Advertorial

SP BP Jamsostek Salurkan Dana Rp 310 Juta untuk Korban Bencana Alam di Berbagai Wilayah Indonesia

Kompas.com - 06/02/2021, 13:49 WIB

Kompas.com – Serikat Pekerja Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (SP BP Jamsostek) menyerahkan bantuan senilai Rp 310 juta untuk korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia.

Adapun lokasi pertama yang menjadi sasaran penyerahan bantuan ini adalah Mamuju, Sulawesi Barat. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum SP BPJamsostek Tri Candra Kartika kepada Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Jumat (5/2/2021) di Kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ali Baal Masdar menyampaikan apresiasinya untuk aksi yang dilakukan oleh SP BPJamsostek. Ia mengatakan, bantuan tersebut akan langsung diserahkan kepada masyarakat Mamuju yang terdampak bencana gempa bumi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas atensi yang diberikan untuk korban bencana alam di Sulawesi Barat. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk warga kami dan semoga amal ibadah dari rekan-rekan semua diterima oleh Allah SWT,” ujar Ali.

Sementara itu, Ketua Umum SP BPJamsostek Tri Candra Kartika menyampaikan keprihatinannya akan serangkaian bencana alam yang terjadi sejak awal 2021. Ia mengatakan, tidak sedikit kantor cabang pelayanan BP Jamsostek juga turut terdampak musibah ini.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi juga menambah kesulitan masyarakat karena terjadi di tengah pandemi Covid-19.

“Tidak mudah untuk melewatinya. Semoga bantuan yang kami berikan meringankan beban dan mempercepat pemulihan fisik serta mental korban. Bantuan ini kami sesuaikan dengan kebutuhan warga di masing-masing daerah terdampak,” kata Candra.

Pada hari yang sama, bantuan dari SP BP Jamsostek juga didistribusikan secara serentak ke daerah terdampak bencana lainnya.

Adapun wilayah lain yang menjadi sasaran penyerahan bantuan adalah Banjarmasin, Kalimantan Selatan, daerah erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, serta daerah erupsi Gunung Merapi dan tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat.

Candra menjelaskan bantuan yang didistribusikan lewat aksi sosial ini merupakan hasil penggalangan dana sukarela dari tingkat kepengurusan kantor pusat, kantor wilayah, hingga kantor cabang.

Selain SP BP Jamsostek, lembaga amil zakat Yayasan Al Maghfirah BP Jamsostek juga ikut menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan.

Lebih lanjut Candra mengatakan, dengan bahu-membahu untuk memberikan kontribusi bagi negeri, seluruh insan di BP Jamsostek berharap dapat mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional.

“(Bantuan) Ini juga menjadi salah satu bentuk implementasi atas nilai-nilai kepedulian yang ada di BPJamsostek dan bagian dari aktualisasi tanggung jawab sosial secara pribadi”, ungkap Candra.

Ia pun berharap segenap elemen masyarakat dapat bersama-sama menjaga keseimbangan ekosistem agar bencana alam di kemudian hari tidak semakin buruk. Selain itu, lingkungan yang lestari akan menjadi warisan berharga bagi generasi penerus negeri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com