansia kerap mengalami penurunan nutrien tersebut.

Karenanya, orang dewasa di atas 18 tahun disarankan mengonsumsi vitamin B12 setidaknya 2,4 mikrogram (mg) setiap hari. 

Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang bermanfaat membangun tulang yang kuat, menjaga saraf, dan otot bekerja dengan baik, sekaligus berperan dalam kesehatan jantung.

Jumlah kalsium yang didapatkan saat anak-anak dan remaja melindungi dari terjadinya tulang yang keropos, terutama dalam bentuk osteoporosis, di kemudian hari. Selain itu, kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit yang dikenal sebagai rakitis.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan orang berusia di atas 50 tahun untuk mengonsumsi 1.200 mg kalsium setiap hari.

Kalsium dapat ditemukan pada makanan nabati, seperti sayur berdaun hijau, brokoli, almond, dan buah ara kering. Kebutuhan nutrisi ini juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi produk susu.

Adapun produk susu yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada lansia sekaligus memenuhi asupan protein dan vitamin penting guna mendukung masa pemulihan adalah Goldsure by Ensure. Orang tua yang mengalami sakit dapat mengonsumsi susu ini dengan pengawasan dokter (harus dengan resep dokter).

Saat ini, Abbott telah berinovasi dengan zat gizi hidroxy methylbutirate (HMB) dan juga formula triple protein yang telah dilakukan klinis untuk kekuatan, daya tahan tubuh, dan mendukung pemulihan.

Selain itu, HMB adalah metabolit aktif dari asam amino leusin yang terbukti menurunkan pemecahan protein dengan peneliatian yang telah dilakukan oleh Abbott sekaligus dapat membantu mencegah hilangnya massa otot pada kondisi tertentu pada orang dewasa, terutama yang berusia lanjut.

Triple protein dalam formula produk Abbott merupakan protein berkualitas perpaduan dari protein whey, kasein, dan soya yang mudah diserap, dicerna, dan dapat bertahan lama di dalam tubuh. Triple protein berperan untuk bantu meningkatkan sintesa protein di dalam tubuh sesuai hasil penelitian Abbott.

Goldsure by Ensure juga mengandung padat energi (1 kkal/ml), omega 3 & 6, 14 vitamin & 9 mineral, sumber serat fructo-oligosaccharides (FOS), tinggi kalsium, rendah laktosa, serta memiliki rasa yang enak.

Kandungan-kandungan tersebut menjadikan Goldsure by Ensure sebagai susu bernutrisi tepat untuk lansia yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Goldsure by Ensure bisa klik di sini https://www.ensure.co.id/goldsure.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com