Advertorial

Biar WFH Makin Asyik dan Produktif, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 06/02/2021, 12:42 WIB

KOMPAS.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda, kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah diterapkan banyak perusahaan demi mencegah penularan virus.

Namun, setelah era kenormalan baru, beberapa perusahaan mulai beroperasi seperti biasa dengan penyesuaian protokol kesehatan bagi karyawan.

Baru-baru ini, kebijakan WFH kembali banyak diterapkan menyusul pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali hingga 8 Februari 2021. Alhasil, banyak pekerja kembali menjalani rutinitas pekerjaannya dari rumah.

Permasalahannya, perasaan bosan bekerja di rumah sudah mulai menjakiti sebagian besar karyawan karena sudah melakukannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi rasa jenuh yang kerap melanda saat bekerja dari rumah, Kompas.com telah merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan agar WFH tetap mengasyikkan dan produktif. Berikut ulasannya.

  1. Menata ulang ruang kerja

Bagi Anda yang sudah memiliki ruang kerja atau sudut kerja khusus di rumah, bisa melakukan dekorasi ulang ruang tersebut agar menjadi lebih segar.

Misalnya, agar lebih bersemangat di pagi hari, Anda bisa meletakkan meja kerja di dekat jendela. Dengan begitu, Anda dapat menikmati sinar matahari pagi sekaligus menikmati pemandangan di luar rumah.

Alternatif lain, Anda bisa menghias dinding dan ruang kerja dengan beberapa pernak-pernik, seperti poster dengan kutipan motivasi, karpet, alat-alat kantor berdesain unik, dan meletakkan tanaman atau bunga kering.

Biar lebih bersemangat, memasang pewangi ruangan atau aromaterapi pun bisa jadi alternatif. Anda bisa memilih aroma yang dapat menjadi penambah energi, seperti rosemary dan peppermint.

  1. Istirahat cukup

Meskipun terkesan sepele, menyempatkan istirahat di tengah jam kerja merupakan hal yang cukup penting. Sebab, bekerja tanpa beristirahat dapat menyebabkan kelelahan yang dapat menurunkan produktivitas kerja.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (14/10/2020), terus-menerus bekerja atau terpaku menatap layar untuk jangka waktu yang lama tanpa diselingi istirahat dapat membuat pikiran menjadi beku. Akibatnya, tidak ada pekerjaan yang bisa diselesaikan karena sulit untuk fokus dan berpikir.

Solusinya, cobalah bekerja dalam rentang waktu tertentu kemudian selingi dengan istirahat. Misalnya, setelah bekerja selama dua jam, luangkan waktu minimal 5 menit untuk menyegarkan pikiran.

Selain itu, istirahat atau tidur yang cukup di malam hari juga tidak kalah penting agar tubuh tetap fit dan produktif. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Ari Fahrial Syam mengatakan, durasi tidur yang ideal pada malam hari adalah kurang lebih 6 jam.

“Intinya, tidur yang ideal adalah pada malam hari selama 6 jam. Jadi, saat pukul 10 malam diusahakan jangan kerja lagi dan bangun subuh untuk ibadah dan olahraga ringan,” kata Ari sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

  1. Menggunakan perangkat berkualitas

Agar tetap maksimal meski dilakukan dari rumah, perangkat yang digunakan untuk bekerja harus dapat membantu menunjang berbagai pekerjaan.

Salah satu perangkat yang dibutuhkan saat WFH adalah komputer. Tanpa komputer yang berkualitas dan mumpuni, pekerjaan bisa jadi terhambat. Misalnya, karena perangkat bekerja yang lemot, Anda sulit membuka file pekerjaan dan aplikasi. Akibatnya, produktivitas jadi terganggu.

Samsung Smart Monitor (Dok. Samsung Indonesia) Samsung Smart Monitor

Selain itu, kualitas monitor juga memengaruhi kenyamanan saat WFH. Karena itulah, sebaiknya menggunakan monitor komputer dengan kemampuan dan spesifikasi mumpuni, seperti Samsung Smart Monitor.

Menurut Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia, Ellya, monitor cerdas itu hadir untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya, seperti bekerja, belajar, olahraga, hingga menonton tayangan hiburan.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Rabu (6/1/2021), Ellya menjelaskan, dengan Smart Monitor itu, konsumen tidak perlu lagi menggunakan berbagai perangkat karena monitor ini mampu menyatukan semua kebutuhan tersebut, "Do-it-all-screen".

Dari sisi konektivitas, monitor cerdas ini dapat dihubungkan dengan mudah ke smartphone, laptop, maupun tablet tanpa perlu menggunakan sambungan kabel alias wireless. Anda tinggal menggunakan fitur Tap View, App Casting, Screen Mirroring, AirPlay, atau Samsung DeX.

Untuk mendukung kemudahan dalam mentransfer data, Samsung Smart Monitor dibekali dengan USB type-C, Bluetooth, dan multiple USB port. Dengan fitur Remote Access dan Office 365, monitor ini juga memudahkan Anda untuk mengakses data dan mentransfer file dari komputer lain.

Tak hanya itu, monitor pintar ini juga dapat berjalan tanpa dukungan perangkat keras lain, yaitu CPU.

Samsung juga membekali monitor ini dengan remote control yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai konten secara nirkabel maupun lewat fitur Voice Assistant.

Selain bekerja, Anda juga bisa menonton berbagai acara favorit dari monitor ini. Anda bisa mengakses berbagai layanan streaming, seperti Netflix, HBO, YouTube, dan layanan over-the-top (OTT) lokal lainnya.

Samsung pun tidak melupakan soal kenyamanan monitor saat digunakan. Sebab, monitor multifungsi ini memiliki fitur Eye Saver Mode yang dapat mengurangi radiasi sinar biru dari layar secara cerdas. Dengan begitu, mata tetap nyaman meski menatap layar dalam waktu yang cukup lama.

Samsung Odyssey G9 (Dok. Samsung Indonesia) Samsung Odyssey G9

Bagi Anda yang juga suka bermain game, monitor Samsung Odyssey G9 dapat menjadi pilihan. Gaming monitor terbaik dari Samsung ini merupakan monitor pertama di dunia yang memiliki lengkungan layar 1000R untuk pengalaman bermain game yang imersif.

Odyssey G9 memiliki layar 49 inci dengan rasio 32:9, resolusi Dual Quad HD 5120 x 1440 pixel, dan refresh rate 240 Hz.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (26/7/2020), monitor futuristik ini memiliki waktu respons 1 microsecond (grey to grey/GTG). Artinya, monitor dapat merespons sinyal input grafis dalam 0,001 detik dan mendukung teknologi Nvidia G-Sync.

Samsung Odyssey G9 menggunakan teknologi HDR1000 serta Samsung QLED yang menghadirkan DCI-P3 sebesar 95 persen sehingga dapat menghasilkan warna yang lebih murni, cerah, dan nyata.

Karena keunggulannya itu, Samsung Odyssey G9 dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori Monitor Gaming Terbaik di ajang Pop ID. Monitor ini berhasil mengungguli empat produk lain di kategori yang sama dengan perolehan suara sebanyak 52,7 persen.

Nah, itulah tiga cara untuk mengatasi rasa jenuh akibat bekerja dari rumah. Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Smart Monitor, silakan kunjungi laman berikut ini. Sementara itu, untuk Samsung Odyssey G9, silakan klik tautan ini.

Advertisement
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com